,

8 Tips Mengembangkan Keterampilan Self Management

Self Management

Self management merupakan kecakapan seseorang dalam mengelola prioritas diri dalam segala aktivitas yang akan dilakukan dan tidak dilakukan sehingga menjadi lebih teratur dan terarah. Seorang yang memiliki kemampuan ini yang baik akan memutuskan dengan baik apa yang harus dilakukan dan dituntaskan lebih dahulu. Kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh semua individu karena semua orang pastinya memiliki lebih dari satu kegiatan setiap harinya baik di kantor, rumah, maupun sekolah. Apalagi ketika semua pekerjaan mulai menerapkan work from home (WFH), banyak orang yang merasakan bahwa kegiatan mereka semakin banyak. Maka dari itu, untuk tetap mengerjakan seluruh kewajiban yang diampu, kita perlu mempelajari self management. 

Apa dampak buruk memiliki self-management yang kurang baik? Yup! Semua kegiatanmu dan tugasmu tidak akan berjalan sesuai rencana. Dampak lainnya adalah kerja menjadi lembur dan menumpuk, datang telat, bangun kesiangan dan bad habit lainnya. Self-management memaksa kamu untuk mengelola pikiran, perasaan dan tindakan kalian. 

Agar lebih mengenal self management. Yuk simak artikelnya hingga akhir ya!  

Mengapa self management penting ?

Self management penting dilakukan agar semua aktivitasmu terarah. Apabila kamu memiliki kemampuan ini dengan baik, maka kamu tidak akan kebingungan dalam mengerjakan rangkaian pekerjaanmu. Kamu juga tidak akan kebingungan dalam menentukan tugas mana yang menjadi prioritas. 

Apa saja manfaat memiliki self-management yang baik ?

  1. Menjadikan diri lebih termotivasi melakukan suatu hal
  2. Membantu mengatur prioritas
  3. Membantu menjadi lebih terorganisir
  4. Dapat meningkatkan skill pengelolaan waktu
  5. Mendapatkan kepercayaan diri lebih banyak 

Apa saja aspek dalam self management ?

1. Organization 

Seorang yang memiliki kamampuan ini secara tidak langsung juga memiliki kemampuan berorganisasi yang baik pula. Menguasai penglolaan kegiatan yang baik berarti kamu telah mampu mengelola waktu, kemampuan fisik, energi, dan mental health untuk dialokasikan ke dalam kegiatanmu dengan baik sesuai porsinya masing-masing. 

2. Self Motivation

Self motivation yaitu kemampuan memotivasi diri sendiri agar mampu melakukan suatu tindakan. Dampak yang dirasakan ketika kita memotivasi diri sendiri yaitu kita memiliki dorongan untuk memulai sesuatu tanpa menunggu perintah orang lain. 

3. Time management

Komponen ini sangat penting di dalam komponen self management. Time management merupakan kemampuan seseorang untuk mengatur waktunya melakukan sesuatu. Sifat ini penting agar semua goals dan aktivitasmu dapat tercapai. Time management yang baik dimiliki seseorang ketika ia telah mengerti aktivitas mana yang menjadi target dan prioritasnya. Kamu bisa membuat tabel daily activity loh teman-teman untuk membantu mengasah skill time managementmu!

4. Mengendalikan emosi 

Mengendalikan emosi diperlukan oleh seseorang agar dapat mengelola perasaan sedih,marah, cemas, bahagia supaya hasil pekerjaannya baik dan profesional. 

5. Goal Setting

Menentukan goal setting dibuat agar kamu memiliki tujuan yang jelas dalam waktu dekat maupun panjang. Tujuan ini sangat penting agar kamu tahu apa saja langkah yang mesti kamu lakukan kedepannya untuk mencapai goal mu. 

6. Adaptasi

Kemampuan beradaptasi  merupakan salah satu komponen dalam kemampuan ini yang penting. Kamu diminta agar mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan, tantangan, masalah dan orang-orang baru di sekitar kamu. 

Tips Mengembangkan Keterampilan Self Management

Berikut merupakan tips yang DepanLayar berikan untuk mengembangkan keterampilan kamu, simak ya!’

1. Tidak menunda pekerjaan 

Ciri-ciri seorang yang memiliki Self management yang baik yaitu disiplin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Bertanggung jawab termasuk dalam mengerjakan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Biasakan diri untuk tidak menunda pekerjaan. Kerjakan tugas tanpa memandang apakah tugas itu ringan atau berat bebannya. Tidak menunda pekerjaan juga bermanfaat untuk kesehatan kita, yang memungkinkan apabila menumpuk di belakang akan membuat kita kewalahan mengerjakannya. 

2. Menentukan prioritas

Menentukan prioritasnya sangat bagus untuk mengembangkan Self management. Dengan mengukur dan menentukan prioritas kamu, maka kamu akan lebih mudah serta efektif mengatur kegiatanmu. Durasi melakukan atau prioritas lain dengan prioritas lainnya akan sangat berhubungan dengan seberapa baik kamu memiliki keterampilan time management. Bagaimana kita menentukan prioritas pastinya akan berdampak pada goals yang ingin kita tuju. 

3. Mengakui Kesalahan

Terbiasa untuk mengakui kesalahan akan baik untuk mengembangkan Self management. Apabila kamu terbiasa untuk menyembunyikan masalah dan kesalahan, kamu akan terbebani sendiri dan mengganggu pikiranmu. 

4. Evaluasi Diri 

Berdiam diri dan melakukan evaluasi diri dari apa yang telah dilakukan adalah hal yang perlu kamu lakukan loh agar keterampilan self managementmu menjadi lebih baik. Setelah melakukan banyak hal, banyak aktivitas dan menghabiskan banyak waktu serta energi untuk mencapai goals, alangkah lebih baik kamu menemukan waktu untuk mengevaluasi dirimu sendiri. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mengevaluasi kamu dari berbagai sudut pandang. Apakah semua rencana berjalan dengan baik? Kenapa terjadi kegagalan di dalam prosesnya ? Apakah wishlist hari ini sudah terpenuhi? Apakah yang dilakukan sudah mendekatkannya dengan tujuan ataukah belum? 

5. Paham kelebihan dan kekurangan

Memahami kelebihan dan kekuranganmu sangat penting bagi kamu yang ingin meningkatkan self-management loh! Memahami hal tersebut akan membuat kamu mengenal dirimu lebih dalam dan akan mulai memaksimalkan potensi apa saja yang bisa kamu kembangkan lebih lanjut. 

6. Menentukan teknik manajemen

Terdapat beberapa jneis teknik manajmenem yang bisa kamu coba loh teman-teman, antara lain SMART Goals, Kanban, dan Pomodoro. Diharapkan dengan mencoba teknik manajemen berikut kamu dapat terbantu dalam mengembangkan self-management kamu. 

7. Hindari multitasking

Menghindari multitasking dapat membantu kamu lebih fokus terhadap suatu pekerjaan. Kamu juga akan lebih efektif dalam membagi energi dan kemampuan kamu dalam mengerjakan suatu hal secara satu per satu dalam satu waktu. Dengan begitu, kemapuan pengelolaanmu akan lebih seimbang. 

8. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Self-management yang baik adalah dimana individunya juga mementingkan kesehatan fisik dan mental ya teman-teman. Meskipun banyak tugas dan prioritas, tetaplah menjaga pola makan, istirahat cukup dan menjaga keteraturan pola tidur. 
Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai self-management. Jadi, berdasarkan ulasan diatas, apakah self-management mu sudah baik? Kalau belum, kamu bisa mencoba tips diatas ya! Selamat mencoba, semoga berhasil!

Baca juga :

7 Cara Mengembangkan Self-Compassion

sumber :

Self-management : Skill penting bagi pekerja di Semua pekerjaan dan industri