,

5 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking yang Wajib Kamu Ketahui

Skill Public speaking merupakan skill yang wajib kita miliki. Tapi tahukah kamu apakah itu public speaking? Public speaking merupakan kegiatan berbicara didepan umum dimana seorang speaker melakukan interaksi dengan audiens melalui sebuah presentasi lisan. Skill ini sangat dibutuhkan ketika kamu kedepannya berada didunia kerja dan universitas. 

Tujuan Meningkatkan Public Speaking Mahasiswa

Ketika kamu berada disebuah jenjang sekolah lebih tinggi, kamu akan melakukan banyak presentasi, kamu akan sering berbicara didepan umum entah karena tugas atau kewajiban lainnya. Pada program KKN atau Kuliah Kerja Nyata, skill ini sangat digunakan agar kamu dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat desa. Lantas apa saja tujuan penting mempelajari berbicara didepan umum bagi mahasiswa?

  1. Meningkatkan rasa percaya diri
  2. Meningkatkan kemampuan berekspresi didepan umum
  3. Kamu bisa melaksankan tugas dengan baik apabila kamu menguasai public speaking
  4. Dapat digunakan ketika berkegiatan organisasi

Metode Public Speaking

Sebelum mengetahui tentang tips yang digunakan untuk meningkatkan public speaking, alangkah baiknya apabila kamu mengetahui metode-metodenya :

  • Impromptu atau Ad Libitum : Metode ini digunakan oleh beberapa speaker yang tidak melakukan banyak latihan dengan naskah yang minim juga atau dengan kata lain persiapannya secara spontan didepan umum. Speaker secara langsung berbicara didepan umum dan dengan mudah melakukan interaksi dengan penonton karena bahan yang dibicarakan mengalir begitu saja.  
  • Manuscript : Metode ini merupakan cara berkomunikasi dengan audiens dimana pembicara telah mempersiapkan naskah dengan sedemikian rupa.  Dengan metode ini, jalannya sebuah komunikasi akan terstruktur dan terarah. Kesalahan yang diperbuat juga akan semakin minim. S
  • Memoriter : metode ini yaitu melakukan public speaking dengan cara menghafal skrip yang telah dibuat. Pembicara berpidato didepan umum tanpa menggunakan teks maupun naskah, ia perlu menyampaikan apa yang dihafalkannya tadi kemudian mengolah kata-kata agar audiens mudah memahami. 
  • Extempore : Metode yang dilakukan dimana speaker membawa catatan kecil berisikan garis besar topik pembicaraan sebagai pedoman apa saja yang akan disampaikan kepada audiens. Dengan metode ini, akan semakin sedikit kesalahan yang diperbuat.  Penyajian menggunakan metode ini terkesan lebih spontan. 

Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Beberapa orang masih memiliki demam panggung apabila diminta berbicara didepan umum. Tidak percaya diri, merasa takut apabila materinya tidak didengar dan tidak ada audiens yang tertarik. Namun, semua masalah untuk mengatasi ketidakpercayaan diri dari seseorang ketika public speaking dapat diatas dengan beberapa tips berikut : Simak ya! 

1. Menguasai Materi 

Dengan menguasai materi, kamu akan lebih percaya diri dengan apa yang akan kamu katakan. Kamu juga akan lebih terasa ringan ketika menyampaikan materi karena telah menguasai materi yang kamu sampaikan. Dengan menguasai materi, kamu juga akan lebih berani menghadapi audiens dan menyampaikan pendapat didepan umum. 

2. Latihan di Depan Kaca

hipwee

Metode ini dilakukan agar kamu tidak grogi ketika berbicara didepan banyak orang. Kamu bisa melakukan latihan ini tiga kali dalam sehari sembari melatih gerak tubuh agar lebih luwes dan tidak kaku.  Latihan seperti ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari-H melakukan public speaking. Variasikan intonasi tinggi-rendah ketika berlatih supaya lebih natural ketika sudah didepan umum. 

3. Merilekskan diri

beautynesia

Merilekskan diri membuat kamu lebih tenang. Kamu bisa menarik napas panjang dan teratur agar tubuh kamu lebih rileks. Kamu juga dapat melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menurut kamu membuat lebih tenang, seperti mendengarkan musik atau mencari tempat kosong untuk berdiam diri. 

4. Riset Audiens

Riset mengenai audiens seperti apa yang akan berada didepan kita dan berkomunikasi dengan kita merupakan hal yang perlu dilakukan. Dengan mencari tahu terlebih dahulu, kamu akan tau bagaimana gaya berkomunikasinya, frasa dan diksi apa yang harus digunakan, candaan seperti apa yang boleh dan tidak boleh diucapkan. Melakukan riset juga berdampak  pada audiens yang akan mudah tertarik dengan materi kita. 

5. Menonton Video Tokoh Public Speaking

kalbarterkini

Dengan menonton video tokoh-tokoh public speaking, kamu bisa menjadikan tata cara dan gaya tokoh-tokoh tersebut sebagai inspirasi karena masing-masing orang memiliki karakter komunikasi yang berbeda-beda serta menarik. Beberapa public figure yang dapat kamu jadikan inspirasi antara lain Pandji Pragiwaksono, Andy F. Noya, Najwa Shihab, Ernest Prakarsa, Merry Riana. 

Nah, teman-teman itu tadi seputar pengertian, tips cara meningkatkan public speaking dan tujuannya. Semangat selalu mencoba teman!

Baca juga :

6 Beasiswa Wajib Diketahui Program Sarjana