,

5 Website Untuk Belajar IELTS Gratis

karirlab

IELTS (International English Language Testing System) merupakan ujian bahasa Inggris tingkat internasional untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menguasai bahasa Inggris. Pada umumnya seseorang yang mengambil pembelajaran IELTS ingin meningkatkan kemampuan bahasanya untuk studi lebih lanjut atau bekerja di luar negeri.  IELTS sendiri diselenggarakan oleh British Council, IDP, dan Cambridge Assessment English.

Penjelasan Sesi Dalam Tes IELTS

Apakah kalian tau, bahwa tes dibagi menjadi beberapa sesi? Tes ini dibagi menjadi 4 sesi antara lain : listening section, reading section, writing section, dan speaking section. Umumnya listening section, reading section, writing section dilaksanakan di hari yang sama, namun untuk speaking di hari yang berbeda. 

  • Listening section : Sesi yang berlangsung kurang lebih 30 menit. Terdapat empat rekaman yang harus didengarkan oleh peserta, yang kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan.
  • Reading section : Sesi yang berlangsung selama 60 menit. Peserta diminta untuk menjawab 40 soal termasuk membaca artikel, menentukan ide utama, argumen dan pendapat. 
  • Writing Section : Sesi yang berlangsung selama 60 menit. Kamu diminta untuk menyelesaikan 2 esai dengan topik yang telah ditentukan.  
  • Speaking Section : Sesi ini berlangsung kurang lebih 15 menit. Kamu diminta untuk berkomunikasi menjawab pertanyaan dari penguji menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaan bisa terkait dirinya sendiri dan sebuah topik tertentu. 

Kenali manfaat menguasai IELTS

  1. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang diakui oleh dunia
  2. Mempermudah pengajuan visa 
  3. Menambah nilai ketika melamar kerja diluar negeri maupun di dalam negeri
  4. Meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa 

Tips Belajarnya nih guys …

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mudah menguasai IELTS antara lain kamu harus menentukan tujuan dari mengikuti tes ini. Kemudian belajar bahasa Inggris melalui les tambahan atau guru privat. Selanjutnya tingkatkan skill writing dan speaking serta selalu pelajari materi reading dan listening

Lantas berapakah biaya melakukan tes ? 

Biaya melakukan tes IELTS tidaklah murah. Biaya sekali tes mencapai Rp. 2.800.000 – Rp. 3.000.000 dengan sertifikat yang berlaku selama 2 tahun lamanya. Maka dari itu, sebelum melakukan tes, diharapkan kamu mempersiapkan uji coba dengan baik melalui beberapa website rekomendasi untuk belajar IELTS secara gratis seperti dibawah ini, yuk simak! 

1. IELTS For Free

 

website friendly untuk kamu yang ingin belajar persiapan tes. Beragam konten yang disediakan antara lain materi, tes komprehensif sesuai dengan tipe ujian, materi menggunakan video visualisasi, fitur pertanyaan untuk mengasah pemahamanmu.

2. IELTS-EXAM

english-exam
english-exam

English-exam.org merupakan website untuk belajar IELTS dengan menyediakan banyak fitur seperti untuk mengasah kemampuan listening, vocabulary, grammar dan speaking.  Beberapa latihan soal untuk ujiannya juga tersedia pada website ini. Desain website juga sederhana sehingga lebih nyaman untuk dipandang. 

3. Ieltsbuddy.com  

ieltsbuddy
ieltsbuddy

Ieltsbuddy.com menyediakan berbagai konten untuk belajar IELTS. Banyak soal yang bisa kamu coba untuk belajar . Pada menu vocabulary kamu akan disajikan dengan berbagai topik seperti academic word list, idioms, collocation, dan lain-lain. Website ini menonjolkan beberapa materi di bagian grammar dan vocabulary. Serta memiliki fitur untuk memberikan masukan skill apa saja dalam proses belajarmu yang harus ditingkatkan lebih lagi. 

4. Ielts-simon

Ielts-simon

website untuk mengasah kemampuan kamu sebelum menempuh ujian IELTS secara langsung. Melalui situs ini kamu dapat berlatih soal, sekaligus mendapatkan feedback serta tips untuk mengerjakan soal yang kurang benar. 

5. Ielts-mentor

Ielts-mentor

Pada website ini, terdapat banyak materi ujian, soal latihan dilengkapi dengan fitur monitoring durasi pengerjaan. Beberapa soal juga telah dilengkapi dengan jawaban yang benar. Mock test juga tersedia pada website ini sehingga kamu bisa merasakan vibes yang sama dengan tes di dunia nyata. 

Nah, teman-teman itu tadi beberapa website rekomendasi untuk belajar IELTS. Ternyata banyak sekali ya yang harus dipersiapkan agar hasil tes kita maksimal. Gimana, sudah tertarik dan semakin semangat untuk belajar berbahasa Inggris? 

Baca juga :

10 Cara Mengendalikan Emosi dengan Meditasi