,

5 Cara mengatasi Mental Block

mental block

Mental block merupakan keadaan kejiwaan dimana seseorang memiliki rasa percaya diri sangat rendah sehingga membuat tubuhnya menolak melakukan sesuatu. Menurut psikologi, kondisi mental block cukup membahayakan. Tubuh yang menolak melakukan sesuatu akan menghambat banyak pekerjaan seperti berbagai aktivitas, mengurangi munculnya inovasi dan motivasi. 

Berbagai penyebab mental block antara lain kurang tidur, faktor lingkungan yang kurang nyaman, menunda pekerjaan, kelelahan, perfeksionis, pesimisme, efek obat-obatan dan kekurangan vitamin B12. Untuk mengenal mental block lebih lanjut, yuk simak beberapa informasi DepanLayar berikut ini :

Berbagai bentuk mental block 

1. Self doubt yaitu bentuk mental block dimana kamu memiliki tingkat kepercayaan diri rendah dan selalu meragukan diri sendiri tidak dapat melakukan sesuatu. 

2. Comparison yaitu memiliki kebiasaan untuk membanding-bandingkan diri dengan orang lain. 

3. Tunnel vision bentuk mental block dimana membuat pengidapnya mengurung diri dari kenyataan yang ada dan tidak mampu berpikir jernih. 

4. Indecision merupakan keadaan dimana penderitanya selalu berhati-hati dalam memutuskan sesuatu. Seseorang akan melakukan banyak pertimbangan yang mungkin dan tidak mungkin terjadi.

5. Fixed mindset merupakan kondisi ketika seseorang merasa dirinya paling hebat dan tidak dapat dikalahkan.  Umumnya penderitanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tidak menyukai kekalahan. 

6. No Limits merupakan kondisi ketika kamu merasa menjadi seseorang yang bisa melakukan segala sesuatu sehingga batinnya tertekan karena tidak dapat membagi fokus. 

Ciri – ciri mental block

Beberapa ciri-ciri Mental block sebagai berikut : 

  1. Tidak memiliki gairah melakukan sesuatu
  2. Mudah tersinggung 
  3. Mudah marah 
  4. Secara psikologis cenderung merasa tertekan 

Cara mengatasi mental block

Apabila salah satu gejala di atas kebetulan terjadi pada Anda atau orang sekitar, pastikan untuk menyimak cara mengatasi mental block berikut.

  • Mengenali segala tanda gangguan psikologis dengan baik.
  • Tata ulang cara berpikir Anda agar melihat segala sesuatu dari perspektif yang berbeda.
  • Kendalikan diri ketika merasa banyak pikiran yang mengganggu dan menghambat performa Anda.
  • Tinggalkan kejadian di masa lampau dan fokuslah hanya pada kondisi saat ini.
  • Mulailah dengan rangkaian langkah sederhana untuk mengurangi gejala yang muncul semampu Anda.
  • Jangan pendam perasaan maupun emosi Anda, cobalah untuk bercerita dengan orang lain atau menulisnya di selembar kertas.
  • Memaafkan segala kesalahan diri sendiri dan melupakan kejadian buruk di masa lampau secara perlahan.
  • Tingkatkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, menenangkan pikiran dan konsultasi dengan profesional.

Dengan berbagai kondisi mental block, lantas apakah keadaan ini dapat diatasi? Bisa kok! Yuk simak informasi berikut ini : 

1. Gaya hidup sehat 

olahraga

Menerapkan gaya hidup sehat akan berdampak pada memiliki mental health yang sehat pula. Gaya hidup sehat terdiri dari mengatur pola tidur yang baik, melakukan olahraga yang rutin, tidak merokok, meminimalisir negatif thinking dan memakan makanan sehat bergizi. 

2. Menulis 

Menulis merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu kamu dapat menjadi lebih tenang setelah menuliskan sesuatu yang terjadi, baik kesedihan maupun hal menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan beban pikiran menjadi lebih lepas. Gunakan teknik freewrite dimana kamu menulis apa saja yang ada dipikiranmu. Luangkan waktu selama 10-15 menit untuk freewrite. 

3. Memaafkan masa lalu 

memaafkan

Memaafkan masa lalu artinya kamu memaafkan dan mencoba meminimalisir trauma dari masa lalu. Hal tersebut akan membuat kamu membuka diri dan berdamai dengan diri sendiri. Pikiran kamu senantiasa dipenuhi oleh pikiran-pikiran positif. 

4. Mencari suasana baru

Mencari suasana baru

Cara mengatasi selanjutnya adalah dengan mencari suasana baru. Kamu bisa mendapatkan suasana baru ketika berada di ruangan berbeda. Hal tersebut akan berdampak pada pola pikir yang fresh dan tidak stagnan. Ide-ide baru akan muncul dan siap menerima banyak gagasan baru. Sederhananya, kamu bisa berkunjung ke kedai kopi untuk mendapatkan suasana baru

5. Berdiskusi 

diskusi

Berdiskusi dengan orang lain dapat menenangkan pikiran loh!. Kamu dapat mengajak temanmu untuk sekadar mengobrol, berbagi masalah, dan saling melempar pendapat serta candaan. Dengan berdiskusi, kamu akan mendapat insight-insight baru, keluarga baru dan juga motivasi baru. 

6. Mengejakan tugas kecil 

mengerjakan tugas kecil

Mengerjakan tugas kecil dapat meminimalisir pikiran kamu menjadi stuck. Pikiran yang stuck dapat menghambat adanya ide-ide baru, perasaan tidak tenang dan pacu jantung lebih cepat bahkan stress. Maka, kerjakan tugas mulai dari level yang lebih mudah hingga sulit. Hal tersebut akan meminimalisir dampak-dampak buruk yang kemungkinan menyebabkan mental block. 

Nah, itu tadi teman-teman pengertian, ciri-ciri dan cara mengatasi mental block. Apabila teman-teman dalam keadaan seperti diatas, coba tenangkan pikiran, hembuskan nafas perlahan dan take a rest selama 10-15 menit. Semangat selalu teman-teman!

baca juga :

8 Tips Membangun Gejala Mental Health pada Remaja

Sumber :

Jangan Biarkan Mental Block Mengganggu, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya