10 digital skills yang perlu dimiliki hadapi tantangan masa depan

10 Digital Skill yang Perlu Dimiliki Hadapi Tantangan Masa Depan

10 Digital Skills yang Perlu Dimiliki Hadapi Tantangan. Sumber: pexels-sora-shimazaki

Pada tahun 2018, berdasarkan data 95% warga global atau dunia masih menggunakan jaringan mobile 2G.  Namun,  dalam waktu singkat, perkembangan pesat akses teknologi internet dan konektivitas  telah mengubah mengubah perkembangan digital ekonomi di seluruh dunia. 

Sayangnya, ditengah perkembangan yang pesat itu tidak dibarengi dengan  pengetahuan tentang dunia digital  karena kurangnya digital skill baik di negara maju maupun negara berkembang.

Unesco segera mengadakan edukasi teknologi dalam bentuk program flagship ICT .

Pada event edukasi itu dipaparkan tentang definisi tentang digital skill dan inovasi skill yang berlaku dalam pekerjaan dalam bidang ekonomi digital.  Juga  strategi untuk mengurangi kekurangan pengetahuan digital skill dengan cara mapping dan perubahan kebutuhan keterampilan.

Apa digital skill?

Digital skill didefinisikan sebagai serangkaian kemampuan untuk menggunakan alat digital, aplikasi komunikasi, dan jaringan untuk mengakses dan mengatur informasi.

Dengan kemampuan  digital skill itu , kamu dapat menciptakan dan membagikan konten digital, berkomunikasi dan berkolaborasi dan mengatasi masalah untuk kebutuhan yang efektif dan kreatif dalam kehidupan, pekerjaan, dan kegiatan sosial .

Untuk tingkat digital skill pemula,  dibutuhkan skill dasar bagaimana penggunaan alat digital dan aplikasi online dan komponen yang sangat penting untuk menciptakan literasi skill dalam era digital dengan cara memiliki membaca, menulis .

Untuk tingkat  digital yang lebih tinggi, dibutuhkan kemampuan pengguna memanfaatkan teknologi digital dengan cara transformasi seperti ICT.  Transformasi digital major seperti Artificial Intelligence (AI),  data analytics.

Mengapa digital skill sangat penting?

Dunia bisnis, pekerjaan, dan semua lini kehidupan sudah menggunakan dan menerapkan teknologi digital.  Kamu harus mampu untuk menguasai keterampilan digital agar bisa mampu bertahan dari derasnya arus penetrasi dan perubahan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari pertanian hingga manufaktur,  teknologi digital menjadi bagian dari semua kegiatan yang dilakukan. Contohnya di pertanian, untuk menentukan kapan menanam perlu iklim yang tepat, maka digunakan 

Jadi kamu perlu memiliki digital skill bukan sekedar mengoperasikan berbagai perangkat TIK dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga mengoptimalkan. Mengoptimalkan dengan memahami pengunaan sehingga memperoleh hasil yang optimal bagi dirinya maupun orang lain.  Jadi bukan sebagai user saja, tetapi menciptakan sesuatu dari teknologi yang disediakan untuk kita.

Dalam survey IMD World Digital Competitiveness 2019, daya saing Indonesia berada dalam peringkat 56 dari 63 negara .  Angka ini sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara Asia

Baca juga: Brainstorming Metode Jitu untuk Gali Kreativitas

Daya saing kamu harus dapat ditingkatkan agar dapat berkompetisi dengan mereka yang sudah lebih dulu memiliki ketrampilan digital.

Apa saja kompetensi yang harus dikuasai dalam dunia bisnis digital?

1.Coding

Coding merupakan salah satu digital skill.   Tidak hanya dilakukan oleh seorang profesional teknologi. Banyak ahli pengkodean yang dibutuhkan dalam dunia bisnis dan sektor lainnya.

Contohnya di bagian pemasaran, mengecek kualitas , pemecahan masalah yang logis.  Dasar pengkodean yang harus dikuasai ,  Java, SQL, Python, Ruby dan bahasa pemrograman yang lain.

2.Programming

Programming suatu komputer mulai dari front end dan back end sangat dibutuhkan saat ini.

Front end adalah tampilan sebuah situs atau mobil aplikasi.  Sedangkan front end seperti sampul sebuah buku. Berbeda dengan back end adalah semua program di balik layar dari suatu aplikasi.

3.UI/UX Design

Digital skill  UI/UX designer  adalah kemampuan membuat tampilan pengguna sehingga membuat user experience yang user friendly, easy to use .  Untuk itu tugasnya adalah bekerja dengan web design untuk dilanjutkan menjadi situs.

Alat atau tool yang dipakai, Figma, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Coreldraw.

4.Project Management

Digital skill dalam project management bertujuan untuk membuat manajemen dari awal , implementasi hingga evaluasi dan pemeliharaan.   Orang yang bertanggung jawab dalam berlangsungnya proyek adalah project manager.

5.SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.   Digital skill yang biasanya digunakan oleh Content Creator, SEO Copywriter, atau Writer   untuk konten yang dipublish di sebuah situs.  Konten itu ditentukan oleh keyword agar dapat dioptimalisasi oleh mesin pencarian.

Tool yang digunakan Ahrefs Key Generator, Google Analytic, Google Trend.

6.Copywriting

Digital skill yang dibutuhkan oleh seorang penulis Copywriting agar  konten dapat menyasar pembaca yang sesuai dengan target.   

Tujuannya adalah agar produk yang ditawarkan dengan pengemasan pesan dapat diterima oleh pembacanya dan mereka bisa terbujuk untuk melakukan tindakan, misalnya memahami brand atau melakukan pembelian.

Peran penting copywriter adalah menjual atau mengenal image brand .   Beberapa aspek yang perlu diterapkan adalah attention, interest , designer (AIDA) pada saat riset konten.

7. Social Media Strategy

Kemampuan digital skill dari seorang social media strategy adalah mampu mengatur segala strategi dalam media sosial untuk kepentingan bisnis.

Fungsinya konten yang dibuat untuk suatu campaign dalam rangka menghadirkan awareness dan traffic.Kemampuan untuk menganalisa tracking dan insight sosial media, bagaimana mengandalkan kemampuan menarik pembaca.

8.Data Analyst

Kemampuan digital skil seorang data analyst mampu menganalisa data digital dari bermacam sumber (web dan mobile app).  Data analyst bertanggung jawab menerjemahkan semua data , diolah menjadi suatu laporan sehingga perusahaan bisa memilih dan membuat strategi yang tepat.

9.Web Development

Digital skill dari seorang web development adalah kemampuan untuk membangun,memelihara dan mengembangkan suatu website. 

Ada beberapa jenis dari web development seperti front-end developer, back-end developer, full-stack developer dan mobile developer.

Perusahaan yang ingin kembangkan dan ekspansi bisnis ranah digital, bantuan seorang web-developer perusahaan dapat kembangkan produk digital yang dipunyai.

10. Internet of things

Kemampuan skill digital untuk membangun sistem dan mengintegrasikan berbagai device atau peralatan sehingga dapat dikendalikan dengan mudah.

Implementasi IoT dapat berkembang karena kemajuan teknologi.   Kunci utama dari IoT adalah jaringan internet yang kuat dan stabil.

Setelah kamu menemukan dan memiliki digital skill, kembangkan agar kemampuan itu tetap dapat menguasai teknologi yang selalu berkembang sangat cepat.