Outfit Interview Kerja, dari Ujung Kaki sampai ke Ujung Kepala

Outfit interview kerja yang kamu pakai utamanya haruslah rapi dan sopan. Busana lebih formal dibutuhkan pada saat kamu wawancara di lingkungan pekerjaan yang lebih konservatif, seperti bank, BUMN, atau instansi pemerintahan. Sementara perusahaan dengan lingkungan kerja kasual, contoh perusahaan Start Up, industri kreatif, atau lembaga non-profit, lebih mungkin dengan busana semi formal.

Ketahui sedikit budaya perusahaan tempat kamu melamar. Usahakan outfit interview kerja kamu sesuai dengan lingkungan pekerjaan, juga posisi pekerjaan yang lagi kamu lamar. Terlalu rapi atau terlalu santai, justru terlihat aneh, yang pada akhirnya bikin kamu kurang nyaman dan tidak pede.

Berikut di bawah ini adalah masukan mengenai apa saja yang perlu kamu pakai agar tampil rapi dan sopan pada saat wawancara kerja. Juga dijelaskan mana outfit yang lebih pas untuk jenis interview formal, mana yang semi formal.

1. Atasan: kemeja, untuk wanita bisa blus atau dress

Atasan Kemeja untuk Outfit Interview Kerja
Atasan Kemeja untuk Outfit Interview Kerja

Kemeja berkerah adalah outfit paling pas untuk memberi kesan formal dan profesional. Kemeja lengan panjang berkerah sangat disarankan. Sementara lengan pendek hanya dianjurkan pada saat kamu menghadiri wawancara kerja semi formal.

Untuk wanita, tidak melulu kemeja. Pilihannya lebih beragam. Blus dan Dress mungkin opsi lain kalau kamu bosan pakai kemeja. Hanya saja, hati-hati dalam memilih jenisnya, beberapa blus dan dress, warna, motif, dan modelnya cenderung lebih semi formal.

Demi kenyamanan dan etika kesopanan, terutama untuk wanita, hindari memakai kemeja yang terlalu ketat atau terlalu terbuka.

2. Bawahan: celana bahan panjang, wanita bisa juga rok bahan, atau celana kulot

Celana berbahan denim, atau celana jeans, masih tidak dianjurkan, sekalipun wawancaranya di kantor atau tempat kerja yang lebih santai. Untuk pria, jenis celana bahan panjang terasa lebih formal dibanding jenis celana chino atau celana khaki, yang lebih meninggalkan kesan semi formal.

Selain celana bahan panjang, wanita punya pilihan lain, diantaranya rok bahan, atau jenis celana kulot dan pallazo untuk tampilan semi formal pada lingkungan tempat kerja yang lebih kasual. Dianjurkan untuk memakai rok dengan panjang rok sampai di bawah lutut.

3. Lebih formal dengan jas dan blazer

Outfit Interview Kerja Lebih Rapi dan Formal dengan Blazer
Outfit Interview Kerja Lebih Rapi dan Formal dengan Blazer

Agar tampil dengan kesan lebih rapi dan formal, pakailah jas, untuk pria, dan blazer, untuk wanita. Terutama jas, lebih sesuai digunakan dalam proses perekrutan untuk posisi pekerjaan tingkat level manajemen di lingkungan kerja yang lebih konservatif.

Di situasi interview kerja yang lebih kasual, penggunaan jas mungkin dinilai terlalu berlebihan di mata pewawancara. Kamu mungkin jadi kurang nyaman dan kurang percaya diri karena merasa berbeda dengan orang-orang sekitar.

4. Pilihan warna dan motif outfit interview Kerja

Untuk busana atasan, pilihlah warna-warna netral, seperti warna biru, putih, abu-abu, atau cokelat, dengan motif polos atau solid, terutama untuk wawancara di lingkungan yang lebih formal. Tidak masalah untuk kemeja bermotif, selama hanya pola garis-garis tipis, atau gambar kecil yang sederhana.

Baca juga: Jurus Jitu Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Sementara pada busana bawahan, warna hitam paling cocok dengan semua warna. Selama mix n match dengan busana atasan, warna coklat, krem, atau abu-abu bisa saja kamu pakai di situasi interview yang lebih kasual atau santai.

Seperti disampaikan dalam laman careerbuilder.com, Warna-warna terlalu cerah dan motif yang terlalu ramai mungkin saja mengalihkan perhatian pewawancara. Jangan-jangan pewawancara menghabiskan lebih banyak waktu untuk bertanya-tanya tentang pakaian kamu daripada pengalaman dan keterampilan kamu.

5. Wawancara pakai hijab

Untuk wanita yang menggunakan hijab, gunakan kerudung bermotif polos, dan berwarna netral atau lembut. Kamu boleh saja mengenakan hijab bermotif, asalkan coraknya mesti sederhana, dan kemeja yang kamu pakai motifnya polos atau tanpa motif.

6. Dasi, ikat pinggang, dan jam tangan

Outfit Interview Kerja Kenakan Jam Tangan agar Tampil Lebih Elegan
Kenakan Jam Tangan agar Tampil Lebih Elegan

Dasi hanya pas digunakan untuk jenis wawancara kerja formal. Pastikan dasi yang kamu pakai warnanya kontras dengan kemejanya. Kalau kemeja kamu warna lembut, pilih saja dasi warna gelap, begitu juga sebaliknya.

Pilih ikat pinggang warna hitam. Kalaupun warna lain, akan terasa lebih pas jika warnanya sama dengan sepatu atau jam tangan kamu.

Kenakan jam tangan supaya tampil lebih elegan. Jam tangan jenis strap stainless, atau paling tidak jenis analog, paling pas untuk wawancara formal. Untuk wawancara yang lebih kasual, pilihan jam tangan lebih bebas asalkan warnanya tidak mencolok.

7. Sepatu menutupi seluruh bagian kaki

Terutama untuk pria, sepatu harus menutupi seluruh bagian kaki. Sepatu pantopel atau boot bahan kulit maupun sintesis untuk yang lebih formal, sedangkan jenis sneakers untuk semi formal. Dilarang keras menggunakan sendal, sepatu futsal, atau sepatu crocs.

Untuk wanita, kamu bisa memilih sepatu dengan ujung yang tertutup. Jari-jari kaki yang masih terlihat meninggalkan kesan tidak formal. Pastikan sepatu kamu sudah bersih pada saat digunakan.

Baca juga: Bagian “Tentang Saya” di CV, Lengkap Disertai dengan Contoh

Bukan karena barang branded, selama outfit yang kamu pakai sesuai dengan situasi interview kerja, kamu bakal nyaman dan percaya diri. Semua yang disebutkan di atas ada dalam lemari pakaian kamu. Tinggal kamu mix n match agar kamu tampil rapi, sopan, formal, dan profesional, tapi tetap kece.

Selamat pilih-pilih outfit, tapi jangan lama-lama ya, nanti malah telat datang interview ^^

Referensi:

Referensi:
press.careerbuilder.com, Study Looks at Best and Worst Colors to Wear in a Job Interview, diakses 8 Agustus 2022
thebalancescareers.com, The Best Colors to Wear to a Job Interview, diakses 8 Agustus 2022
fitinline.com, perbedaan celana khaki dan celana chino, diakses 9 Agustus 2022