Catat! 7 Persiapan Interview Kerja Agar Cepat Diterima

interview kerja

Saat ini, proses rekrutmen melalui interview kerja begitu penting. Tentunya, perusahaan menginginkan orang yang mumpuni di bidangnya agar perusahaan dapat terus berkembang sesuai yang ditargetkan.

Apakah kamu salah satunya yang ingin melamar kerja? Ada beberapa tahap yang harus dilalui sebelum diterima di suatu perusahaan. Salah satunya sesi interview, tahap ini menjadi proses penting untuk mengenal pelamar melalui pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

Sebelum sesi interview kerja berlangsung, sudahkah kamu mempersiapkan interview agar nanti berjalan lancar? Persiapan tersebut bukan hanya sekedar mempelajari pertanyaan dan jawaban yang sering muncul, tapi ada hal lain yang perlu kamu lakukan. Oleh karena itu, simak panduan dari kami sebagai berikut.

1. Pahami profil perusahaan

Proses interview kerja tidak hanya dinilai dari seberapa cocok kandidat terhadap posisi yang dilamar, namun juga mengetahui pengetahuan pelamar terkait profil perusahaan.

Langkah mencari seluk beluk profil perusahaan dapat dicari melalui berbagai cara, seperti mencari lewat internet ataupun menanyakan kepada rekan. Informasi yang mesti kamu ketahui berupa latar belakang perusahaan, produk, visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

Pada saat sesi interview berlangsung, kamu juga dapat menanyakan poin-poin informasi sebagai peran turut aktif dalam menggali informasi.

Baca juga: Pebisnis! Yuk Kenalan dengan Google Bisnis Disini

2. Siapkan diri secara mental

Mental bahwa kamu siap harus ditetapkan sebelum sesi interview berlangsung. Mengapa? Keyakinan dari dalam diri akan menciptakan suasana fresh secara rohani.

Jangan sampai, keringat di telapak tangan sudah bercucuran duluan. Katakan siap pada dirimu dan berusaha untuk bersikap tenang.

Bagi yang baru akan pertama kali interview kerja jangan takut untuk berbicara saat interview nanti. Asalkan menggunakan bahasa yang sopan sehingga nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Memahami isi CV

Perusahaan melihat CV sebagai dokumen yang menerangkan informasi terkait dirimu serta pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki.

Saat interview kerja berlangsung, kadangkala terdapat pembicaraan yang menyangkut hal apa yang tertulis di dalam CV yang kamu serahkan.

Jadi, mau tidak mau kamu harus mengetahui betul, apa yang tertulis di CV agar nantinya dapat menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan baik.

4. Persiapkan dokumen yang akan dibawa

Saat ini, beberapa perusahaan mensyaratkan membawa beberapa dokumen penting saat sesi interview. Dokumen tersebut seperti CV, fotokopi ijazah beserta dokumen lainnya sesuai persyaratan diminta.

Jangan lupa, bawa perlengkapan alat tulis, karena biasanya sebelum interview kerja kamu akan menuliskan data diri ke dalam lembar formulir yang disediakan.

5. Mengenal budaya perusahaan

Jika kamu sudah mendapatkan profil perusahaan, tentunya kamu sudah memiliki gambaran tentang budaya perusahaan, salah satunya yaitu pakaian sehari-hari di perusahaan.

Pastikan kamu menyiapkan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan tersebut. Penampilan menjadi salah satu tolak ukur yang dinilai oleh seorang pewawancara.

6. Latihan interview kerja mandiri

Sebelum sesi interview kerja, ada baiknya kamu mencoba berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara saat interview. Kamu bisa mencari informasi ini lewat internet.

Cobalah untuk latihan di depan cermin karena kamu dapat melihat bagaimana penampilanmu saat berbicara. Dari sini, kamu dapat menyesuaikan gaya bicara dan ekspresi yang tepat.

7. Pastikan media sosial dirimu terlihat positif

Di zaman yang serba teknologi ini, jejak informasi dapat ditemukan dengan mudah lewat media sosial. Seringkali, perekrut mencari tahu kandidat melalui media sosial.

Jadi, luangkan waktu untuk memeriksa kembali konten yang kamu posting di media sosial. Hapus konten yang bersifat negatif yang berpengaruh terhadap citra pada dirimu.

Persiapan interview kerja memang bukan perkara yang mudah. Jadi, jangan overthinking yang malah membuatmu jadi semakin stress.

Referensi 

Catat 10 tips persiapan wawancara kerja ini agar cepat direkrut

Diakses pada tanggal 4 September 2022