Kuliah Sambil Kerja, Berikut Tantangan Yang Akan Dihadapi

ilustrasi memecahkan masalah saat kuliah sambil kerja

Menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa memang tidak dipungkiri dihadapi dengan banyak pilihan, salah satunya kuliah sambil kerja. Waktu mahasiswa terbilang fleksibel akibat dapat membuat Kartu Rencana Studi (KRS) sehingga dapat menyesuaikan waktu untuk kapan ikut kelas.

Bagi kamu yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa namun ingin untuk mencoba bekerja, tentunya terdapat tantangan yang harus dihadapi. Kuliah sambil bekerja tidak hanya pandai-pandai manajemen waktu saja, namun banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Lantas, apa saja tantangan saat menjalani kuliah sambil kerja? Simak ulasan di bawah ini agar nantinya kamu tidak tersesat di tengah jalan.

Tantangan Kuliah Sambil Kerja

1. Waktu istirahat jadi berkurang saat kuliah sambil kerja

Ketika kamu mengambil waktu kuliah dan juga kerja, berarti waktu setiap saat nya cenderung diposisikan pada kegiatan kuliah dan juga bekerja. Dari sini, resiko jam istirahat jadi berkurang kemungkinan besar akan terjadi.

Apalagi jika jam kerjamu mengikuti jam kerja kerja pada umumnya dan bekerja secara offline, tentu kamu harus memilih kuliah di luar jam kerja seperti mengambil kelas karyawan. Jadi, jangan pernah untuk menunda pekerjaan agar tidak menjadi beban di waktu berikutnya.

2. Tubuh Kelelahan

Akibat faktor kuliah, bekerja dan kurangnya waktu istirahat, kondisi tersebut jelas membuat tubuhmu menjadi kelelahan. Jika mengambil jam kerja reguler dan mengambil kelas karyawan di malam harinya, itu artinya kamu seharian akan melakukan aktivitas dengan pikiran dan tenaga yang harus fit.

Selain itu, waktu kuliah sering dihadapkan dengan tugas yang akan membuat pikiran menjadi cepat lelah. Belum lagi jika minggu ujian, tentunya banyak aktivitas yang akan dijalankan.

Baca juga: Strategi Negosiasi Bisnis Ampuh Agar Mencapai Kesepakatan

3. Kemungkinan mengesampingkan kuliah atau pekerjaan

Dunia pekerjaan memang kadang mengasyikan ketika kamu dapat menikmati pendapatan atas pekerjaanmu. Namun dari sini, kamu harus berhati-hati pada posisi kuliah dan juga kerja.

Akibat pada salah satu kegiatan lebih disukai berakibat akan mengabaikan kegiatan yang satunya. Begitu pula saat kuliah sambil bekerja, kamu harus memiliki komitmen untuk memprioritaskan kuliah dan juga pekerjaanmu. Terkadang ini memang sulit, namun perlu diingat bahwa kedua aktivitas itu sama pentingnya.

4. Pintar-pintar manajemen waktu

Waktu merupakan hal yang sangat berharga ketika kuliah dan bekerja dilakukan berbarengan. Bagaimana tidak, kondisi kuliah sambil bekerja harus pintar memanajemen waktu tidak hanya kuliah dan bekerja saja, tapi untuk kegiatan healing dan kegiatan lainnya.

Program kelas karyawan menjadi pilihan yang tepat karena akan lebih mudah mengatur waktu kuliah ketika bekerja. Program ini biasanya tersedia di perguruan tinggi dan dikhususkan pagi pekerja.

5. Menghadapi permasalahan baru

Menjalani dua aktivitas tentunya peluang terciptanya suatu permasalahan akan lebih tinggi. Disini, manajemen waktu merupakan hal yang harus kamu tekankan.

Terkadang, kondisi kuliah sambil bekerja membuat kualitas di tempat kerja menjadi menurun. Perfomance di tempat kerja kerap kali diganggu oleh keadaan yang overthinking mengenai suatu hal. Seperti memikirkan tugas kuliah yang tidak kunjung selesai dan permasalahan lainnya.

6. Tidak mampu beradaptasi pada kegiatan baru

Penelitian menyatakan bahwa keberhasilan studi mahasiswa batu dikaitkan dengan beberapa faktor salah satunya penyesuaian diri.

Apabila kamu ingin kuliah sambil bekerja pada saat berstatus sebagai mahasiswa baru, maka seringkali menyempatkan waktu untuk beradaptasi di lingkungan kampus.

Melakukan dua aktivitas seperti kuliah sambil kerja memang bukanlah perkara yang mudah, namun jangan putus semangat.

Jika kamu dapat menghadapi tantangan-tantangan tersebut, berarti kamu sudah siap melangkah untuk kuliah sambil kerja. Apabila kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, kuliah sambil kerja akan terasa lebih mudah. 

Jadi, kamu hanya perlu fokus untuk memanajemen waktu dan tenaga saat kuliah sambil kerja. 

Referensi

Bukan Hal yang Mudah, Begini Dilema Kuliah Sambil Kerja

Diakses pada tanggal 7 September 2022

Faktor Penghambat Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru

Diakses pada tanggal 7 September 2022

Penelitian Oetomo, Yuwanto, dan Rahayu (2017)

Diakses pada tanggal 7 September 2022