Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai dan Menerima Diri Sendiri

10 Langkah Sederhana Mencintai dan Menerima Diri Sendiri

Memberikan pelukan kepada diri sendiri adalah cara untuk mencintai diri dan menerima diri sendiri apa adanya

Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri? Sudahkah kamu menerima apapun keadaanmu? Sejenak cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, apakah kamu sudah melakukannya?

Mencintai diri sendiri berarti kita bisa menerima apapun yang ada dalam diri kita, sedangkan menerima diri sendiri adalah melakukan penerimaan terhadap diri sendiri, memandang diri sendiri apa adanya dengan rasa bangga dan berusaha untuk meningkatkan kualitasnya.

Diperlukan kesadaran agar kita bisa lebih menghargai diri sendiri dan tidak terus menerus menyenangkan orang lain, karena dirimu berharga dan berhak untuk bahagia. Kamu bisa mulai mencintai diri sendiri, dengan melakukan kebiasaan yang mudah dan sederhana seperti yang ada di bawah ini..

Cara mudah dan sederhana untuk mulai mencintai dan menerima diri sendiri :

1. Melakukan detox gawai elektronik

Istirahatkan dirimu dari melihat layar smartphone atau laptop yang dapat menguras pikiran. Bila perlu batasi membuka media sosial untuk mengurangi konsumsi berita negatif yang dapat memicu pikiran negatif terus-menerus. Lebih baik kamu melakukan hal baru untuk mengasah kreativitas atau bertemu teman lama.

2. Memaafkan masa lalu (inner child) dalam diri

Inner Child adalah diri bagian dari diri kanak-kanak dalam tubuh orang dewasa, yang menyimpan ingatan masa kecil dan emosi positif maupun negatif. Inner child yang terluka, terbebani, bebas dan eksploratif dapat mempengaruhi karakter seseorang.

Oleh karena itu, kita harus bisa menyadari dan menerima inner child tersebut kemudian melepaskannya dan berterima kasih telah menjadi bagian dalam hidup.

3. Meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time)

Cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai, hal sederhana yang bisa membuatmu senang dan bahagia, seperti membaca buku, mendengarkan musik, memasak dan lain-lain. 

4. Memperhatikan kebutuhan diri

Cobalah untuk memperhatikan apa kebutuhan dirimu yaitu merawat diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti :

  • Menjaga pola makan yang sehat sesuai jumlah, jenis dan jadwalnya
  • Minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap harinya
  • Melakukan olahraga rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit
  • Melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dan sebagai pendukung kesehatan
  • Istirahat yang cukup setidaknya¬† 6-8 jam setiap harinya
  • Menghindari hal-hal yang menyebabkan stres fisik, biologi, dan psikis

5. Jujur pada diri sendiri

Menerima segala sesuatu yang ada pada diri, semua kelebihan dan kekurangan maupun hal-hal yang memang benar apa adanya dalam diri. Misalnya, tidak memaksakan diri ketika sakit, mengakui jika berbuat kesalahan dan lain-lain. Ini dilakukan agar kamu tidak menekan dirimu sendiri dan merugikan orang lain.

6. Ucapkan kalimat positif kepada diri

Cobalah untuk memikirkan hal-hal positif dan katakanlah pada dirimu, agar kamu menjadi orang yang lebih percaya diri dan mencintai dirimu sendiri apa adanya. Kalimat positif juga dapat memotivasi diri dan membuatmu lebih semangat menjalani kehidupan sehari-hari.

7. Merayakan setiap keberhasilan yang sudah dicapai

Rayakan setiap pencapaian yang telah kamu raih, dengan perayaan sederhana untuk menyenangkan  diri sendiri. Sekecil apapun pencapaian itu akan membuatmu merasa bangga dan menghargai setiap usaha yang telah dilakukan.

8. Membersihkan rumah atau kamar

Salah satu cara mudah mencintai diri sendiri adalah membersihkan lingkungan tempat tinggal, termasuk kamar tidur yang menjadi tempat privasi. Melihat rumah bersih dan tertata rapi akan membuatmu lebih nyaman dan lebih semangat, bahkan kamu juga bisa menemukan inspirasi baru untuk dirimu.

9. Memberikan ruang untuk mengekspresikan diri

Jika suatu hari kamu mengalami kejadian buruk, jangan memendamnya. Berikan waktu dan ruang di rumah untuk meluapkan semua isi hati dan mengekspresikan segala emosi yang tertahan di dalam diri.

Dengan menulis atau berbicara sendiri, kamu bisa menempatkan diri sebagai orang lain untuk menilai diri sendiri secara objektif. Hal ini bisa membuatmu lebih fokus dan termotivasi menjadi orang yang lebih baik lagi.

10. Menjauh dari orang-orang yang berpengaruh buruk

Orang yang memberi pengaruh buruk adalah orang yang gemar melakukan hal negatif, dan dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain baik secara fisik maupun emosional. Lebih baik jauhilah orang seperti ini agar kamu tidak terkena dampak negatif dari perilaku mereka.

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana untuk mulai mencintai dan menerima diri sendiri. Mungkin setiap orang memiliki cara tersendiri, tetapi yang pasti setiap orang harus mencoba memulai mencintai dirinya sendiri sepenuh hati dan tanpa syarat. Yuk mulai mulai mencintai diri sendiri! Semangat berproses ya!

Sumber Referensi :

  1. Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan 7 Cara Mudah Ini
  2. 5 Langkah Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Anda Sudah Lakukan?