Bagian tentang saya di CV

Bagian “Tentang Saya” di CV, Lengkap Disertai dengan Contoh

Bagian “Tentang Saya” di CV adalah ringkasan profil yang menggambarkan citra diri profesional kamu. Bagian ini mewakili seluruh isi CV kamu, berisikan rangkuman poin-poin penting dari isi CV kamu, “sinopsis” dari keterampilan dan pengalaman kerja kamu.

Hanya dengan mengamati bagian ini, tanpa perlu membaca seluruh isi CV, cukup bagi HRD untuk menilai diri kamu, menentukan apakah kamu kandidat yang sesuai untuk lowongan pekerjaan yang lagi kamu lamar atau tidak, perlu dipilih selanjutnya untuk tahap wawancara atau tidak.

Bagian Tentang Saya di CV
Bagian “Tentang Saya” di CV (Image by Racool_studio on Freepik)

“Tentang Saya” di CV Diisi Apa Saja?

Informasi yang perlu disampaikan tentang diri kamu di bagian ini, fokusnya yaitu hanya informasi yang sesuai, yang relevan, dengan kualifikasi dan deskripsi pekerjaan yang sedang kamu lamar. Selain dari hal itu, informasi lain tidak dibutuhkan pembaca, dalam hal ini HRD.

Jangan sampai pengalaman dan keterampilan kamu yang sudah oke gagal dipahami perekrut cuma karena kamu keliru dalam penyampaian informasi tentang diri kamu di bagian ini. Berikut di bawah ini adalah saran bagaimana menuliskan bagian “Tentang Saya” di CV, apa saja poin-poin yang perlu dicantumkan, serta contoh dari masing-masing poin tersebut.

1. Latar Belakang Profesional

Biasanya, di dalam informasi lowongan pekerjaan disebutkan syarat latar belakang pekerjaan tertentu yang harus dipenuhi kandidat pelamar kerja. Kalau kamu sudah sesuai dengan kualifikasi tersebut, poin latar belakang profesional ini bisa kamu tuliskan sebagai kalimat pertama deskripsi “Tentang Saya” di CV.

Contoh:

  • Berpengalaman sebagai copywriter di perusahaan periklanan selama 2 tahun.
  • Saya adalah seorang guru matematika SMA yang sudah berdedikasi selama 6 tahun.
  • Saya adalah seorang HR Generalist perusahaan X dengan jumlah karyawan >300 orang.
  • Membangun branding yang unik dan relatable adalah tantangan yang terus ada selama 12 tahun saya berkarir di bidang pemasaran industri FMCG.
  • Saya telah bekerja sebagai Barista selama 2 tahun di perusahaan F&B multinasional.

Lowongan pekerjaan jenis entry level yang ditujukan untuk pelamar fresh graduate, umumnya syarat latar belakang profesionalnya dalam bentuk latar belakang pendidikan. Salah satu contohnya, kandidat haruslah lulusan S1 Ekonomi, Akuntansi, dan sebagainya.

Jika demikian tertera dalam kualifikasi lowongan pekerjaan, tulislah latar belakang pendidikan kamu sebagai kalimat pertama deskripsi “Tentang Saya” di CV.

Contoh:

  • Saya menerima gelar sarjana komputer dari Politeknik Negeri Bandung pada tahun 2019.
  • Lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia dengan nilai IPK akhir 3.40
  • Saya lulus dari SMK Negeri 42 Jurusan Perhotelan pada tahun 2020 dengan nilai akhir rata-rata 8.12

2. Pengalaman Kerja, Keterampilan, Sekaligus Pencapaian

Tuliskan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian kamu. Usahakan ketiganya kamu susun secara bersamaan dalam satu atau dua kalimat saja. Lalu ingat pada saat menjelaskan poin ini, temukan relevansinya dengan kualifikasi dan deskripsi pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Contoh:

  • Melalui internship dan pendidikan saya di jurusan Sastra Indonesia Universitas Singaparna, saya memahami dan mempelajari bahwa media digital dan cetak juga merupakan bagian penting dari strategi marketing, dan saya yakin tujuan marketing hanya akan tercapai dengan sajian konten yang menarik minat audiens.
  • Selama 8 tahun berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat sebagai sales, saya belajar bahwa percakapan yang sesuai dengan profil konsumen adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dan mengenal mereka.
  • Customer service specialist berpengalaman selama tiga tahun. Memiliki kemampuan problem solving, kreatif, dan memiliki kemampuan interpersonal. Berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 60%.

3. Prinsip atau Nilai Personal

Bagian tentang saya di CV
Bagian “Tentang Saya” di CV (Image by Racool_studio on Freepik)

Terutama untuk pelamar fresh graduate, poin ini penting sebagai pernyataan potensi dan etos kerja. Sebutkan nilai-nilai personal kamu yang bisa jadi kontribusi buat kemajuan perusahaan. Sekali lagi, kaitkan dengan yang tercantum dalam kualifikasi lowongan pekerjaan.

Contoh:

  • Saya seorang lulusan SMK jurusan akuntansi yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Ketelitian dan kemampuan menghitung cepat yang saya miliki menjadi bekal berharga dalam mengelola data.
  • Sarjana Ekonomi yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, inisiatif, dan mencari tantangan baru. Berpengalaman dalam berbagai organisasi internal maupun eksternal kampus.

4. Objektif Karir

Objektif karir adalah poin yang berisikan tentang tujuan yang ingin kamu capai saat melamar pekerjaan. Tekankan bahwa tujuan karir kamu nantinya punya nilai bagi kemajuan perusahaan. Tuliskan poin ini sebagai kalimat terakhir dari bagian “Tentang Saya” di CV.

Contoh:

  • Mencari posisi awal untuk memulai karir saya di lingkungan profesional yang lebih tinggi
  • Berusaha mendapatkan pekerjaan di perusahaan terkemuka, dimana saya dapat memanfaatkan keterampilan dan latar belakang studi bisnis saya secara maksimal.
  • Mencari posisi UI / UX designer sebagai wadah saya untuk menciptakan website yang user friendly dan responsive.

Baca juga: Jurus Jitu Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Susun poin-poin yang telah disebutkan di atas menjadi satu paragraf. Usahakan paragraf hanya terdiri dari empat sampai lima kalimat saja. Carilah cara agar penjelasan kamu lebih ringkas dan padat, tetapi tetap informatif.

Kalau perlu sediakan waktu khusus dan tenang untuk menyusun bagian “Tentang Saya” di CV kamu. Selamat berkreasi, selamat mencoba, semoga sukses.

Referensi:
indeed.com, How To Write Resume Job Descriptions (With Tips and Examples), diakses 12 sept 2022
thebalancemoney.com, How To Write Resume Job Descriptions (With Examples), diakses 13 sept 2022