Cara Membatalkan Interview Kerja Dengan Profesional

seseorang membatalkan sesuatu

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, kadangkala mengirimkan dokumen berupa CV dan surat lamaran ke lebih dari satu perusahaan. Alasannya tidak lain agar cepat dipanggil interview kerja. Gimana kalau dipanggilnya secara bersamaan, pastinya kamu perlu membatalkan salah satu interview kerja.

Memang, keuntungan yang kamu dapat yaitu waktu yang efisien dan fleksibel. Mengirim banyak lamaran juga memiliki probabilitas lamaranmu bisa diterima dan bersiap untuk tes interview.

Agar citra dirimu tetap baik dan terlihat profesional, tentu kamu tidak sembarangan membatalkan tes tersebut. Jangan khawatir, disini kami sudah merangkum caranya agar penolakan disertai dengan attitude yang baik.

Cara Membatalkan Interview Kerja

Disini kami akan mengulas 7 cara membatalkan interview kerja. Simak berikut ini.

1. Kabari pihak perusahaan secepatnya

Hal pertama yang dilakukan ada memberitahu kepada pihak recruiter, bahwa akan membatalkan interview kerja. Tentu kamu tidak boleh sembarangan berkomunikasi dalam memberi kabar pembatalan tersebut.

Mengabari secepatnya jangan membuatmu ngos-ngosan. Maka dari itu, persiapkan komunikasi yang baik agar pihak recruiter paham terhadap komunikasi yang dimaksud. Jangan sampai menunda-nunda memberi kabar karena hal tersebut akan menghilangkan waktumu saja.

Kamu dapat mengabari pembatalan melalui email atau komunikasi lainnya. Akan lebih baik memberi pemberitahuan pembatalan melalui media komunikasi yang sering digunakan dengan pihak recruiter agar pemberitahuan cepat diterima.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Perseroan Terbatas Sebagai Berikut

2. Tentukan pendekatan yang cocok

Tentunya dalam menyampaikan pesan pembatalan, kamu harus menentukan pendekatan yang tepat agar pihak recruiter mengerti akan posisimu.

Pendekatan merupakan hal yang penting karena dapat menyampaikan emosi terkait perihal yang ingin disampaikan. Selain itu, jangan pernah berbohong atas alasan yang kamu sampaikan. Sampaikan dengan jujur agar pihak recruiter dapat menghargai keputusanmu.

3. Memberitahu alasan pembatalan interview

Memberitahu alasan pembatalan merupakan poin penting yang perlu disampaikan. Coba hindari memberitahu dengan kata-kata yang berlebihan, HRD tidak terlalu memperdulikan apabila penjelasan panjang dan bertele-tele.

Jadi, bangun alasan yang membuatmu yakin untuk membatalkan interview. Selain kepada dirimu sendiri, buat mereka juga yakin atas alasan dan keputusan membatalkan interview tersebut.

4. Beri penjelasan yang sederhana namun to the point

Seperti poin sebelumnya, penjelasan yang kamu sampaikan jangan berte-tele. Cukup buat alasan yang sederhana namun to the point. Semakin bertele-tele kamu menjelaskan alasan pembatalan maka membuat recruiter menjadi tidak paham dan tidak menemukan inti pembicaraan.

Kadangkala rasa bingung dan panik malah membuatmu jadi semakin tergesa-gesa. Maka dari itu, hindari rasa panik yang hanya membuatmu semakin frustasi saja.

5. Rencanakan jadwal ulang wawancara apabila diperlukan

Jika kamu tidak dapat menghadiri sesi wawancara kerja karena alasan mendadak atau tidak terduga, tidak ada salahnya jika meminta ulang jadwal wawancara kerja dari waktu yang ditentukan sebelumnya. Cobalah mengabari melalui email atau telepon sesegera mungkin.Mungkin saja, pihak recruiter dapat menjadwalkan ulang waktu apabila ada jadwal kosong atau alasan lainnya. Jadi jangan sungkan untuk menyampaikan kondisimu saat ini.

6. Sampaikan permohonan maaf

Jangan sampai lupa menyampaikan permohonan maaf dalam memberitahukan pembatalan interview baik melalui pesan tertulis maupun panggilan telepon. Hal ini juga dikarenakan kamu sendiri yang mengambil keputusan untuk membatalkan interview.

Dengan menyatakan permohonan maaf, kamu menunjukkan sikap profesionalitas yang sopan santun. Permohonan maaf juga menyatakan loyalitas pengorbanan tenaga dan waktu yang telah dilakukan sebelumnya.

7. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Walaupun terlihat mudah, jangan sampai lupa untuk menyampaikan ucapan terimakasih di akhir penyampaian pembatalan. Ucapan terimakasih menandakan bahwa kamu menghargai proses yang sedang dilakukan dan telah dilakukan sebelumnya.Itulah cara membatalkan interview kerja yang baik dan profesional. Jagalah attitude agar memberi citra positif pada dirimu sendiri.

8 Cara Membatalkan Interview Kerja Dengan Benar Dan Profesional, Beserta Contohnya. Diakses pada 11 september 2022.

Bingung Cara Menolak Panggilan Interview? Coba 5 Cara Ini!. Diakses pada 11 september 2022.

8 Cara Membatalkan Interview Kerja Secara Profesional dan Contohnya. Diakses pada 11 september 2022.