, ,

4 Tips Mempercantik Profil Linkedin Agar Dilirik HRD

linkedin

Linkedin merupakan media sosial yang digunakan untuk pengguna profesional. Platform ini digunakan untuk orang-orang yang sedang mencari pekerjaan maupun ingin membranding dan mempromosikan diri kepada perusahan-perusahan melalui media sosial. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan tips mempercantik linkedin, simak artikel berikut ini ya!

 Manfaat Linkedin

  1. Membantu mendapatkan banyak informasi terkait organisasi, tempat kerja, dan magang. 
  2. Menambah networking pekerjaan 
  3. Memiliki peluang untuk upgrade dirimu
  4. Memberi banyak peluang agar pribadimu dilihat oleh HRD
  5. Belajar terkait dunia kerja 
  6. Meningkatkan personal branding secara profesional
  7. Menjadi wadah mempersiapkan karir diri sendiri setelah lulus bersekolah
  8. Menjadi CV digital yang memperlihatkan keahlian dan kredibilitas disertai bukti dan koneksi
  9. Mencari tahu informasi detail terkait perusahaan yang akan di apply

Cara membuat akun Linkedin

Platform ini merupakan media sosial yang terkesan profesional berbeda dengan media sosial lainnya dengan tujuan yang profesional ternyata cara membuatnya mudah loh teman-teman, yuk mari kita simak: 

  1. Lakukan registrasi secara gratis melalui laman atau aplikasi //www.linkedin.com/ 
  2. Klik tombol sign up untuk melakukan pendaftaran akun
  3. Isikan data diri, gunakan nama formal untuk profil anda
  4. Buat kata sandi 
  5. Akan muncul pop up terkait syarat dan ketentuan, baca dengan seksama. Apabila sudah sesuai, maka klik agree 
  6. Kemudian, setelah akun dibuat. Kamu bisa isikan profil lengkap lainnya. 

Mengenal Fitur di LinkedIn

Untuk memperdalam pengenalan terhadap akun linkedin, maka dari itu teman-teman bisa mempelajari terlebih dahulu tentang fitur-fitur didalam linkedin : 

  1. Akun : seluruh pengaturan akun linkedin bisa kamu atur melalui fitur ini. 
  2. Who Viewed Your Profile : bagi pengguna linkedin premium, pengguna dapat melihat siapa saja yang telah ‘mampir’ dan melihat akun profil linkedin kamu. 
  3. My Network : fitur ini dapat digunakan untuk menunjukkan seseorang yang telah terhubung dengan kamu
  4. Jobs : dapat melihat beberapa informasi pekerjaan yang tersedia. Bisa berdasarkan by title, skill, company, city, state, atau kode pos. 
  5. Post : fitur ini digunakan untuk kamu yang ingin membagikan cerita dan konten terkait pengembangan karir. Pada fitur ini kamu bisa mengomentari dan menyukai postingan orang lain. 
  6. Interest : fitur ini digunakan untuk kamu yang ingin mengikuti beberapa topik sesuatu dengan hashtag
  7. Message : fitur pada linkedin ini yaitu digunakan untuk mengirim pesan kepada seseorang yang telah melakukan koneksi denganmu. 

Tips Mempercantik Profil Linkedin

Setelah mengetahui banyak manfaat dari menggunakan linkedin. Yuk simak tips mempercantik profil linkedin kamu agar dilirik oleh HRD. Beberapa tips diantaranya adalah : 

1. Profil foto profesional

Profil foto profesional

Platform ini memperlihatkan sisi profesional mereka agar dapat dilirik oleh HRD. Salah satu yang awal diperhatikan oleh HRD atau recruiters adalah foto profil. Usahakan menunjukkan diri yang profesional di foto. Kenakan pakaian rapi, formal dan ekspresi wajah yang jelas. Hindari penggunaan filter berlebih pada fotomu. 

2. Lengkapi headline dan about

Tulislah data diri mu di headline dan about semenarik mungkin sehingga recruiters atau HRD dapat terpikat. Pada bagian headline, tuliskan profesi sekarang maupun terakhir kali kamu bekerja atau berpendidikan. Tulis nama jurusan dan Universitas dimana kamu mengenyam pendidikan. Pada kolom about, tuliskan hard skill dan soft skill yang kamu miliki. Hindari menggunakan kata-kata mutiara. Gunakan kata-kata yang komunikatif namun tetap sopan. 

Lengkapi headline dan about

3. Lengkapi riwayat pengalaman dan prestasi

Lengkapi riwayat pengalaman dan prestasi

Lengkapi riwayat pengalaman dan prestasimu mulai dari tahun menjabat, deskripsi singkat tentang pekerjaan atau organisasi yang kamu emban dan nama perusahaan atau instansi dimana kamu berada. Pada section prestasi, tuliskan pencapaian-pencapaian yang didapatkan ketika berada di posisi sebelumnya.

4. Tambahkan koneksi 

koneksi

Koneksi sangat penting pada linkedin. Dengan mempunyai banyak koneksi, kamu akan semakin banyak mendapatkan informasi-informasi terkait. Connect akunmu dengan milik teman-teman kuliah terlebih dahulu. Buatlah personal branding yang baik menggunakan akun kamu. 

5. Ikuti kursus dan kelas bersertifikat 

kursus dan kelas bersertifikat 

Ikuti kursus dan workshop maupun kelas bersertifikat untuk melakukan upgrade skill kamu di dunia kerja. Setelah mengikuti kursus atau kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat yang dapat dicantumkan pada kolom prestasi. 

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang linkedin yang perlu kamu ketahui. Mengetahui tips mempercantik linkedin sangat bermanfaat loh bagi teman-teman untuk membantu mencari pekerjaan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mempercantik akun profil kamu ya!

Baca juga :

5 Website Untuk Belajar IELTS Gratis