Strategi Negosiasi Bisnis Ampuh Agar Mencapai Kesepakatan

dua orang sepakat dengan bersalaman

Strategi negosiasi bisnis harus dipersiapkan sebelumnya, karena negosiasi merupakan hal yang sangat mengandalkan trik. Selain harus mempunyai soft skill seperti kemampuan komunikasi yang baik, kamu harus menggunakan strategi yang tepat untuk mencapai kesepakatan.

Negosiasi sendiri terkadang membuat kekalahan pada satu pihak apabila perhatian dan suasana negosiasi dimenangkan oleh pihak lainnya. Untuk itu, ada beberapa aspek yang harus ditunjukkan agar negosiasi mudah dilaksanakan. Jadi, strategi negosiasi bisnis merupakan langkah penting yang harus dipelajari yang menjadi pemenangnya.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut beberapa strategi negosiasi bisnis yang ampuh untuk mencapai kesepakatan.

Strategi Negosiasi

1. Gunakan bahasa tubuh yang tepat

Komunikasi bukan soal berbicara lewat suara antara satu sama lain saja. Namun, terdapat komunikasi nonverbal yang kamu gunakan sebagai strategi negosiasi bisnis. Ketika kamu sedang bicara, gunakan juga bahasa tubuh seperti ekspresi wajah agar dapat memperjelas komunikasi.

Selain itu, saat proses pengambilan keputusan cobalah untuk mengontrol bahasa tubuh agar tampak profesional. Jika kamu menerima, cukup mengangguk dan tersenyum sebagai pertanda penggunaan bahasa tubuh untuk menerima.

Baca juga: Bagi Kamu Kuliah Sambil Kerja, Berikut Tipsnya Agar Berjalan Lancar

2. Biasakan untuk mendengar sebelum bicara

Proses dealing tentu sebelumnya membutuhkan pemahaman yang lebih akan suatu hal. Jadi sebelum itu, mulailah untuk mendengar pembicaraan klien dan coba untuk memahami. Selain dapat membangun hubungan harmonis dengan klien, kamu dapat memahami kebutuhan klien dan coba mencarikan solusi yang dapat diambil.

Tentunya, setiap kebutuhan mereka kamu tawarkan yang bernilai tinggi bagi mereka namun tidak bernilai cukup tinggi bagimu. Jangan sampai pembicaraan menjadi menggebu-gebu karena negosiasi bisnis yang baik harus tenang dan menyesuaikan atmosfer.

3. Lakukan negosiasi dengan decision maker

Strategi negosiasi yang dapat kamu terapkan berikutnya yaitu berbicara langsung dengan orang yang akan mengambil keputusan. Mengapa ini penting? Karena proses dealing yang langsung kamu ajak bicara.

Sebut saca contohnya kamu adalah seorang sales yang meyakinkan seorang remaja yang ingin membeli sebuah mobil. Disini, coba cari tahu decision maker atau orang yang mengambil keputusan apakah remaja tersebut, orang tuanya, atau orang lain.

Setelah mengetahui siapa decision maker, maka persiapkan strategi dengan melakukan pendekatan pembicaraan serta menggunakan cara bicara yang relevan agar terwujudnya proses dealing yang menguntungkan.

4. Mengerti dengan posisi klien dan memahami kebutuhannya

Selalu ingatlah bahwa klien yang kamu ajak bernegosiasi mempunyai tujuan serta perasaan. Berpikirlah menjadi seorang sales dimana sales itu bukanlah pekerjaan tunggal. Untuk unggul satu langkah, maka kamu harus understanding dan multitasking.

Coba pahami apa harapan klien mengenai suatu produk yang ditawarkan. Lewat strategi negosiasi, pastinya akan lebih mudah mengetahui harapan, kebutuhan, perasaan klien terhadap produk yang ditawarkan. Jadi, besar harapannya kamu sebagai pemegang suasana pada negosiasi berlangsung.

5. Tetap tenang selama proses negosiasi berjalan

Selama proses, kadangkala sering dihadapkan dengan klien yang sulit mengerti dengan mengatakan produk kurang bagus atau tawaran harga jauh dari ekspektasi yang kamu inginkan. Di tengah situasi negosiasi yang kian memanas, pikiran menjadi tertekan dan mengakibatkan kecemasan dalam dirimu.

Jangan sampai kecemasan membuat situasi bertambah buruk. Hal tersebut jangan sampai terjadi apalagi sampai membawa permusuhan dengan pelanggan. Jangan sampai merusak reputasi dirimu dan perusahaan karena terbawa emosi.

6. Perhatikan harga dan sesuaikan kebutuhan

Strategi negosiasi tentunya menjadikan harga sebagai salah satu patokan yang ingin diperbincangkan. Dari pihak sales maupun klien tentu sudah menyiapkan harga sesuai kebutuhan masing-masing.

Maka strategi dalam memberikan kisaran harga penting dilakukan saat negosiasi. Pasalnyam kedua belah pihak ingin mencapai kesepakatan yang dimana menguntungkan bagi mereka. Jangan berikan harga yang tidak masuk akal karena malah membuat pihak berlawanan jadi kurang percaya.

Selain itu, jangan juga memberikan diskon yang kelewatan yang akhirnya tidak mendapatkan keuntungan sepeserpun. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan yang ingin dicapai.

Itulah tadi 7 strategi yang bisa dipersiapkan dan terapkan dalam mencapai kesepakatan. Semoga negosiasi pada bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Referensi

7 Strategi Negosiasi Untuk Meyakinkan Klien Dan Mencapai Kesepakatan, Kamu Wajib Tahu!

Diakses pada 11 september 2022

7 Strategi Negosiasi yang Bisa Membantumu Meyakinkan Klien

Diakses pada 11 september 2022

6 Strategi Negosiasi Bisnis yang Ampuh untuk Capai Kesepakatan

Diakses pada 11 september 2022