Body Email Lamaran Kerja adalah Halaman Utama Email Lamaran Kerja

Panduan Menulis Body Email Lamaran Kerja, Beserta dengan Contohnya

Bagian body email lamaran kerja adalah halaman utama email lamaran kerja kamu, bagian email yang langsung terlihat setelah pesan email tersebut dibuka. Apa yang kamu tulis di bagian ini haruslah bisa menarik perhatian, dan meyakinkan HRD untuk mau lanjut membaca berkas lampiran email kamu yang terdiri dari CV dan dokumen pelengkap lainnya.

Berikut di bawah ini dijelaskan tentang apa saja yang perlu kamu tulis di bagian body email lamaran kerja, kemudian bagaimana susunan struktur penulisannya, serta contoh-contohnya agar kamu bisa lebih mudah paham.

Apa yang diisi di body email lamaran kerja?

Body Email Lamaran Kerja Tak Ubahnya Surat Lamaran Kerja
Body Email Lamaran Kerja Tak Ubahnya Surat Lamaran Kerja

Pada dasarnya, apa yang kamu tulis di body email lamaran kerja tak ubahnya seperti di surat lamaran kerja. Dengan kata lain, body email itu sendiri ialah surat lamaran kerja kamu ketika kamu melamar pekerjaan melalui email.

Sebagaimana umumnya surat lamaran kerja, body email lamaran kerja setidaknya mesti berisikan informasi-informasi seperti berikut ini:

  1. Maksud dan tujuan kamu mengirim email lamaran kerja.
  2. Posisi pekerjaan yang kamu lamar.
  3. Pengalaman dan kualifikasi kamu, tapi tuliskan hanya yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang lagi kamu lamar.
  4. Kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan.
  5. Salam penutup.
  6. Kontak yang bisa dihubungi.

Struktur Body Email Lamaran Kerja

Unsur-unsur yang perlu kamu tulis di body email lamaran kerja, seperti yang telah disebutkan di atas, disusun sedemikian rupa dengan struktur seperti berikut ini.

1. Salam Pembuka

Isi body email lamaran kerja diawali dengan salam pembuka yang ditujukan kepada tim perekrutan, dan disampaikan dengan gaya bahasa formal. Apabila kamu sudah mengetahui nama HRD atau tim perekrutan, tak jadi masalah kalau kamu menyebutkannya secara spesifik.

Contoh:
Yth. Ibu Melisa Constantia
Yth Manager HRD [nama perusahaan]
Yth HRD (nama perusahaan)

2. Paragraf Awal

Di paragraf awal, perkenalkan identitas diri kamu secara singkat. Kemudian, sampaikan bahwa maksud dan tujuan kamu mengirim email adalah untuk tujuan melamar pekerjaan.

Tambahkan keterangan di mana, tanggal berapa, dan bagaimana kamu menemukan informasi lowongan pekerjaan tersebut. Kalau kamu dirujuk oleh teman/ kolega, kamu juga bisa tuliskan di paragraf ini.

Contoh:

  • Perkenalkan saya (nama lengkap). Melalui Job Portal Jobstreet.com, saya menemukan lowongan untuk posisi (posisi yang kamu lamar) dan tertarik untuk bisa bergabung dengan perusahaan (nama perusahaan).
  • Perkenalkan, saya Fristi Marselia Pardede. Saya melihat informasi lowongan pekerjaan posisi Content Writer di postingan akun instagram depanlayar.id pada tanggal 18 September 2022. Melalui email ini, saya berniat untuk melamar posisi tersebut dan bergabung di PT Sylvalestari.

3. Paragraf Tengah

Selanjutnya, di bagian ini, ungkapkan ketertarikan kamu terhadap posisi pekerjaan yang kamu lamar, dan jelaskan mengapa kamu merupakan kandidat yang sesuai untuk posisi pekerjaan tersebut.

Uraikan secara singkat mengenai pengalaman dan keterampilan kamu yang relevan dengan posisi lowongan pekerjaan. Jika kamu seorang fresh graduate, belum punya pengalaman kerja, secara singkat ceritakan pengalaman organisasi atau magang kamu, tentu hanya yang relevan dengan posisi pekerjaan yang lagi kamu lamar.

Bukan berarti yang kamu tulis di bagian ini didapat cuma dari menyalin secara langsung resume. Kamu perlu rangkai paragraf ini sehingga menjadi kalimat yang lebih singkat, efektif, tapi tetap informatif.

Contoh:

  • Setelah membaca deskripsi dan kualifikasi pekerjaan (posisi yang kamu lamar), saya yakin kemampuan dan pengalaman kerja saya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Saya pernah bekerja sebagai (posisi sebelumnya) selama (periode). Dengan begitu, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan ke depannya.
  • Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Jurnalis di PT Rasamala selama lebih dari 3 tahun. Selama bekerja di perusahaan tersebut, saya telah melakukan liputan berbagai berita mulai dari hard news, seperti politik, bencana alam, kriminal, dan ekonomi, juga liputan jenis berita soft news, seperti hiburan, dan gaya hidup. Saya juga menguasai pembuatan naskah berita.

4. Paragraf Akhir

Body Email Lamaran Kerja Jangan Sampai Kosong
Body Email Lamaran Kerja Jangan Sampai Kosong

Paragraf terakhir memuat kesimpulan dari keseluruhan isi surat lamaran kerja kamu. Simpulkan dengan pernyataan yang menjelaskan mengapa kamu layak mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Jangan lupa sampaikan bahwa kamu telah melampirkan CV atau berkas lamaran yang diminta perusahaan. Juga ucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan HRD dalam proses lamaran kerja kamu. Yang terakhir sebagai pelengkap, ungkapkan rasa antusias kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh:

  • Dengan pengalaman (periode) dan minat saya yang tinggi di (nama erusahaan) sebagai (posisi yang kamu lamar), saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi (nama perusahaan). Bersama email ini, saya melampirkan CV dan portofolio sesuai dengan persyaratan. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di tim Bapak/Ibu.
  • Dengan pengalaman dan kualifikasi tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi PT Rasamala. Bersama email ini, saya lampirkan CV dan portofolio karya saya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Saya siap untuk mengikuti proses tahap selanjutnya.

5. Penutup

Pada bagian penutup email, kamu dapat menggunakan kata “Hormat saya”, “Regards” atau “Sincerely”’ yang diikuti dengan nama lengkap kamu di bawahnya.

Contoh:
Regards,
Melisa Constantia

Hormat saya,
Fristi Marselia Pardede

6. Signature

Yang dimaksud dengan signature adalah informasi kontak kamu yang dapat dihubungi oleh HRD. Kamu bisa mencantumkan nama lengkap, nomor HP atau nomor telepon, alamat email, juga akun LinkedIn kamu.

Contoh:
Melisa Constantia
081234567890
melisaconstantia
@gmail.com

Baca juga: 5 Poin yang Dilihat dari HRD CV Pelamar Kerja

Karena kamu sudah tahu, mulai sekarang, di bagian body email lamaran kerja, hindari menulis pesan teks yang cuma ala kadarnya, apalagi kosong melompong. Supaya apa? supaya HRD tertarik untuk lanjut buka dan baca lampiran CV dan berkas lamaran kamu. Yuk, bisa yuk ^^

Referensi :
Alyson Doyle, thebalancecarrers.com, diakses 10 Agustus 2022
Indeed Editorial Team, diakses 10 Agustus 2022