5  Rekomendasi Website Membuat Curriculum Vitae dan Contohnya

Curriculum Vitae

Curriculum Vitae merupakan dokumen yang penting dan dibutuhkan oleh semua orang. CV umumnya dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang mencari pekerjaan, sebagai dokumen persyaratan ketika ingin mendaftar organisasi, komunitas dan beasiswa. CV yang bagus dapat dikategorikan kedalam CV sederhana, tertata dan informatif. 

Lalu, bagaimana sih membuat CV yang sederhana, tertata dan informatif namun tetap menarik perhatian HRD? Simak tipsnya berikut ini : 

1. Tuliskan Informasi yang Sesuai

Informasi yang dituliskan pada CV merupakan data diri sesuai dengan posisi yang di apply. Data yang memiliki keterkaitan dengan posisi yang di apply lebih ditonjolkan agar memberikan nilai yang baik. Cantumkan pengalaman secara terstruktur sesuai kebutuhan dan yang paling terbaru. Beberapa data yang harus ada antara lain nama, kontak, alamat, prestasi dan skill serta pengalaman. Tuliskan kekuatan dan kelebihan kamu di awal pembukaan CV namun tetap singkat, padat dan jelas agar recruiter tertarik dengan profil kamu. 

2. Font tegas dan mudah dibaca

Curriculum vitae yang digunakan dalam pembuatan CV yaitu font yang tegas dan jelas, ukurannya mudah dibaca, dan tidak aneh bentuknya.  

3. Buatlah Curriculum Vitae To the Point 

Data yang kamu tuliskan pada lembar CV lebih baik merupakan data dengan detail yang jelas, padat dan singkat terkait tujuan kamu melamar bekerja. Tidak perlu kamu menuliskan data detail yang berlebihan. Halaman maksimal CV yaitu 1-2 halaman. Pada bagian penjabaran kegiatan apa saja yang pernah kamu lakukan, kamu bisa menuliskan pencapaian dan hasil ketika kamu melakukan kegiatan tersebut. Dan berikan penjelasan bahwa kamu memiliki banyak relasi dan koneksi.

4. Design sederhana

Desain CV yang baik merupakan desain yang sederhana, tidak berlebihan dalam warna dan perintilan lainnya. Recruiter umumnya menyukai desain yang simpel namun informatif dalam memuat data-data terkait diri kita sendiri. 

5. Penulisan Tujuan dalam Curriculum Vitae

CV yang sederhana, informatif namun dengan tujuan yang jelas tanpa bertele-tele akan semakin menarik perhatian recruiter dan perusahaan loh! Jadi maksimalkan ketika membuat tujuan didalam CV kamu, tuliskan kesan sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Kata-kata di akhir kalimat CV sebaiknya berupa rangkaian kata yang adaptif dan inovatif. 

WEBSITE UNTUK MEMBUAT Curriculum Vitae

Di era serba teknologi ini, kita dipermudah untuk membuat segala sesuatu. Salah satunya dalam membuat CV. Berikut merupakan website yang dapat membantu kamu dalam membuat CV :

1. Canva

CANVA

Situs ini menyediakan banyak template desain untuk kamu yang kebingungan untuk membuat CV. Template desain yang disediakan juga cukup banyak, mulai dari desain CV sederhana, modern, minimalis, profesional, kreatif.  Situs ini bisa digunakan melalui aplikasi dan website. Hasil CV juga dengan mudah di unduh. 

2. Resume.io

resume.io

Website resume.io banyak disukai oleh pembuat CV ATS friendly atau yang ingin membuat CV sederhana. Template desain dari resume.io memiliki desain agar dapat lolos ketika diseleksi dengan applicant tracking system. Desainnya cukup minimalis dan profesional. Selain itu, terdapat fitur untuk melakukan pengecekan ejaan atau automatic spell-checker untuk membuat CV berbahasa Inggris

3. CV maker

cvmaker

CV Maker merupakan website yang melayani penggunanya dengan sangat baik karena ketika membuat CV kamu hanya perlu mengisi data diri kamu melalui semacam form yang selanjutnya akan didesainkan menggunakan CV minimalis yang profesional. Website ini gratis, banyak sekali template profesional yang bisa digunakan. Dan hasil CV dapat diunduh dengan berbagai format seperti PDF, HTML dan TXT. 

4. Kickresume.com

kickresume

Kickresume.com merupakan website yang digunakan untuk membuat CV dengan desain simpel dan profesional. Banyak template desain sesuai dengan kelompoknya pekerjaannya seperti manufaktur, kesehatan dan IT. Fitur  proofreading tersedia pada website ini untuk mendeteksi kesalahan pengejaan. Attachment file yang digunakan dapat untuk mengunggah gambar. 

5. VisualCV

visualcv

Website yang untuk karena pembuatan CV sangat mudah. Data diri kamu bisa didapatkan dari akun linkedin kamu loh. Template desain yang disediakan juga merupakan desain profesional sehingga mudah terdeteksi sistem. Kamu dapat mengetikkan infomasi-informasi tambahan di template yang sudah disediakan. 

Ingin tahu contoh Curriculum Vitae rekomendasi? Yuk Simak berikut ini!

Nah itu tadi 5 Rekomendasi Website untuk kamu yang kesusahan dan bingung membuat CV nih. Diatas juga ada nih saran untuk membuat CV Sederhana yang pasti dilirik oleh recruiter. Serta jangan lupa contoh-contoh CV yang bisa kamu jadikan patokan yaa!Semangat membuat CV sobat.

Baca juga :

4 Tips Persiapan Beasiswa LPDP