,

6 Beasiswa Wajib Diketahui Program Sarjana

beasiswa
ftd

Beasiswa Pendidikan banyak diminati oleh masyarakat, karena pendidikan sangat penting bagi seluruh orang. Mulai dari sekolah dasar hingga kuliah. Namun bagi beberapa orang, terdapat hambatan untuk menempuh pendidikan lebih lanjut menuju bangku perkuliahan yaitu ketika biaya kuliah dan biaya kehidupan rantau yang mahal. Lantas, apakah masalah tersebut tidak memiliki solusi? 

Beasiswa merupakan solusi ketika kamu memiliki mimpi tinggi untuk bersekolah namun kekurangan biaya. Bermacam-macam lembaga yang menyediakan bantuan pendidikan untuk program S1. Kira-kira teman-temen sudah taukah informasi apa saja tentang bantuan pendidikan S1? Yuk simak lebih lanjut artikel berikut ini!

Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Bentuk Cakupan Pembiayaan

Beasiswa penuh (full scholarship)

Full scholarship memiliki cakupan biaya mencangkup uang kuliah, living cost, akomodasi, buku, dan asuransi bagi penerimanya.  Beberapa lembaga juga menyediakan anggaran untuk diberikan kepada keluarga penerima apabila berasal dari keluarga kurang mampu. Contoh dari full scholarship penuh yaitu Chevening dan Ford Foundation.

Beasiswa sebagian (partial scholarship)

Biaya yang diberikan untuk Partial scholarship hanya mencakup sebagian biaya yang dibutuhkan ketika masa studi sedang berlangsung.  Jenis partial scholarship ini dapat berupa biaya kegiatan short course, summer school, maupun pelatihan.

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu perlu tahu beberapa tips : 

  1. Rajin mencari tahu terkait informasi bantuan beasiswa
  2. Mencatat semua deadline pendaftaran dengan terstruktur
  3. Meningkatkan nilai akademik
  4. Menguasai kemampuan berbahasa Inggris 
  5. Mempersiapkan dokumen-dokumen penting sebagai persyaratan jauh-jauh hari

Setelah mengetahui jenis-jenis bantuan pendidikan , berikut merupakan macam-macam beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa S1 : 

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA merupakan beasiswa untuk mahasiswa S1, D4 dan D3 yang aktif di dunia perkuliahan.  Setiap bulannya, penerima akan diberikan uang bulanan sebanyak Rp 400.000. Untuk mengetahui informasi dan cara mendapatkannya, kamu bisa mengajukan pertanyaan kepada akademik di perguruan tinggi yang kamu pilih. 

2. KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya kuliah hingga lulus oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu dengan nilai akademik yang bagus selama menempuh studinya. Bantuan biaya kehidupan akan diberikan setiap 6 bulan sekali dengan total biaya kurang lebih Rp. 5.000.000, tidak termasuk biaya kuliah.  Biaya KIP Kuliah akan diberikan selama 4 tahun masa sekolah

3. Sampoerna Foundation

Sampoerna Foundation merupakan bantuan pendidikan yang diberikan untuk membantu pelajar Indonesia oleh PT HM Sampoerna Tbk selama 8 semester mencangkup biaya bulanan, tunjangan, buku, kuliah dan internet. Beberapa persyaratan dapat dibaca secara detail melalui website sampoerna.

4. Kepemimpinan Teladan

Kepemimpinan Teladan Tanoto menyelenggarakan program teladan yang akan memberikan biaya kuliah, biaya hidup dan memberikan pelatihan kepemimpinan untuk membentuk figur pemimpin di masa depan melalui kegiatan-kegiatan pengembangan diri. Program kepemimpinan oleh Tanoto Foundation dimitrakan dengan beberapa kampus di Indonesia selama 3,5 tahun. 

5. Quipper Scholarship Award

Quipper Scholarship Award merupakan program bantuan pendidikan untuk mahasiswa S1 yang melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta. Bantuan ini mencangkup jenis pembiayaan full scholarship dan partial scholarship. Biaya full dapat berupa biaya selama masa studi. Sedangkan biaya sebagian merupakan pembiayaan biaya kuliah dengan memberi potongan sebesar 25% – 75%.

6. Quipper Scholarship Award

Cargill Global Scholars merupakan bantuan biaya pendidikan untuk membiayai kuliah selama masa studi. Bantuan ini selain memberikan bantuan untuk biaya kuliah dan biaya hidup. Cargill Global Scholars juga menyediakan program kepemimpinan seperti seminar, mentoring dan networking kepada penerimanya. Biaya yang diberikan oleh beasiswa ini kurang lebih setara Rp. 35. 000.000 selama dua tahun. Berbagai mentoring untuk merencanakan studimu juga akan diberikan ketika kamu menjadi salah satu penerima beasiswa ini. 

Itulah tadi merupakan beberapa beasiswa yang tersedia untuk program S1 di perguruan tinggi Indonesia dan beberapa informasi tambahan seperti tips untuk mendapatkan beasiswa. Buat kamu yang sedang memperjuangkan beasiswa, semangat ya!

Baca juga :

5 Website Rekomendasi Belajar TOEFL Gratis