Pekerjaan Desain Grafis: Simak Definisi, Tugas Hingga Prospek Kerja

Bagi yang hobi menggambar, pekerjaan sebagai seorang desain grafis mungkin saja cocok untuk ditekuni. Sampai saat ini, keahlian menggambar yang menghasilkan karya-karya unik banyak diminati oleh perusahaan.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak startup memerlukan jasa desain grafis untuk pemenuhan konten mereka. Berbagai industri mulai dari manufaktur, transportasi tidak lepas dari penggunaan desain.

Lalu, apakah kamu tertarik dengan pekerjaan desain grafis? Namun sebelum itu, coba untuk memahami definisi desain grafis terlebih dahulu.

Apa itu desain grafis

Desain grafis atau juga dikenal graphic designer berasal dari dua kata yaitu kata desain dan grafis. Desain merupakan gambar, atau ilustrasi yang memberikan tampilan terhadap suatu objek. Sedangkan grafis merupakan komunikasi visual yang dirancang menggunakan elemen titik dan garis yang membentuk sebuah gambar.

Dasi sini, bisa ditarik kesimpulan bahwa desain grafis merupakan ilmu dalam menciptakan sebuah gambar atau ilustrasi yang menggunakan suatu rancangan dan kreativitas. Seorang dengan profesi sebagai seorang graphic designer wajib bisa menghasilkan konsep secara manual ataupun memakai software komputer.

Bagi pemula, tentunya membuat suatu karya grafis bukan hal yang mudah. Kamu harus memahami konsep dasar desain dan alat alat yang digunakan. Belum lagi jika membuat desain menggunakan komputer, kamu juga harus paham akan fungsi dari setiap tools pada software desain.

Baca juga: 7 Strategi Menentukan Lokasi Usaha Untuk Meraih Keuntungan

Apa saja tugas seorang graphic designer

Seorang graphic designer mampu bertanggung jawab dalam mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar tersimpan sebuah pesan dan menarik pemirsa. Selain itu, seorang graphic designer harus aktif bertanya dengan klien agar dapat merepresentasikan maksud dan keinginan klien.

Manajemen waktu juga penting dikuasai seorang desainer grafis karena sebuah karya memerlukan waktu dalam mengerjakannya. Jadi, perlu memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam menuntaskan pekerjaan.

Secara umum, tugas seorang graphic designer adalah sebagai berikut.

  • Membuat konsep dari informasi yang berkaitan dengan desain yang akan dibuat.
  • Bertemu dengan klien jika dibutuhkan untuk mencari informasi tambahan sebagai rancangan dalam pembuatan desain.
  • Mengilustrasikan konsep desain dengan membuat sebuah draft.
  • Melakukan brainstorming dengan klien dan memberi masukan akan desain yang dibuat.
  • Membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo, banner.
  • Mempresentasikan hasil desain kepada pihak klien.
  • Melakukan revisi atas masukan jika diperlukan.
  • Melakukan quality check desain sebelum dilakukan tahap percetakan agar dapat menghindari kesalahan akibat human error.

Prospek kerja desain grafis

Jika melihat dari setiap lini industri, maka profesi seorang graphic designer diperlukan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Berikut ini prospek kerja graphic designer yang perlu kamu ketahui.

1. Graphic Designer

Profesi yang satu ini ada di banyak perusahaan, terutama perusahaan industri kreatif. Seseorang graphic designer biasanya dibutuhkan pada industri perfilman, periklanan, atau bahkan video games.

2. Web Designer

Web designer merupakan bagian dari front end developer. Tanggung jawab seorang web designer yaitu membuat desain tampilan website sesuai dengan keinginan klien. Seorang web designer biasanya akan terlebih dahulu mendalami bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain web.

3. Animator

Film kartun merupakan hasil karya dari seorang animator. Bagi kamu yang hobi desain, tidak salah untuk mencoba menjadi seorang animator. Kamu bisa mencoba mempelajari animasi 2 dimensi terlebih dahulu jika ingin menjadi seorang animator.

4. Fotografer

Sejatinya, fotografi masih termasuk ke dalam lingkup desain. Seorang fotografer dalam menggunakan skill desain yang dimiliki untuk melakukan pengeditan seperti menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan lain sebagainya.

5. Videografer

Menjadi seorang videografer tentunya bisa membuat video yang sekreatif mungkin. Dalam membuat video yang menarik, bakat desain dibutuhkan dengan memoles video agar lebih menarik.

6. Ilustrator

Ilustrator menjadi pekerjaan yang dibutuhkan banyak perusahaan. Pasalnya, dalam pembuatan media dan sarana pendukung, perusahaan memerlukan memerlukan profesi ilustrator. Seorang ilustrator bekerja dalam pembuatan proyeksi iklan dan lain sebagainya.

Gimana, apakah tertarik dengan pekerjaan desain grafis? Profesi sebagai seorang graphic designer tidak dapat dipandang sebelah mata. Apalagi jika karya yang dibuat menarik, hasilnya pasti akan fantastis.

Referensi

https://repositori.kemdikbud.go.id/11838/1/9-Desain-Grafis-OK.pdf. Diakses pada 15 september 2022.

Profesi Desain grafis: Definisi, Tugas, Gaji dan Prospek Kerja. Diakses pada 15 september 2022.

Profesi Desain Grafis: Tanggung Jawab, Prospek Kerja, dan Gaji. Diakses pada 15 september 2022.