, , ,

6 Skill dan Tugas Social Media Manager

social media manager

Social media manager adalah seorang yang bertugas secara umum untuk memonitor, menyeleksi dan mengedit serta mengambil keputusan terkait kehadiran dan update terkait perkembangan media sosial perusahaan, personal dan brand. Seorang social media manager adalah orang-orang yang telah memiliki jam kerja tinggi dalam dunia media sosial, sehingga ketika terdapat perubahan dalam media sosial, mereka dapat menghandle itu dengan baik. Untuk mengetahui

Tanggung Jawab Social Media Manager

Berikut merupakan tugas yang mereka ampu, beberapa di antaranya adalah:

  • Melakukan pengembangan strategy marketing untuk media sosial yang ia pegang 
  • Menentukan goals agar dapat meningkatkan engagement dari brand yang ia handle
  • Memegang dan mengatur kendali seluruh media sosial perusahaan
  • Membuat content planner
  • Menulis artikel untuk perusahaan agar meningkatkan brand awarness
  • Memonitor performa akun media sosial 
  • Menentukan ROI
  • Membuat strategy promosi dan engagement

Skill wajib social media manager 

Setelah mengetahui apa saja tanggung jawab seorang social media manager, maka kamu harus tau juga apa saja skill yang wajib dimiliki. Simak informasi berikut ini : 

1. Copywriting

Copywriting merupakan skill menulis yang sangat dibutuhkan. Skill copywriting yaitu skill menulis pendek dengan aksen yang menarik audiens. Mereka akan memegang banyak social media yang audiensnya berbeda-beda. Tiap audiens memiliki karakter masing-masing agar awareness terkait brand kita sampai ke audiens. Oleh karena itu, skill copywriting sangat dibutuhkan lohh. 

2. Riset

Skill riset sangat penting karena dengan riset kamu dapat mengetahui banyak trend terbaru sehingga brand kamu akan terus mengikuti perkembangan jaman. Dengan riset, kamu dapat membuat konten yang menarik dari inspirasi yang kamu dapatkan. 

3. SEO

Mereka membutuhkan pengetahuan dasar mengenai SEO agar konten yang dibuatnya dapat menaikkan engagement. SEO berhubungan erat dengan strategi pemasaran sebuah konten yang telah dibuat dalam social media. Mempelajari SEO juga akan berdampak pada peningkatan brand exposure dan awareness. 

4. Expert media sosial

Tugas lainnya yaitu untuk mengatur jalannya media sosial suatu brand dalam perusahaan. Oleh karena itu, skill yang selanjutnya harus dikuasai adalah ia menguasai berbagai platform dan cakap dalam perubahan-perubahan baru dalam media sosial. Social media manager juga harus tau konten apa saja yang cocok apabila menggunakan platform tertentu, serta cara berinteraksi dengan audiens menggunakan platform online tersebut. 

5. Kreativitas

Seorang social media manager diharuskan memiliki skill kreatif mengoptimalkan seluruh tools yang ada di dalam platform tersebut. Pada beberapa konten, mereka harus mengetahui bagaimana filter, gift dan foto dapat viral dan meningkatkan ketertarikan pada promosi brandnya. Mereka juga harus mengetahui bentuk konten dan visual seperti apa saja yang diminati oleh banyak orang. 

6. Komunikasi 

Mampu berkomunikasi dengan baik karena secara sadar harus membuat promosi brand yang dijual sampai ke audiens. Mereka diharuskan mengerti bagaimana berkomunikasi dengan baik melalui media sosial yang digunakan. 

baca juga :

5 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking yang Wajib Kamu Ketahui

Sumber :

Glints