Self Healing ,Kekuatan untuk Bangkit dari Trauma

Self-Healing, Kekuatan untuk Bangkit dari Trauma

Setiap orang pasti pernah mengalami saat-saat yang kelam.  Frustrasi, kekecewaan, traumatis atas kegagalan sekolah, pekerjaan, putus cinta .  

Perasaan yang sangat mendalam atas segala kesedihan itu tidak bisa diobati oleh orang lain kecuali oleh dirinya sendiri.  Pengobatan oleh dirinya sendiri itu disebut dengan self healing.

Apa self healing?

Self healing adalah proses pemulihan terjadinya gangguan psikologis, trauma, kekecewaan yang mendalam.

Saat perasaan itu terjadi, kita tidak mungkin bercerita kepada orang lain yang tidak mengenal siapa diri kita.  Banyak alasan kenapa kita tidak bisa cerita kepada orang yang belum mengenal kita, contohnya orang yang dekat pun belum tentu dapat dipercaya. Apa yang diceritakan, mungkin bisa jadi bahan rumor ke semua orang .

Siapa yang dapat menyembuhkan self-healing?

Kamu sendiri karena kita hidup dalam dunia yang sulit. Kesulitan atau kegagalan bukan berarti kita harus melarikan diri.  Tetapi justru kesulitan dan kegagalan jadi pembelajaran agar kamu makin tangguh dalam menghadapinya.

Cara menyembuhkan Self-Healing

1.Self acceptance atau menerima diri sendiri

Penerimaan diri sendiri sangat penting karena kamu bisa menghargai dirimu sebagaimana adanya, kebaikan dan keburukanmu.  Jangan meniru atau menjadi orang lain.

Jika kita hanya berkonsentrasi kepada sesuatu yang buruk, maka hal itu akan memperburuk keadaan dan akan mempengaruhi masa depanmu.

Kamu harus meluangkan waktu bagaimana memperbaiki sisi buruk yang ada dalam dirimu. Lalu, pertahankan sisi baikmu . Menerima apa yang kamu alami dengan lapang dada, mungkin kamu belum bisa jadi juara atau menang dalam pertandingan saat ini.

2.Jangan menyerah apa yang kamu impikan

Setiap orang termasuk kamu, boleh bermimpi apa saja.  Mimpi itu memang indah.  Bermimpi jadi suatu harapan bagi kita untuk mewujudkannya.  Tentu mimpi bukan hal yang muluk di luar kemampuan kita.

Jangan lekas kecewa apabila impian itu belum juga terjadi atau tidak sesuai dengan kenyataan.  Tak perlu menyesal karena semua akan memperburuk keadaan.

Dengan adanya self healing kamu bisa menghargai impian itu mewujudkan dengan usaha yang lebih keras atau strategi lain.

Baca juga: Pentingnya Leadership Bagi Karirmu

3.Maafkan diri sendiri

Ketika kita melakukan kesalahan baik itu pekerjaan atau perbuatan tercela, kamu harus mampu untuk memaafkan dirimu sendiri.  Manusia tidak ada yang sempurna, jadi kita tak perlu memaafkan diri sendiri.

Apabila itu menyangkut orang lain, kamu bisa minta maaf kepada orang lain. Dengan begitu, sakit hati orang lain tidak terjadi. Kamu terlepas dari self healing setelah adanya pengampunan dari orang lain.

Hidup tidak boleh terus menerus merasa bersalah, hal ini akan merugikan kehidupan kita sendiri. Beban itu akan menjadi beban berat di masa depan. 

Menyambut masa depan dengan bahagia selepas dari self healing. BErikan kesempatan bagi dirimu untuk bisa minta maaf dengan diri dan orang lain.

4. Buat what-to-do-list

Dalam melanjutkan hidup, ada system yang disebut “what to do list” yang dapat membantu kamu untuk bisa mencapai target dalam penyembuhan self healing.   Contohnya, lakukan 1.000 langkah setiap hari, makan buah dan sayuran, bermeditasi setiap malam.

Buatlah secara rinci dari apa yang kamu inginkan, apa kemajuan tiap hari dan perasaan positif apa yang timbul saat kamu bisa mencapainya.

5.Melakukan kegiatan positif

Di akhir pekan, pasti kamu punya banyak waktu.  Gunakan untuk mengurangi stress dengan melakukan kegiatan positif seperti dengarkan lagu, berikan atau sebarkan cerita dengan nilai hidup yang bagus, menelpon orang yang sakit.

Usahakan untuk tidak membaca koran dengan berita yang sangat tidak baik, perang, kenaikan harga dan sebagainya.

6.Berolahraga secara rutin

Olahraga itu merupakan hal yang berkaitan dengan self healing. Ketika pikiran dan tubuh itu sehat , otomatis jiwa kamu juga sehat.

Jangan berolahraga saat mood kurang baik.   

Usahakan untuk olahraga setiap hari cukup 30 menit untuk menambah kekebalan tubuh dan memperbaiki suasana  hati

7.Menulis ekspesif

Menulis dengan perasaan terdalam akan membuat suatu tulisan yang penuh makna. Bahkan, kamu akan berhasil untuk meredakan emosi yang terdalam. 

Apabila tulisan itu bersifat personal atau pribadi, jangan diterbitkan, cukup dimasukkan dalam diary saja.   Penyembuhan emosi itu akan memberikan sudut pandang yang berbeda saat kamu sudah masuk tahap sembuh.

8.Self Compassion

Self compassion adalah memahami keadaan emosi atas penderitaan yang dialami.   Cara self healing ini bermanfaat untuk memahami diri sendir.

Self compassion dapat meningkatkan kepedulian terhadap orang lain, membebaskan masa lalu yang menakutkan.

9.Meditasi

Dalam ruang yang tenang,nyaman  tanpa ada kegaduhan suara, kamu bisa memulai bermeditasi. Meditasi dengan kekuatan dari ilahi, berdiam diri , mindfulness, menghadapi apa yang ada di dalam ruang depan kita.  Tanpa ada Analisa dan berefleksi dengan keluarkan dan masukkan nafas.

10. Berlatih pernafasan

Dengan duduk tegak di kursi, lakukan pernafasan .  Tutup satu hidung kanan dan hirup udara di hidung kiri hidung , lalu hitung hingga 6 hitungan.

Bernafas dengan hidung bukan dengan mulut. Lalu lakukan sebaliknya dalam jangka waktu 5-10 menit. Pernafasan menenangkan pikiran dan emosi.