To-do List kunci sukses, efisisensi kerja dan kegiatan

To-Do List Kunci Menuju Efisiensi Kerja dan Kegiatan

Setiap orang pasti memiliki kegiatan.  Dari bangun pagi hingga jelang tidur di malam hari.  Kegiatan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga, sekolah, kuliah begitu banyaknya.   

Kadang-kadang  ada tugas yang sangat padat dan overlap.  Seolah 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas yang demikian banyaknya.

Padatnya tugas itu membuat kamu kehilangan tugas yang penting ,    Bahkan, kadang-kadang atasan terpaksa mengejar dirimu untuk menyelesaikan tugas yang seharus sudah jatuh tempo.

 Melesetnya tugas yang penting atau kelupaan melakukan tugas penting disebabkan oleh tidak adanya To-do List yang rapi dan benar.  

Pengertian To-Do List

Definisi To-Do list sangat sederhana.  To-Do List adalah serangkaian tugas yang perlu kamu kerjakan dan ingin selesaikan.  Pada umumnya, To-Do list ini merupakan list yang disusun berdasarkan prioritasnya.   Secara tradisional, To-Do list ditulis pada secarik kertas atau catatan atau buku pencatatan.

Alasan mengapa kamu membutuhkan To-Do List 

Salah satu alasan yang tepat mengapa kamu membutuhkan To-Do list adalah hal itu akan membantumu agar tetap  rapi dan teratur.

Jika kamu menuliskan semua tugas dalam sebuah list, hal ini sulit dilakukan karena kamu pasti bingung mana yang harus dilakukan terlebih dulu.  Tetapi jika kamu punya susunan dari tugas yang harus diselesaikan atau dikerjakan terlebih dulu, kamu pasti tetap focus.  Sementara kamu tetap bisa berpikir secara kreatif di waktu yang ada.

Ketika kamu selesai melakukan suatu tugas, kamu bisa melihat kembali kepada list.  Kamu merasakan bahwa ada kemajuan dan pencapaian,  tidak lagi merasakan harus berlarian dari suatu tugas satu ke tugas yang lainnya.  

Ketika kamu merasakan adanya pencapaian, kamu akan terus melanjutkan tugas yang lainnya dengan lebih lancar.

Berikut ini adalah keuntungan membuat  To-Do list

1.Memperbaiki Memori

To-Do List adalah alat bantu memori external.   Memori tak bisa menyimpan banyak informasi dalam suatu ketika.  Dengan adanya to-Do List ,kamu dapat mengatur atau memonitor seluruh kegiatan bukan hanya beberapa kegiatan yang harus dilakukan.   List itu juga menegaskan kepadamu informasi apa saja yang mungkin terlupakan.

2.Meningkatkan produktivitas

Kamu bisa memprioritaskan tugas yang penting.   Hal ini berarti kamu tidak perlu membuang waktu  untuk tugas yang tidak penting.   To-Do list juga membantu tetap fokus terhadap pekerjaan yang terpenting.

3.Membantu motivasi

To-Do list adalah alat motivasi yang sangat penting karena kamu dapat menggunakannya untuk klarifikasi goal atau tujuan hidupmu.   Kamu dapat membagi dari tujuan jangka panjang menjadi jangka pendek, tujuan jangka pendek yang dapat dicapai dan anda akan membuat tanda apa yang sudah dikerjakan,  hal ini akan membuat kepercayaanmu bertambah.

Cara Membuat To-Do List

Kamu perlu membuat list yang memprioritaskan tugas yang harus dilakukan.  List dari setiap  kegiatan yang harus kamu lakukan, tentunya  list tugas yang penting ada di paling atas, dan yang tidak penting ada di bagian bawah.

Dengan menyimpan list tersebut, pekerjaan ditulis dalam suatu tempat dimana kamu tidak melupakan yang paling penting.  Dengan memprioritaskan tugas dari pekerjaan yang akan diselesaikan,  pastikan kamu segera menyelesaikannya dan untuk tugas atau pekerjaan yang masih dapat ditunda

Terima kasih untuk teknologi yang membuat banyak aplikasi datang untuk membantu kita. 

Mengapa kita menggunakan aplikasi untuk To-DO list

  • Pekerjaan lebih mudah dan cepat diorganisasikan 
  • Ada bermacam cara untuk mengorganisasikan tugas
  • Setting prioritas
  • Reminder untuk yang deadline yang harus dilakukan
  • Pembagian tugas jika menggunakan task management with a team.  To-Do list memperkenankan untuk menunjuk seseorang yang punya kemampuan terbaik dalam pekerjaan
  • Mudah mensinkronkan beberapa aplikasi.

6 aplikasi To-Do List untuk mempermudah kerjamu 

Gunakan aplikasi To-Do list sesuai dengan kebutuhanmu.  Tentu fungsi aplikasi dan fiturnya berbeda satu dengan yang lain. Pandailah memilih aplikasi yang cocok dan efektif.

Berikut adalah aplikasi yang bisa dicoba:

1.Remember

Aplikasi ini termasuk aplikasi baru yang masuk dalam Editor Google Play.  Sangat mudah untuk menggunakan, tinggal digeser kiri-kanan dan memilih fungsi-fungsinya.

Fungsinya selain jadi To-DO list juga untuk pengingat jadwal dan sarana untuk mencatat ide yang timbul dan perlu kita simpan .  Tanpa gunakan screen lock.  Aplikasi ini juga menayangkan kata-kata tiap hari.

2.IKE

Ide aplikasi ini datangnya dari “7 Habit of Highly Effective People” saat menentukan prioritas.  Desainnya sangat menarik dengan warna-warna yang mudah digunakan.

Digunakan dengan prioritas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Dilengkapi dengan alarm pengingat untuk deadline dan tugas yang berulang tiap 3 hari, setiap bulan.

Untuk versi premium, fitur ini menawarkan fitur pengingat lokasi, perekam suara, akses ke tampilan tema yang beragam

3.Google Tasks

Penciptanya adalah google .   Google Task punya keunggulan yang mengagumkan yaitu sinkronisasi dengan Gmail dan Google Calendar.  Aplikasi ini bersinkronisasi dengan google Calendar atau Gmail.

Cukup sederhana untuk pengingat saja.

4.Microsoft To Do

Microsoft To-Do termasuk aplikasi yang canggih dan simple.    Terintegrasi baik dengan aplikasi lain seperti Outlook Mail.  

Cocok untuk melakukan tugas sekolah,kantor, rekan kerja dan keluarga.

5.Todoist

Aplikasi ini cocok untuk mengelola tugas yang kompleks. Sebagai contoh , siapa yang bertugas untuk tugas tertentu dan memberikan tugas kepada penanggung jawab.  Penanggung jawab akan memberikan tanda atau kode ketika dia menyelesaikan tugasnya.

Todoist tetap dianggap simpel , caranya dengan menggeser layar ke kiri atau ke kanan. Todoist dapat digunakan baik secara offline dan sinkronkan saat online.

6.ANY.DO

Aplikasi ini dianggap paling popular di Google Playstore.  Telah diunduh oleh 10 juta pengguna.

Selain fitur to do list, aplikasi ini bisa digunakan sebagai planner, kalender dan pengingat.  ANY.DO berkolaborasi untuk daftar tugas dengan jaringan, juga dapat digunakan untuk chat secara langsung dalam aplikasi

Baca juga: 10 Tips Jadi UMKM Naik Kelas

Pilihan tool sangat mempermudah bagi kamu untuk mulai gunakan aplikasi To-Do List.  Hidup dan pekerjaan jadi lebih terorganisir dengan baik dan lancar.