, ,

9 Fitur Facebook Creator Studio Wajib Diketahui

Facebook Creator Studio

Facebook Creator Studio merupakan fitur yang dikembangkan oleh Facebook untuk memanajemen konten di Facebook maupun instagram. Umumnya, fitur ini banyak digunakan oleh content creator dan social media marketer. Fitur ini memiliki berbagai fungsi yang ditawarkan untuk membantu memudahkan kamu dalam berbisnis loh! Yuk simak informasinya.

Manfaat Facebook Creator Studio 

  1. Meningkatkan engagement pada Facebook 
  2. Meningkatkan kinerja konten yang telah dibuat 
  3. Membantu mengelola konten 
  4. Membantu dalam memahami monetisasi konten 
  5. Melindungi dari plagiarisme konten
  6. Dapat digunakan dalam mengunduh gratis musik dan efek suara
  7. Memberikan update terkait trend-trend baru 

Selanjutnya, mari kita bahas apa saja tools yang ada di dalam Facebook Creator Studio! 

Tools Facebook Creator Studio

1. Inbox

Inbox pada Facebook Creator Studio dapat digunakan untuk berinteraksi dengan audiens. Menggunakan tools ini, kamu dapat membalas semua pesan masuk dan komentar yang ada di Facebook Messenger maupun instagram. Dengan begitu, engagement dari akun kamu akan semakin meningkat. 

2. Rights manager

Tools rights manager mempermudah kamu untuk melindungi adanya copyright konten. Tools ini akan dengan cepat mendeteksi apabila adanya kesamaan dalam konten yang dibuat. Kamu juga dapat menindaklanjuti pengurusan copyright konten apabila terbukti adanya gangguan terhadap hak cipta. 

3. Content library

Content library berfungsi untuk menyusun konten menjadi beberapa kelompok berdasarkan tipe konten. Selain itu, tools ini juga dapat digunakan untuk menjadwalkan konten mana saja yang akan diupload, membuat konten dalam fitur series dan playlist, mengundang beberapa followers untuk melihat kontenmu, serta memakai cover image pada konten yang dibuat. 

4. Insights

Fitur insight dapat digunakan untuk menunjukkan data analitik terkait hasil dari konten yang telah di unggah. Kamu akan disajikan beberapa data terkait seberapa besar performa kontenmu yang telah diunggah. Melalui tools ini pula, kamu bisa melacak pendapatmu apabila konten telah dimonetisasi. 

5. Menambahkan story dan video

Tools menambahkan story dapat digunakan untuk mengunggah serta membuat story facebook. Kamu dapat menambahkan beberapa foto, teks, CTA dan video. Pengunggahan story dapat disesuaikan dengan jadwal yang kamu buat loh. Video juga dapat diunggah menggunakan tools ini. Kamu dapat memasukkan thumbnail, teks, polling, dan lokasi. 

6. Monetization

Kamu bisa memanfaatkan tools monetization untuk mengetahui beberapa syarat untuk dapat menghasilkan cuan dari facebook. Apabila kamu telah memahami syarat yang ditentukan,  kamu dapat memantau penghasilan dan beberapa hal terkait monetisasi kamu melalui tools ini. 

7. Live dashboard

Tools ini digunakan untuk melakukan siaran langsung sebagai pendukung strategy marketing. Dari tools ini, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens yang ada. 

8. Sound collection

Sound collection terdapat mana menu creative tools. Disini kamu dapat memilih banyak musik dari koleksi yang disediakan Facebook Creator Studio. Semua musik dapat digunakan untuk keperluan konten Facebook maupun instagram dan bebas dari copyright. 

9. Instagram Content Management

Menggunakan tools Instagram content management, kamu diberikan leluasa untuk mengatur postingan di Instagram. Melalui tools ini, kamu dapat melakukan cross-posting IGTV dan memantau metrik analitik instagram yang berpengaruh penting dalam kenaikan engagement kamu. 

10. Mengunggah Konten

Fitur mengunggah konten dibuat untuk mengunggah konten yang telah dirancang. Kamu hanya perlu menekan tombol create post, menentukan headline dan thumbnails. 

Nah, itu tadi 6 fitur pada facebook creator studio. Berbagai manfaat juga dapat membantu pekerjaan pada pekerja konten dan pebisnis loh. Setelah membaca artikel ini, apakaj kamu sudah tertarik untuk menggunakan fitur Facebook creator studio? Yuk, baca artikel bermanfaat lainnya dari DepanLayar! 

Baca juga :

9 Tips Mencapai High Engagement Instagram

sumber :

6 Fitur dan Manfaat Creator Studio di Facebook untuk Social Media Management