7 Strategi Menentukan Lokasi Usaha Untuk Meraih Keuntungan

memilih lokasi melalui tablet

Pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan akan produk yang ditawarkan. Maka untuk itu, menentukan strategi pemilihan tempat usaha merupakan hal yang wajib dilakukan.

Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih maka akan semakin besar peluang pemasaran terjadi di sebuah perusahaaan. Tingkat penjualan yang tinggi berpengaruh kepada kesuksesan usaha. Pastinya, pengusaha harus tahu apakah usaha dapat berjalan maksimal apabila lingkungan sekitar yang ramai atau strategis dengan konsumen. Selain itu, lokasi juga berperan untuk menghemat pengeluaran perusahaan.

Dikutip dari Heizer dan Render 2009, keputusan pemilihan lokasi strategi biasanya digunakan untuk strategi dalam meminimalkan biaya dan memaksimalkan pendapatan. Lalu, apa saja tips dalam menentukan lokasi usaha? Simak pembahasan sebagai berikut.

7 strategi memilih lokasi usaha

Untuk apa memilih tempat usaha yang sepi penduduknya. Namun jangan salah, usaha tidak harus selalu berada pada daerah yang ramai akan penduduk. Analisis tingkat kepadatan penduduk merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan saat menentukan lokasi usaha.

Apabila usaha bergerak pada lingkup perdagangan, maka kamu harus mendirikan usaha yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Tujuan dari kegiatan perdagangan yaitu terjualnya produk. Maka dari itu, semakin tinggi kepadatan penduduk maka semakin tinggi juga peluang terjualnya suatu produk.

Jika melihat perbandingan kepadatan penduduk antara kota dengan desa maka daerah kota lebih padat sehingga semakin tinggi juga potensi pasar.

2. Hitung besaran pendapatan masyarakat

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melihat besaran pendapatan masyarakat sekitar lokasi usaha. Perhatikan kepada usahamu, apakah produk yang dijual memiliki rentang harga yang murah atau mahal.

Sebab, setiap orang memiliki daya belinya tersendiri yang dikenal dengan daya beli konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi daya beli konsumen yaitu tingkat pendapatan. Dari sini, kamu dapat menentukan lokasi usaha dengan menghubungkan harga produk dan pendapatan masyarakat.

3. Perhatikan tingkat keramaian dan lalu lintas kendaraan

Trafik lalu lintas kendaraan serta keramaian pejalan kaki yang lewat juga menentukan keberhasilan usaha. Terdapat beberapa usaha yang sangat tergantung pada hal tersebut.

Misalnya usaha yang bergerak di bidang kuliner atau usaha kelontong. Umumnya, usaha ini berlokasi di tempat yang ramai dan sangat tergantung kepada tingkat keramaian.

Baca juga : 5 Contoh UMKM Yang Dapat Dijadikan Inspirasi Usaha

4.   Lihat usaha sekitar yang bergerak di bidang yang sama

Dalam menentukan lokasi usaha, penting untuk melihat apakah ada usaha sekitar bergerak di bidang yang sama. Mengingat saat ini, kompetisi pasar sangat ketat sehingga harus melakukan riset.

Apabila ternyata terdapat usaha lain yang menjual produk yang sama atau dengan fungsi yang sama, maka pastikan kamu harus memiliki nilai tambah agar produkmu lebih dilirik oleh konsumen.

5. Pilih lokasi usaha dengan tingkat keamanan tinggi

Tingkat keamanan yang tinggi akan menambah kenyamanan bagi customer. Mereka tidak akan ragu akan tindakan kriminal yang terjadi seperti kehilangan kendaraan ditempat parkir.

Selain itu, rasa aman dan nyaman harus diberikan juga dari pelayanan perusahaan. Maka, pelanggan dapat menimati kenyaman di pada perusahaan.

6. Perhatikan kebersihan lingkungan

Kebersihan juga jangan dilupakan, sebab kebersihan memberikan banyak keuntungan bagi usaha. Selain pelanggan lebih yakin untuk datang, kebersihan juga berdampak kepada tingkat kesehatan semakin tinggi.

Sebab, lingkungan yang bersih akan menciptakan ekosistem bahwa pelanggan merasa nyaman datang kemari. Maka dari itu, cobalah mencari usaha dengan menghindari tempat yang kumuh atau kotor.

7. Sesuaikan dengan modal usaha

Jangan sampai menghabiskan modal hanya untuk mencari lokasi. Pertimbangkan juga aspek lain pada perusahaan seperti modal untuk pengadaan produk dan lain-lain.

Memilih tempat usaha memang langkah yang strategis, namun usahawan harus mampu memanajemen usaha dengan tidak berfokus kepada satu hal saja. Hendaknya dapat menyesuaikan lokasi usaha dengan budget yang dimiliki.

Itu tadi seputar strategi dalam menentukan lokasi usaha. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan letak atau lokasi untuk meraih keuntungan.

Referensi

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat. Diakses pada 12 september 2022.

Jurnal Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Diakses pada 12 september 2022. Diakses pada 12 september 2022.

5 Cara Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis Untuk Bisnismu. Diakses pada 12 september 2022.