,

10 Karir Digital Menjanjikan, Simak Penjelasannya!

Sekarang ini banyak orang – orang merambah karir ke dunia digital. Karena perkembangan internet dan teknologi yang tidak habisnya, maka ini bisa menjadi peluang untuk membangun karir baru atau mengembangkan karir yang sudah ada.

Karena perkembangan tersebut banyaknya perusahaan baru berbasis tech dan juga perusahaan lama yang mengembangkan ke sayap teknologi. Jadi tidak ada salah mencoba peruntungan ke dunia teknologi.

Jangan khawatir berikut beberapa karir digital yang menjanjikan untuk kamu bisa coba.

1. Content Writer dan Copywriter

Content Writer dan Copywriter

Bagi kamu yang suka menulis boleh banget menjajal karir ini.  Sekarang ini banyak perusahaan membutuhkan tulisan yang menarik dan menjanjikan untuk menyebarkan produk mereka.

Selama manusia masih berkomunikasi dengan kata – kata, maka karir ini tidak akan menghilang begitu saja.

Profesi ini tidak akan bisa digantikan mesin karena masih membutuhkan kreativitas yang dibutuhkan untuk menarik para audiens. 

Dengan tulisan yang baik, benar dan dapat menyampaikan dengan pesan akurat, maka tulisan tersebut bisa menjadi nilai jual. 

2. Design Graphic

Design Graphic

Yang suka gambar dan mempunyai ide – ide kreatif bisa mengembangkan karirnya di dunia design graphic.

Perusahaan – perusahaan sekarang banyak mencari para design graphic yang unik yang bisa mempromosikan produk mereka secara menarik dan menyampaikan informasi tersebut ke masyarakat.

Tidak hanya berkarir di media, tetapi di berbagai industri yang menggunakan jasa desain, seperti konstruksi, manufaktur, maupun di bidang pendidikan.

3. Data Analyst

Data Analyst

Salah satu pekerjaan yang selalu dibutuhkan di setiap instansi adalah data analyst.

Kenapa? Karena data analyst saat ini dibutuhkan disetiap perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang akurat dan berbasis data yang bisa dipertanggung jawabkan.

Informasi yang didapatkan berdasarkan data yang relevan dan diolah untuk mencapai keputusan yang sesuai data tersebut.

Apalagi banyak perusahaan yang membutuhkan data analyst yang handal untuk bisa mengolah data mereka untuk keputusan bisnis mereka.

Jadi tidak ada salahnya masuk ke dunia ini jika kamu menyukai IT yang berbasis data.

4. Web Developer

Web Developer

Banyak perusahaan sekarang ini membangun web nya sendiri untuk memasarkan produk dan mengenalkan perusahaan mereka ke tengah masyarakat. Tentunya ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk mengembangkan karir di era digital ini. 

Peran web developer adalah untuk membangun sebuah web dengan menggunakan satu atau lebih bahasa pemrograman. Sehingga tampilan dan performa web dapat digunakan dengan baik dan user friendly.

Dengan adanya web sendiri diharapkan menjangkau konsumen yang lebih besar.

5. Content Creator

Content Creator

Seorang yang kreatif sangat cocok untuk karir ini. Menjadi content creator sangat menjanjikan untuk era digital sekarang.

Sekarang ini banyak influencer – influencer membagikan karya – karya mereka di media sosial. Mulai dari dunia kepenulisan, finance, bisnis dan juga lainnya. Media sosial menjadi sasaran yang tepat untuk membangun karir sebagai content creator.

Banyaknya audiens yang mencari informasi maupun mencari hiburan di sosial media sehingga cocok untuk menjadi ladang pekerjaan bagi orang – orang yang kreatif.

Tentunya dengan konten yang edukatif dan informatif dapat menggaet para audiens untuk melihat konten yang kamu buat.

6. Digital Marketing

Digital Marketing

Pernah dengar istilah digital marketing? Dengan kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk suatu brand.

Maka dari itu  digital marketer yang akan membantu hal tersebut untuk mendongkrak penjualan produk tersebut.

Dengan memanfaatkan platform digital, digital marketer melakukan promosi produk dengan cara melakukan market research, menyusun strategi marketing dan membuat konten digital untuk membangun brand awareness.

7. Social Media Specialist

Social Media Specialist

Sekarang ini perusahaan banyak menjangkau konsumen dari media sosial, informasi baik itu produk maupun jasa banyak ditawarkan di media sosial.

Karir ini cocok bagi kamu yang punya ketertarikan akan dunia media sosial. Dimana kamu akan bertanggung jawab akan mempromosikan produk mereka dengan membuat konten yang menarik para audiens di social media perusahaan tersebut.

Baca Juga : Social Media Specialist, Karir Menjanjikan Di Era Digital

8. SEO Specialist

SEO Specialist

Setiap mengetikkan kata kunci di mesin pencarian, pastinya kamu akan mengklik website yang paling atas. Kenapa website tersebut bisa menjadi yang teratas dalam mesin pencarian? Itulah pekerjaan yang dilakukan SEO Specialist.

Sesuai dengan pekerjaannya, SEO specialist bekerja untuk melakukan serangkaian teknik SEO atau Search Engine Optimization agar website bisa berada di posisi atas dalam mesin pencarian.

SEO specialist memiliki tugas untuk meningkatkan traffic website perusahaan, dan juga meningkatkan rangking pencarian di berbagai mesin pencarian.

Profesi ini juga menuntut kamu memahami dan memiliki pengetahuan tentang SEO copywriting, desain dan juga teknik iklan marketing yang dapat meningkatkan traffic website dengan maksimal.

9. KOL Specialist

KOL Specialist

Masih banyak orang belum familier dengan istilah ini, yups KOL. KOL singkatan dari Key Opinion Leader sedikit berbeda dengan influencer, walaupun arti mereka sama yaitu memberikan pengaruh dan pendapat kepada audiens terhadap suatu produk sehingga orang lain membeli produk tersebut.

KOL sendiri dapat dijelaskan untuk orang – orang lebih berpengalaman pada suatu bidang tertentu dalam memberikan pendapat suatu produk, sehingga pendapat tersebut lebih kredibel dan dapat dipercaya audiens dalam membeli suatu produk.

Bertugas untuk mengembangkan dan menjalankan strategi penggunaan KOL dalam pemasaran mereka. KOL specialist diharapkan dapat memberikan konten yang relevan dan mampu terhubung dengan target pasar produk.

10. UI / UX Designer

UI / UX Designer

Pekerjaan UI atau User Interface designer selalu bekerja sama dengan UX atau User Experience designer dalam pengembangan aplikasi mobile maupun website.

UI designer bertanggung jawab dalam membuat tampilan aplikasi mobile atau website sehingga dapat digunakan user dengan mudah dan interaktif, selain itu menarik dalam hal tampilan juga mudah diterima user.

Sedangkan UX designer bertanggung jawab dalam menganalisis penggunaan aplikasi yang telah dibuat UI designer apakah sudah user friendly atau tidak, sehingga bisa meningkatkan performa aplikasi agar lebih baik lagi. Fokus UX designer adalah kepuasan user dalam menggunakan aplikasi.

Sekarang ini banyak perusahaan membutuhkan UI/UX designer untuk membangun bisnis mereka. Pembuatan aplikasi dan website membutuhkan keahlian analisis yang baik untuk melihat penggunanya siapa dan siapa saja kompetitornya, karena tidak hanya mendesain tampilan tapi juga melakukan riset, survei dan berbagai metode pengambilan data lainnya untuk para user nantinya.

Karir ini cocok bagi kamu yang suka desain dan memiliki keahlian IT dalam membuat website dan aplikasi.

Di era digital sekarang ini banyak membuka peluang untuk memulai karir yang menjanjikan. Kamu bisa memilih untuk bekerja secara freelancer maupun sebagai full time pekerja.

Tinggal pilih untuk bisa mengembangkan karir kamu di masa depan.

Selamat Berkarir.