Dunia Digital Untuk Perkembangan Karir Masa Depan

Yuk Kenali Dunia Digital Untuk Karir Masa Depan

Dunia Digital Untuk Perkembangan Karir Masa Depan

Dunia digital sekarang ini sangat berkembang pesat, orang – orang berlomba untuk mengembangkan karir mereka di dunia digital.

Sebut saja sebagai seorang digital marketer, data analyst, content writer, videographer  dan masih banyak lagi.

Tapi sebelum merambah ke karir digital tersebut ada baiknya kenalan dulu yuk dengan dunia digital itu sendiri.

Menurut laman Techtarget.com, digital itu digambarkan sebagai teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua keadaan yaitu positif dan non-positif. Positif dinyatakan atau diwakili oleh angka 1 dan non-positif dengan angka 0. Dengan demikian, data yang dikirimkan atau disimpan dengan teknologi digital dinyatakan sebagai string 0 dan 1. Masing – masing digit keadaan ini disebut sebagai bit (dan serangkaian bit yang dapat ditangani oleh komputer secara individual sebagai group adalah byte).

Bagaimana dari kacamata bisnis itu sendiri?

Dari laman Mckinsey.com menyebutkan untuk beberapa eksekutif, digital adalah tentang teknologi. Yang lain menyebutkan digital adalah cara baru untuk terlibat dengan pelanggan. Dan yang lainnya berkata bahwa itu merupakan cara sama sekali baru dalam berbisnis. 

Tidak ada yang salah dalam definisi tersebut. Tetapi acap kali karena berbagai perspektif yang beragam membuat para pemimpin tim tersandung karena adanya ketidak selarasan dalam visi bersama tentang kemana bisnis harus pergi

Dari pengertian diatas bisa dikatakan sekarang adalah era dimana digital berkembang, banyaknya perusahaan – perusahaan yang ingin melebarkan sayap bisnis mereka untuk berbagai kalangan sehingga membutuhkan para profesional digital untuk membantu mereka.

Apa saja manfaat dari digital itu sendiri?

1. Akses komunikasi lebih mudah

Pada saat ini kemudahan dalam berkomunikasi sangat membantu dalam kehidupan sehari – hari. Info terbaru bisa langsung diberikan kepada orang lain tanpa perlu menunggu lama.

Dengan adanya kemudahan ini, manusia dapat saling terhubung dengan manusia lainnya. Itulah wujud dari berkembangnya kemajuan digital di masa sekarang ini.

2. Mobile dan Fleksibel 

Kemudahan dalam bekerja dirasakan sekarang ini karena pengaruh digital. Dimanapun kita berada dapat menyelesaikan pekerjaan yang ada

Tanpa ada batasan untuk bisa mengikuti berbagai jenis acara dan pelatihan yang diselenggarakan.

Terlebih lagi banyak pelatihan – pelatihan digital yang diselenggarakan secara mobile agar bisa diakses secara efektif tanpa mengganggu aktivitas kita.

3. Banyaknya pengguna Internet saat ini

Sebelum adanya internet, orang – orang yang mempunyai handphone hanya bisa untuk menelpon dan berkirim pesan.

Tetapi saat ini terlebih lagi untuk kaum milenial, penggunaan internet sangat diperlukan untuk menunjang segala kegiatan yang dilakukan. Baik untuk hiburan di sosial media, belajar maupun untuk berbisnis.

4. Kemudahan berbelanja dalam satu genggaman

Tidak perlu lagi keluar rumah untuk pergi belanja. Hanya dengan gawai dan internet memudahkan kita untuk bisa memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan.

Terlebih lagi banyak pilihan toko online dan beragam e-commerce yang menyediakan barang diinginkan dengan harga yang beragam.

Segala manfaat yang dirasakan di era digital sekarang ini membuat orang – orang terus berinovasi untuk meningkatkan kemajuan teknologi, sehingga beberapa teknologi usang mulai ditinggalkan secara otomatis. Dengan berkembangnya teknologi sekarang membuktikan bahwa perkembangan dunia digital terus berjalan dengan cepat.

Berikut perkembangan dunia digital:

1. Komunikasi 

Sekarang ini orang – orang berkomunikasi dengan mudah, dengan berkembangnya teknologi maka banyak aplikasi chat yang membantu karena adanya juga fitur video call, dimana tidak hanya mendengar suara tetapi juga melihat gambar.

2. Aplikasi Untuk Berbisnis

Saat ini para pelaku bisnis mengembangkan bisnis mereka di ranah digital dengan mempermudah akses konsumen melalui website yang di miliki.

Dengan hal tersebut, produk para pelaku bisnis akan lebih dikenal oleh  masyarakat dan bisa dijangkau oleh khalayak ramai.

Aplikasi yang mudah dipakai akan memudahkan para konsumen dalam membeli produk para pebisnis.

3. Financial Teknologi 

Yang paling mendapat pengaruh dari perkembangan digital adalah di bidang keuangan. Sekarang ini banyaknya aplikasi dompet digital dikarenakan berkembagnya teknologi.

Kita dapat melakukan segala transaksi pembayaran dan pembelian hanya dalam satu aplikasi, kemudahan ini ditawarkan kepada masyarakat karena banyaknya konsumen dalam pembelian online.

4. E – Commerce 

Para pelaku bisnis berlomba – lomba melakukan penjualan secara online terlebih karena banyak pengguna internet di Indonesia. Penyedia produk menjual barang mereka di e – commerce karna peluang ini sangat menjanjikan.

Dengan e-commerce, para konsumen tidak perlu lagi pergi ke toko untuk membeli barang. Hanya dengan smartphone semua barang yang dibutuhkan tersedia disana.

Perkembangan dunia makin cepat, dunia digital makin menampakkan sinarnya dengan terang. Dengan mengetahui dunia digital dan bagaimana perkembangannya, hal tersebut bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk bisa mempertimbangkan karir digital di masa depan.

Jadi, jangan takut untuk memulai karir di dunia digital.

Baca Juga : Social Media Specialist, Karir Menjanjikan Di Era Digital