,

5 Kelebihan dan Kekurangan menjadi Perfeksionis

perfeksionis

Perfeksionis merupakan kepribadian seseorang yang memiliki ambisi untuk terlihat sempurna dan semua pekerjaan yang dilakukannya harus berjalan lancar dengan banyak strategy yang telah diatur sedemikian rupa.  Beberapa orang yang memiliki kepribadian ini seringkali memiliki standar yang tinggi kepada dirinya sendiri dan orang lain. Namun siapa sangka bahwa perfeksionis memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan pikiran karena mudah overthinking dan stress. Yuk simak apa saja ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan !

Ciri-ciri seseorang perfeksionis! 

  1. Selalu mempersiapkan segala hal dengan detail dan rapi.
  2. Enggan mencoba hal baru yang hasilnya belum jelas. 
  3. Tidak suka mencoba metode baru ketika melakukan pekerjaannya.
  4. Ambisius dan bekerja secara ekstrem.
  5. Sukar mempercayai orang baru untuk bekerja sama.
  6. Umumnya ia memiliki kendali atas kerja sama tim
  7. Membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu hal/pekerjaan
  8. Motivasi berhasilnya didorong oleh takut gagal
  9. Ragu memulai pekerjaan sebelum strategy dan langkah yang dibuatnya sempurna. 
  10. Menerima saran dan kritik secara defensif. 
  11. Memiliki tujuan yang tinggi
  12. Kritis terhadap sesuatu
  13.  Memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah

Kelebihan memiliki sifat perfeksionis

1. Menetapkan Standar Tinggi 

Seorang ini umumnya dalam mencapai tujuannya memiliki standar yang tinggi. Tidak hanya menetapkan standar tinggi pada tujuan, ia juga menetapkan standar tinggi selama prosesnya yang berdampak baik kedepannya. Dengan menetapkan standar yang tinggi, ia akan mudah mencapai kesuksesan.  Selain itu, output yang ia hasilkan menjadi luar biasa.  

2. Berpengaruh terhadap orang lain

Umumnya merupakan seorang pekerja keras. Ia melakukan berbagai hal produktif yang secara tidak langsung akan memotivasi orang lain dalam bekerja. Terkadang ia memiliki tempo kerja yang lebih giat dibandingkan lainnya, sehingga mampu memotivasi orang lain agar melakukan hal serupa. 

3. Memperhatikan detail

Seorang yang memiliki sifat ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan peka terhadap hal-hal detail. Kebiasaan seperti ini berdampak baik terhadap tingkat kesalahan dalam mengerjakan suatu tugas. Mereka akan bekerja lebih keras hingga detail pekerjaan tersebut tidak terlewatkan.   

4. Memiliki citra dan image baik  

Ia akan selalu berusaha melakukan hal-hal yang membuat citra dan image mereka baik dimata orang lain. Mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik pada hasil kerjanya maupun pada dirinya sendiri agar citra dan image mereka tetap baik dengan cara yang positif. 

5. Memastikan semua rencana berhasil 

Seorang yang bersifat perfeksionis akan selalu memastikan bahwa semua rencananya berjalan sempurna dan berhasil. Mereka melakukan kerja lebih keras dan panjang dibandingkan dengan orang lain demi memastikan semuanya berhasil. 

6. Kritis  

Memiliki pemikiran kritis merupakan salah satu kelebihan kepribadian ini. Dengan sifat kritis tersebut semua pekerjaannya akan dipikirkan secara matang. Dampaknya, hasil yang didapatkan akan sesuai rencana dan berjalan dengan baik.  

Kekurangan Sifat Perfeksionis

1. Mudah Ketakutan 

Mudah ketakutan merupakan kekurangan dari sifat perfeksionis ini. Hal tersebut dipicu oleh adanya rasa khawatir berlebih pada hasil pekerjaan mereka apabila tidak mencapai standar yang mereka buat. Seorang perfeksionis akan terus menerus khawatir dengan urusan mereka. 

2. Kesehatan Mental Terganggu

Kesehatan mental seorang perfeksionis rentan terganggu. Pemicu dari adanya gangguan mental antara lain sifat perfeksionis yang mudah sekali merasakan stress, khawatir dan kecewa terhadap sesuatu. Seorang perfeksionis akan terlihat hebat dan memotivasi orang lain, namun dibalik itu semua perfeksionis memiliki banyak ketakutan dan pikiran. Mereka umumnya akan lebih kejam ketika mengkritik dirinya sendiri. Pastinya, hal tersebut akan berdampak juga pada kesehatan tubuh lainnya. 

3. Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan merupakan salah satu kebiasaan kurang baik dari perfeksionis. Perfeksionis merasa bahwa dirinya kurang mampu melakukan pekerjaan itu. Ia lebih memilih untuk banyak berpikir yang membuatnya stress dan khawatir berlebih sehingga pekerjaannya tertunda. 

Mengurangi Sikap Perfeksionis

Setelah mengetahui baik dan buruknya memiliki kepribadian perfeksionis. Lalu, apakah seseorang dapat mengurangi kepribadian tersebut? Jawabannya bisa, simak beberapa informasi berikut ini untuk mengurangi sifat perfeksionis.

  1. Kurangi berharap terlalu tinggi terhadap sesuatu
  2. Menjaga stamina agar tidak kelelahan
  3. Hindari berada di kondisi kesepian dan mudah marah maupun lapar
  4. Jangan merendahkan diri sendiri 
  5. Berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang terdekat
  6. Bersikap realistis dalam menentukan tujuan
  7. Mencoba mencintai diri sendiri. 

Nah, itulah beberapa informasi terkait perfeksionis. Mulai dari pengertian, ciri-ciri , kelebihan dan kekurangan telah kamu dapatkan! 

baca juga :

10 Cara Mengendalikan Emosi dengan Meditasi

sumber :

PERFEKSIONIS: KELEBIHAN ATAU KEKURANGAN?