Shifting Career

Jangan Asal Shifting Career, Perhatikan Hal – Hal Berikut!

mint.intuit

Pernah dengar istilah shifting career?

Career shifting sendiri adalah proses dimana kamu merubah jenis pekerjaan yang kamu lakukan sekarang dengan pekerjaan yang lain. Bisa dibilang karir yang kamu jalani sekarang berbeda dengan karir yang akan kamu tekuni di masa depan.

Ada banyak alasan yang digunakan orang – orang untuk mengubah karir mereka.

Bisa jadi dengan alasan gaji, ingin meningkatkan performa diri atau ingin keluar dari zona nyaman dengan mengikuti passion mereka.

Sekarang ini banyak pelatihan gratis untuk menunjang perpindahan karir kamu di internet. Dan juga bootcamp yang ditawarkan oleh tempat belajar online untuk menunjang perpindahan karir kamu kedepannya.

Tapi apa kamu yakin untuk pindah karir?

Pahami dirimu terlebih dahulu apakah kamu perlu pindah karir atau tidak.

1. Kenali Alasan Kamu Dalam Berpindah Karir

Setiap melakukan sesuatu pasti ada alasan yang mendasarinya, seperti halnya berpindah karir. Pahami dulu alasan kamu, jangan asal – asalan sehingga kamu akan menyesal ketika keluar dari pekerjaan asal kamu. Jangan karna kamu mau ikut – ikut dengan alasan yang tidak masuk akal sehingga kamu mau switch karir.

Alasan ini harus kuat seperti kamu ingin mengejar passion kamu yang selama ini terkubur dalam diri. Ketika kamu mempunyai pondasi awal yang kuat maka langkah untuk menggapai karir impian akan terbuka lebar.

2. Sebelum Pindah, Pahami Lagi Kekuatan Yang Dimiliki

Perhatikan lagi kemampuan yang kamu punya disaat kamu ingin pindah karir. 

Banyak orang yang asal pindah karir tetapi masih belum bisa memahami kemampuan dan kekuatan yang cocok untuk karir selanjutnya.

Petakan lagi kemampuanmu untuk bisa ditambahkan skill – skill yang menguntungkan untuk perpindahan karir mu.

3. Pikirkan Alternatif Pekerjaan

Jangan asal mengikuti tren untuk pindah karir, seperti sekarang ini banyak menawarkan pelatihan untuk pindah karir dengan embel – embel diterima di perusahaan impian atau perusahaan startup yang lagi hype.

Sehingga kamu hanya asal ikut pelatihan berbayar misal menjadi data analyst tapi kamu tidak menyukai hal – hal yang berbau data. Maka hal itu akan menjadi sia – sia belaka.

Sebelum kamu berpikiran pindah maka kamu harus memikirkan alternatif pekerjaan yang beragam.

Kamu bisa memulai dengan memikirkan pekerjaan yang kamu sukai seperti jika kamu menyukai menggambar. Maka kamu bisa melatih skill kamu dalam hal menggambar dan mencoba peruntungan pekerjaan di bidangnya misal, sebagai ilustrator atau sebagai design graphic.

4. Belajar Terus Jangan Pernah Berhenti

Yang perlu kamu ingat bahwa jangan pernah berhenti belajar. Perkembangan dunia sangat cepat, kamu dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. 

Maka dari itu belajar akan hal – hal baru dapat meningkatkan value dirimu untuk pindah karirmu kelak. Dengan memperkaya dirimu dengan ilmu baru dapat mempermudah karir yang kamu akan bangun kelak. Dan jangan lupa memasukkan hasil pembelajaran kamu di CV mu kelak untuk bisa dilihat para job hunter.

5. Konsisten Adalah Cara Kerja Nyata Dalam Berkarir

Tidak ada kesuksesan yang instan. Semua butuh proses.

Yang kamu harus yakini bahwa setelah kamu terjun dalam pekerjaan yang kamu inginkan, konsisten adalah adalah kuncinya.

Sukses yang nyata adalah ketika kamu konsisten dalam menjalani pekerjaan mu. Diyakini bahwa dari hal – hal yang kecil akan berdampak menjadi hal yang besar bagi dirimu jika konsisten dalam melakukan sesuatu.

Tidak sulit untuk tetap fokus akan tujuan akhir dari perpindahan karir kamu. Selalu ingat bahwa jangan sampai berhenti ditengah jalan akan karir impian.

Itulah beberapa hal yang perlu ditekankan dari dirimu jika ingin berpindah karir. Memang tidak mudah membangun karir dari awal kembali jika sudah keluar dari pekerjaan kamu sebelumnya. Tapi itu sebanding jika kamu melakukannya dengan sungguh – sungguh.

Semoga Berhasil !

Baca Juga : 10 Karir Digital Menjanjikan, Simak Penjelasannya!