Bagi Kamu Kuliah Sambil Kerja, Berikut Tipsnya Agar Berjalan Lancar

mengatur waktu

Tidak sedikit anak kuliahan yang kuliah sambil kerja. Tentu alasannya berbeda-beda, mulai dari waktu kuliah kebanyak free atau ingin mencari penghasilan di sela-sela waktu kuliah. Disamping itu, beberapa orang ingin mandiri sehingga gaji pekerjaan digunakan untuk meringankan biaya kuliah.

Kuliah dan juga bekerja memang membingungkan bagi beberapa orang yang belum paham akan mekanisme kuliah sambil kerja. Perlu kamu ketahui, terdapat tantangan yang akan dihadapkan seperti kesulitan memanajemen waktu. Apabila kamu tidak bisa membagi waktu, tidak menutup kemungkinan tidak bisa fokus kuliah maupun bekerja.

Agar keduanya aktivitas tersebut bisa fokus, disini kami akan membagikan beberapa tips agar kuliah dan juga sambil bekerja dapat berjalan lancar.

Tips kuliah sambil kerja

1. Mengambil jadwal kelas karyawan

Salah satu yang harus kamu cari tahu yaitu apakah di kampus menyediakan karyawan atau tidak. Seperti namanya, kelas karyawan memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sambil bekerja. Kelas karyawan biasanya tersedia di malam hari setelah jam kerja harian atau di hari sabtu atau minggu.

Beberapa kampus negeri maupun swasta memang menyediakan kelas karyawan. Jadi, bagi kamu yang mengambil kuliah sambil kerja cocok untuk memudahkan dalam mengatur waktu. Jadinya, kamu bisa tetap fokus kuliah dan juga bekerja.

Baca juga: Pekerjaan Desain Grafis: Simak Definisi, Tugas Hingga Prospek Kerja

2. Atur jadwal harian

Memang, kendala yang dihadapi saat kuliah sambil kerja yaitu cara mengatur waktu sehari-hari dengan baik. Maka dari itu, cobalah mengatur waktumu sejak hari ini.

Saat kuliah, kamu mungkin lebih memilih dari satu mata kuliah sehingga waktu yang digunakan juga bertambah. Begitu pula saat bekerja, mungkin saja ada jadwal meeting di tempat kerjamu. Jadi, susunlah jadwal agar memudahkan kamu mengerjakan semuanya dengan baik.

Selain itu, jangan lupa atur jadwal untuk beristirahat agar tubuhmu tetap fit saat kuliah dan bekerja.

3. Berusaha manajemen waktu dengan baik

Salah satu kegiatan yang disukai banyak orang yaitu waktu liburan. Liburan itu memang penting, bisa untuk refreshing atau hangout. Namun saat kuliah sambil kerja, jangan sampai liburan yang menghabiskan waktumu sehari-hari.

Bukan tidak diperbolehkan, namun disini kamu harus pintar membagi waktu untuk tetap fokus pada setiap kegiatan. Disinilah pentingnya manajemen waktu agar kegiatan lain tidak mengganggu kuliah dan pekerjaanmu.

4. Jaga kesehatan

Menghabiskan waktu seharian untuk kerja dan kuliah itu memang melelahkan. Jadi, kamu harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar tidak mengerjakan hal yang tidak penting.

Agar tetap fit dan bugar saat kerja maupun kuliah, maka istirahat itu hal yang sangat penting dilakukan. Saat ada sela-sela waktu diluar kuliah atau bekerja, kamu bisa memanfaatkan untuk beristirahat.

5. Memilih kuliah online jika ada

Agar kuliah sambil kerja terasa lebih ringan, cobalah mengambil kelas online jika tersedia. Jadi waktumu akan lebih lebar karena tidak perlu pergi ke kampus dan mengikuti kuliah secara daring.

Kuliah berbasis online dapat menghemat waktumu dan dapat menggunakan waktu tersebut pada aktivitas lainnya. Selain itu, kuliah online juga menghemat tenaga karena tidak perlu lagi pergi pulang kampus.

6. Sampaikan kepada atasan kerja

Hal yang wajib dilakukan yaitu menyampaikan kepada atasan terkait posisimu yaitu kamu juga kuliah. Saat-saat kuliah, terdapat kegiatan yang memerlukan izin di tempat kerjamu seperti melaksanakan sidang seminar proposal dan tugas akhir.

Lebih baik. bicarakan dengan atasanmu terlebih dahulu sebelum mengambil kuliah sambil bekerja jika bekerja sebelumnya. Hal ini penting dilakukan agar mempermudah langkahmu kedepannya.

Itulah beberapa tips bila ingin kuliah sambil kerja. Tetap fokus kepada aktivitas yang dijalankan dan jangan sampai kuliah atau pekerjaan menjadi terbengkalai.

Referensi

Jurnal Penyesuaian diri mahasiswa yang kuliah sambil bekerja

Diakses pada 14 september 2022

Trik Sukses Kuliah Sambil Kerja Agar Berjalan Lancar

Diakses pada 14 september 2022

6 Tips Kerja Sambil Kuliah yang Perlu Kamu Tahu

Diakses pada 14 september 2022