,

8 Tips Membangun Gejala Mental Health pada Remaja

mental health

Mental health merupakan gambaran kondisi emosional seseorang. Umumnya, pada remaja membutuhkan mental health untuk membantunya berkembang dalam segi perilaku dan pikiran secara sehat, membantunya dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial, dan menghadapi banyak cobaan kehidupan. 

Pada umumnya, gangguan kesehatan mental health dapat disebabkan oleh beberapa peristiwa yang membekas dan berdampak dalam kehidupan seseorang di kemudian hari. Dapat juga dikarenakan faktor genetik, trauma, pengaruh lingkungan,  serta cedera kepala. Lantas, bagaimanakah ciri-ciri seseorang yang mental healthnya terganggu? Simak informasi berikut ini : 

  1. Suka berkelahi dengan orang lain
  2. Mengalami halusinasi 
  3. Sukar konsentrasi 
  4. Mudah takut, khawatir dan merasa bersalah 
  5. Berpikiran negatif untuk menyakiti diri sendiri
  6. Tidak menyukai bersosialisasi dengan orang lain
  7. Suasana hati mudah berubah dengan cepat
  8. Mudah lelah
  9. Sukar memahami kondisi orang lain
  10.  Depresi kurang lebih selama 2 minggu

Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan mental, yaitu:

  • Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif secara fisik.
  • Membantu orang lain dengan tulus.
  • Memelihara pikiran yang positif.
  • Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah.
  • Mencari bantuan profesional jika diperlukan.
  • Menjaga hubungan baik dengan orang lain.
  • Menjaga kecukupan tidur dan istirahat.

Nah, apabila kamu yang mulai dan mudah merasakan beberapa ciri-ciri diatas, berikut merupakan beberapa tips sederhana agar kamu dapat menjaga mental health kamu : 

1. Ucapkan hal positif

positif

Mulailah membisikkan hal-hal positif kepada dirimu sendiri. Hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi kejiwaan kamu loh! Dengan kata-kata positif tersebut, kamu akan memandang dirimu dan hidup kamu menjadi lebih positif dan optimis menjalaninya. Mempersepsikan diri menjadi lebih positif akan menambah energi untuk melakukan banyak kegiatan.

2. Olahraga

olahraga

Olahraga dapat dijadikan sebagai kegiatan positif yang mampu menghilangkan stress, depresi dan kecemasan loh. Dengan berolahraga, badan kamu akan melepaskan hormon-hormon pemicu stress. Hormon endorfin yang ada didalam tubuh kamu akan terlepas dan meningkatkan mood kamu menjadi lebih baik.  Lakukan olahraga kecil di luar ruangan seperti jogging selama 30 menit setiap hari. Carilah tempat dimana kamu dapat menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari pagi yang baik untuk badan kamu. 

3. Mengonsumsi makanan sehat dan lezat

bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan lezat dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh kamu loh, sehingga tingkat kestressan mulai menurun. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan lezat, suasana hati kamu akan menjadi lebih senang. Konsumsilah makanans seperti sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, makanan dengan nutrisi tinggi lainnya. 

4. Maksimalkan waktu Istirahat

istirahat

Memaksimalkan waktu istirahat merupakan kegiatan yang dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik. Gunakan setidaknya 10 menit waktu untuk istirahat di tengah-tengah kesibukan. Yang perlu kami lakukan adalah menutup mata dan mengambil beberapa tarikan nafas sedalam-dalamnya. 

5. Tidur Secukupnya dan seperlunya

tidur

Tidur secukupnya dan seperlunya sangat dibutuhkan untuk kamu agar kenyamanan mental health kamu terjaga. Terlalu banyak tidur maupun kurang tidur dapat berpengaruh terhadap menurunnya suasana hati. Maka dari itu, mulailah untuk tidur dengan cukup waktu, dan jangan lupa untuk menghindari penggunaan smartphone sebelum tidur. 

6. Melakukan Hal baik untuk Orang Lain

menolong orang

Melakukan hal baik terhadap orang lain contohnya adalah membantu orang lain dalam kesulitan, tersenyum ramah, dan menghargai orang lain serta bersikap ramah. Dengan melakukan hal-hal tersebut kamu akan mendapatkan perasaan tenang dan senang pada diri sendiri. 

7. Bersyukur 

bersyukur

Meningkatkan perasaan bersyukur juga akan membuat perasaan senang dan bahagia secara tidak langsung. Kamu dapat menuliskan kejadian-kejadian yang membuat kamu merasa bersyukur. Dengan tulisan-tulisan itu, suatu saat ketika berada pada fase down, kamu dapat membacanya kembali dan merenungkan hal – hal tersebut. Dampak yang didapatkan adalah kamu akan merasa lebih baik karena menyadari bahwa dirimu sangat berharga. 

8. Memanggil medis

medis

Apabila suasana mental health kamu sedang tidak baik dan semakin parah selama berhari-hari. Dan kamu mulai kewalahan dalam menghadapi kecemasan, stress , depresi dan beberapa gejala mental health lainnya, tidak ada seseorang yang dapat membantu maupun telah mencoba berbagai pertolongan pertama. Segeralah untuk melakukan konsultasi dengan tenaga medis secara profesional. 

Nah, itu tadi beberapa tips dalam mencegah gejala-gejala gangguan mental health. Bagi teman-teman yang merasakan beberapa gejala mental health, lebih baik mulai membisikkan kata-kata positif kepada diri teman-teman agar menjadi lebih baik. Semangat semua <3

Baca juga :

5 Kelebihan dan Kekurangan menjadi Perfeksionis

sumber :

9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental