,

5 Rekomendasi Website Membuat Portofolio dan Manfaatnya

Portofolio adalah merupakan rangkuman informasi hasil karya, pelatihan maupun pengalaman kerja yang dikemas secara kreatif. Umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan dan pengajuan beasiswa. Bagi mahasiswa, portofolio juga berguna apabila ingin mendaftar organisasi maupun kepanitiaan yang membutuhkan keterampilan khusus. 

Portofolio memiliki beberapa manfaat antara lain :

  1. Kamu memiliki track record karya kegiatanmu selama ini dengan rapi
  2. Dapat dijadikan acuan prestasi dari pekerjaan apa saja yang pernah dilakukan
  3. Sumber refleksi dari kegiatan dimasa lalu
  4. Meningkatkan Kredibilitas
  5. Membuat kesempatan diterima dalam suatu recruitment lebih besar
  6. Dapat menggambarkan bahwa kamu adalah orang yang profesional
  7. Mengasah kreativitas dan skill
  8. Membangun personal branding yang lebih baik

Bagi kamu yang masih bingung untuk memulai membuat portofolio, kamu dapat mencoba dengan membuatnya melalui website yang menyediakan berbagai template dan fitur untuk membuatnya secara otomatis. Yuk simak artikel berikut ini!

1. Behance

© Behance.net

behance

Situs ini dapat digunakan bagi para desainer, UI/UX Designer dan fotografer untuk membuat portofolio. Behance merupakan website yang termasuk dalam kepemilikan Adobe, sehingga pelanggan Adobe dapat menggunakan website ini secara otomatis untuk membuat portofolio. Terdapat fitur follow pada website ini, sehingga penggunanya dapat saling mengikuti dan melihat karya satu sama lain.  

2. Dribbble

dribbble

Pada website ini kamu dapat melakukan pengunggahan karya sebanyak 48 kali setiap bulan. Terdapat fitur prospect dan player yang harus kamu penuhi agar dapat menggunggah karya. Website ini memiliki karakter seperti media sosial, sehingga tampilannya juga cukup menarik. Dribble lebih mudah digunakan apabila kamu menargetkan pasar luar negeri. Wesbite ini lebih menekankan karya grafis,desain UI UX,  ilustrasi web, icon desain, dan product design.

3. Clippings.me

glints

Website ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki karya dalam bentuk tulisan dan ingin membuat portofolio dalam bentuk tulisan. Dengan hanya melakukan copy-paste link tulisan kamu ke dalam website maka portofolio akan tertata dengan baik. Banyak para penulis, jurnalis dan freelance writer yang menggunakan website ini. Terdapat bermacam-macam template yang bisa digunakan, memiliki komunitas yang memperluas networking dan memiliki fitur SEO Friendly. 

4. Deviantart

deviantart

Di situs ini kamu dapat menggunggah karya berupa foto, video maupun tulisan. Fitur-fitur yang wajib kamu coba ketika berkunjung di website ini adalah polls, groups, fitur journals , PopUpShop dan PrintShop.

5. Journo Portfolio

journoportfolio

Journo Portfolio merupakan website rekomendasi selanjutnya untuk penulis yang ingin membuat portofolio terkait hasil karya tulisannya. Journo Portfolio memiliki kelebihan seperti gratis, mampu melakukan deteksi terhadap judul, dan tanggal terbit secara otomatis. Menyediakan lima belas artikel gratis dan bersifat SEO-Mobile Friendly. Journo Portfolio telah bekerja sama dengan Google Analytic untuk menghitung banyaknya pengunjung. 

Beberapa manfaat menulis portofolio dan website rekomendasi untuk membantu membuat portofolio telah tercantum diatas ya. Nggak ada alasan lagi dong kenapa nggak bikin portofolio? Yuk langsung coba aja!

Baca juga :

5  Rekomendasi Website Membuat Curriculum Vitae dan Contohnya