, ,

9 Tips Mencapai High Engagement Instagram

Engagement rate

Engagement rate yaitu suatu ukuran untuk mengetahui seberapa jauh interaksi antara audiens dengan konten yang telah dibuat. Matriks yang dapat digunakan untuk mengukur engagement rate antara lain dengan cara menghitung jumlah saved, comments, shares, mentions, direct messages, profile visits,followers, likes,  branded hashtag. 

Salah satu social media yang memiliki tingkat algoritma yang baik yaitu instragram. Ketika suatu akun instagram seseorang memiliki engagement yang bagus, maka konten yang dibuat akan semakin berpeluang untuk diminati oleh banyak orang dan berkemungkinan untuk meningkatkan jumlah produk yang terjual. Lantas, tipe konten yang seperti apa yang disukai followers dan dapat meningkatkan engagement? Simak artikel berikut ini. 

Tipe konten yang dapat meningkatkan engagement instagram 

  1. Konten Inspiratif
  2. Konten Meme/ Dagelan 
  3. Konten Informatif 
  4. Konten Mengedukasi 
  5. Konten giveaway
  6. Konten berupa video
  7. Konten testimoni pelanggan, kritik maupun saran. 
  8. Konten dengan warna kuat dan solid
  9. Konten dengan ilustrasi yang unik
  10. Konten yang menyertakan wajah didalamnya

Dalam artikel ini DepanLayar akan memberikan tips untuk meningkatkan engagement rate di Instagram, yuk simak!

Tips Meningkatkan Engagement Instagram

1. Menentukan Audiens

Audiens

Menentukan siapa audiens kamu penting untuk meningkatkan engagement instagram. Audiens dapat berupa followers yang  menonton, mendengar, menyukai dan menyebarkan konten kamu. Fitur instagram seperti insight dapat kamu manfaatkan karena menyediakan data demografi seperti gender, usia, lokasi, waktu online followers melalui analytic tools performa sebuah konten. Selain itu, dalam fitur ini kamu bisa juga mengukur reach, impression, insta story views, dan impression views. 

2. Giat mengunggah konten menarik 

konten

Konsisten dan teratur dalam memposting hal-hal baru didalam akunmu akan memperbaharui algoritma instagram kamu. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement akun kamu loh. Buatlah timeline yang jelas dalam mengunggah konten menarik agar konten yang diunggah dapat diminati oleh followers. Usahakan membuat konten yang menarik, up to date, khas, dan menyajikan informasi visual. 

3. Tentukan waktu unggah konten

timing

Menentukan waktu untuk mengunggah konten juga diperlukan agar konten kamu mendapat perhatian lebih dari penonton. Menentukan waktu untuk mengunggah konten juga diperlukan untuk menghindari adanya spam konten. Untuk menentukannya, kamu dapat mengalasis menggunakan fitur insight pada instagram kapan waktu terbanyak followers kamu online atau mengunggahnya di jam-jam istirahat kerja seperti jam 11 pagi dihari senin, 10-1 siang di hari selasa hingga jumat. Hindari mengunggah konten di hari minggu. 

4. Konten Video

video

Konten video dapat menaikkan engaging karena dengan konten video secara tidak langsung kamu melakukan interaksi dengan penonton dan membuat mereka lebih penasaran pada konten yang dibuat. Hal tersebut berdampak pada audiens yang akan berlama-lama di halaman konten video kamu. Dengan fitur reels, kini semakin mudah untuk mendapatkan high engagement. 

5. Memperhatikan caption

caption

Caption yang baik merupakan caption yang dapat menciptakan interaksi kenapa audiens. Dapat berupa caption user-friendly dan menggunakan kata-kata panggilan khusus atau menyebut audiens sebagai teman. Selain itu, gunakan pula kalimat call-to-action (CTA) yang fungsinya untuk mengajak audiens kamu melakukan sesuatu, contohnya kalimat swipe up. 

6. Optimalkan Hashtag

hastag

Pada setiap konten yang diunggah, alangkah baiknya apabila mengoptimalkan penggunaan hastag di akhir caption. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten dan sedang populer.  Hashtag yang digunakan dapat berjumlah sebanyak mungkin. Penggunaan hashtag akan memungkinkan konten kamu ditonton oleh seluruh dunia.   

7. Gunakan Instastory 

instastory

Fitur instagram story merupakan fitur yang mudah digunakan dan dapat meningkatkan engagement akun kamu. Kamu bisa mengunggah banyak promosi melalui fitur ini. Instastory juga dilengkapi oleh banyak stiker sehingga kamu dapat berinteraksi dengan audiens. 

8. Geotag

geotag

Fitur geotag merupakan fitur yang disediakan oleh instagram dimana kamu dapat menambahkan lokasi ketika mengunggah suatu konten. Dengan begitu, konten yang kamu unggah akan dapat ditonton dan tersebar ke lebih banyak pengguna instagram diseluruh dunia. 

9. Meningkatkan interaksi dengan audiens

interaksi

Berinteraksi dengan audiens cukup mudah dilakukan untuk meningkatkan engagement kamu. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk berinteraksi antara lain menyukai komentar dari audiens, membalas komentar dari audiens yang ada, memaksimalkan membalas direct message yang dikirimkan oleh audiens. 

Nah, itu tadi 6 Tips mencapai high engagement pada konten penjualan kamu. Semakin banyak keterlibatan audiens maka semakin tinggi pula engagement yang kamu dapatkan. So, tunggu apalagi? Yuk Coba!

Baca juga :

5 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking yang Wajib Kamu Ketahui

Sumber :

Engagement Rate Instagram Tak Kunjung Naik? Ikuti 7 Tips Ini, Yuk!