Kenali Ciri-Ciri Perseroan Terbatas Sebagai Berikut

front office

Seringkah kamu mendengar nama usaha yang diawali dengan PT? Perseroan terbatas atau PT merupakan salah satu unit usaha yang dapat dilihat dari ciri-ciri yaitu berada di bawah naungan berbadan hukum.

Menurut UU Nomor 40 tahun 2007 yang mengatur tentang Perseroan Terbatas, PT merupakan badan hukum yang didirikan dari persekutuan modal berupa saham atas dasar hukum yang ditetapkan oleh perundang-undangan dalam melakukan kegiatan usaha.

Untuk lebih mudah mengenali PT, kamu dapat melihat dari ciri-ciri dari badan usaha tersebut. Lantas apa saja ciri-ciri dari perseroan terbatas, simak uraian sebagai berikut.

Ciri-Ciri Perseroan Terbatas (PT)

1. Memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan

Sebuah badan usaha didirikan tentunya dengan tujuan untuk memperoleh laba dari suatu proses kegiatan yang dilakukan. Begitu pula dengan PT, secara umum PT berdiri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, sebelum didirikan suatu perseroan terbatas umumnya akan dilakukan riset di berbagai aspek.

Melakukan riset terlebih dahulu sangat berguna bagi kelangsungan perusahaan kedepannya. Dengan dilakukan sebuah riset, maka akan memberikan manfaat untuk menyelidiki keadaan suatu pasar. Selain itu, pemilik usaha juga dapat mengetahui informasi terhadap potensi imbal hasil apabila suatu produk perusahaan mulai terjual.

2. Berbadan hukum

Perusahaan yang termasuk PT terbatas mempunyai badan hukum sesuai pernyataan UU nomor 40 tahun 2007. Badan usaha berbadan hukum berarti setiap kekayaan dan tanggung jawab di perusahaan dipisahkan melalui hukum antara perusahaan dengan pemilik badan usaha.

Selain itu, PT didirikan atas dasar perjanjian antara beberapa pihak. Oleh karena itu, perseroan terbatas memerlukan dua pihak untuk membuat suatu perjanjian.

Baca juga : Catat! 7 Persiapan Interview Kerja Agar Cepat Diterima

3. Melaksanakan kegiatan usaha

Sebagai salah satu bentuk badan usaha, tentunya PT melaksanakan suatu kegiatan usaha. Maka dari itu, sebuah PT perlu membuat Anggaran Dasar Perseroan Terbatas.

Pasalnya, Anggaran Dasar Perseroan terbatas ini dicantumkan pada Akta pendirian PT yang dibuat saat mendirikan PT yang memuat segala hal mengenai segala hal di dalam perusahaan.

4. Modal dasar PT berupa saham

Modal merupakan peranan penting saat mendirikan suatu usaha. Besarnya modal yang dimiliki membuka kesempatan pada perkembangan dan kemajuan perusahaan. Perseroan terbatas mendapatkan modal dari investor berupa saham-saham yang dapat diperjualbelikan.

Apabila perkembangan perusahaan pesat dan kian stabil berakibat investor akan semakin tertarik untuk menanamkan saham pada perusahaan. Selain itu, perubahan kepemilikan perusahaan bisa dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

5. Direksi sebagai pemimpin utama

Jika dilihat dari susunan organisasi PT, maka pimpinan perusahaan diberi jabatan direksi. Direksi berwenang dan bertanggung jawab penuh dalam memanajemen perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pada PT, jabatan direksi tidak diposisikan oleh satu orang saja, namun jumlahnya tiga orang atau lebih dari itu.

6. Pemilik saham memperoleh keuntungan dalam bentuk dividen

Setiap pemegang saham yang menaruh modalnya di perusahaan PT makan akan mendapatkan deviden. Jumlah dividen diberikan disesuaikan dengan modal yang ditanamkan pada perusahaan.

Semakin besar modal yang ditanamkan pada perusahaan maka akan semakin besar pula deviden yang diperoleh, begitu juga sebaliknya.

7. Karyawan berstatus sebagai pegawai swasta

Karyawan yang bekerja pada perusahaan PT maka akan berstatus sebagai pegawai swasta. Dalam hal ini, penentuan hak-hak karyawan akan sesuaikan dengan peraturan perundangan-undangan yang bersangkutan dan berlaku di Indonesia.

Namun, terdapat beberapa peraturan karyawan yang ditentukan oleh perusahaan seperti jam kerja, bonus, dan lain-lain.

Demikian ciri-ciri perseroan terbatas atau dikenal PT yang perlu kamu ketahui. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa PT dibawah naungan BUMN seperti PT Bank Negara Indonesia (persero) tbk.

Referensi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (PDF). Diakses pada 10 September 2022

Kenali Ciri Perusahaan Perseroan Terbatas Yang Perlu Diketahui. Diakses pada 10 September 2022

Contoh BUMN beserta Fungsi dan Ciri-cirinya. Diakses pada 10 September 2022