Pentingnya Leadership Bagi Karirmu

Pentingnya Leadership Bagi Karirmu

Setiap orang bisa menjadi pemimpin, tetapi tidak setiap pemimpin punya leadership.  Itulah ungkapan yang sering kita dengar.

Apa itu leadership?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari leadership adalah kepemimpinan.  Namun, pengertian itu tak hanya sekedar kepimpinan saja.   Mereka yang memiliki leadership artinya memiliki kepercayaan , mempengaruhi, memotivasi atau mengarahkan suatu pekerjaan untuk dikerjakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Setiap pimpinan tentunya punya gaya atau karakter yang berbeda cara leadership.  Masing-masing memiliki kekuatan,kemampuan dan keterampilannya.

Tetapi hal yang terpenting dalam leadership adalah orang itu bisa mengembangkan keterampilan dan dia menjadi teladan bagi orang lain dan hasil dari keteladanan itu punya pengaruh atas suatu proyek atau pekerjaan.

Mengapa leadership penting bagi kamu?

Tidak hanya mereka yang punya cita-cita jadi pemimpin yang harus memiliki leadership. Mereka yang ingin diterima dalam pekerjaan dan harus punya kemampuan leadership juga sangat dibutuhkan.

Kemampuan dalam pekerjaan itu bukan hanya kemampuan hard skill menyelesaikan pekerjaan saja. Tapi kemampuan soft skill yang lain seperti, komunikasi, public speaking, mudah beradaptasi , jiwa kepemimpinan .

Tidak hanya pandai menyuruh orang tetapi juga mampu memotivasi orang lain di tim kerjanya untuk bekerja dan memberikan hasil terbaiknya.

Leadership harus dikembangkan dengan baik melalui berbagai cara agar tetap efektif dan punya tim yang kuat dan kinerja yang meningkat.

Kemampuan dasar seorang pemimpin harus dimiliki agar leadership bisa tercapai

1.Empati,  mengerti kemampuan dan kelemahan anggota tim, mendorong dan memberikan coaching agar dia bisa memperbaikinya.

2.Komunikasi , jangan gunakan kata-kata kasar atau perintah yang tak senonoh.   Sebaiknya bahasa yang digunakan lebih persuasive dan lebih merangkul.

3.Manajemen, untuk pengelolaan tim dan pendistribusian tugas sesuai dengan kemampuan.

4.Kemampuan observasi, bagaimana memonitor  apa yang sedang dikerjakan dan bagaimana tiap orang di teamwork bekerja.

Cara  dan strategi  leadership yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin

Pentingnya Leadership Bagi Karirmu – Sumber: Pexels-thirdman
1.Keterbukaan komunikasi

Salah satu faktor dari leadership adalah keterbukaan komunikasi.  Dalam keterbukaan komunikasi dengan semua anggota, kita akan membawa atmosfer kejujuran, transparansi dari setiap anggota .

Jika kita menjadi pemimpin dari suatu tim, pola komunikasi yang dibangun adalah keterbukaan yang merupakan refleksi diri kita . Setiap anggota punya kejujuran dan sikap etika sebagai nilai yang harus dijunjung oleh setiap anggotanya.

Setiap pemimpin harus punya kemampuan komunikasi aktif dan transparansi untuk membangun kepercayaan dan memperbaiki moral setiap anggota.

Quote yang sering dikatakan: “There are no right and wrong”.  There is genuine, there is fake. There is no following to fake leadership”.

Setiap anggota punya gaya komunikasi berbeda, sebagai pemimpin harus menyesuaikan komunikasi sesuai dengan gaya komunikasi masing-masing anggota.

2. Terhubung dengan setiap anggota

Memimpin sebuah grup yang terdiri dari banyak anggota membutuhkan kepercayaan dan pengertian antara pemimpin dan anggotanya.  Untuk mencapai hal ini, pemimpin harus belajar untuk saling terhubung.

Caranya dengan menjadi “lebih dari seorang manusia”, sikap positif, punya tujuan, empati, saling mengerti dan mengenal dengan kasih.    Semua perlakuan ini akan membawa kamu menuju koneksi yang sebenarnya dengan setiap anggota tim.

Membangun koneksi yang benar, pribadi dengan anggota tim merupakan hal yang terpenting untuk membangun kultur dari akuntabilitas dan kinerja yang maksimal.

Untuk bisa mengerti satu dengan yang lain, focus kepada kepribadian, kepentingan, kekuatan, hobi dan keinginan.  Hal ini akan memberikan “insight” apa tujuan dan motivasinya.

Baca juga : Inilah Kunci Keberhasilan Komunikasi yang Efektif

Bagi seorang pemimpin, dia akan membiarkan setiap anggota untuk mengembangkan kekuatan pribadi. Menyadari kekuatan masing-masing pribadi di tim, dan membuat mereka bertanggung jawab dan akuntabel , bukan sekedar menambah kepercayaan anggota tim tetapi juga meningkatkan 

3. Mendorong pertumbuhan pribadi dan profesional

Sebagai pimpinan , kamu harus bertindak efektif.   Apa artinya?   Kamu harus berinvestasi dalam pertumbuhan dan sukses dari setiap anggotamu.

Pemimpin harus mengatur budget untuk perkembangan karyawannya.  Kadang-kadang , berikan waktu yang cukup untuk belajar untuk mengembangkan apa yang ada dalam diri karyawan. 

“Empower” karyawan dengan memberikan waktu belajar dan melakukan dalam pekerjaan.

Selain berinvestasi dalam keuangan, kamu juga berinvestasi  dalam emosi.  Seorang pemimpin yang besar dapat memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk kesempatan yang menantang dan memberikan pembelajaran yang dibutuhkan.

4. Mengajarkan karyawan bukan memberikan perintah

Seorang pemimpin yang efektif memahami bagaimana memperlihatkan kepada karyawan apa yang diinginkan,  bukan sekedar menceritakan.    

Jika kamu mengontrol karyawan untuk mengerjakan sesuatu  dengan caramu, kamu bukan bukan seorang pemimpin yang efektif.    Coaching adalah membantu karyawan yang menjadi tim kamu dimana kamu juga memberikan pilihan-pilihan untuk mengerjakan.   Mereka langsung bisa memahami apa yang diperintahkan dan mengerjakan .

Bukan sebaliknya, kamu harus mengajar secara mendetail, karyawan tidak akan berkembang  dan kamu tidak mengajarkan mereka apa-apa.  Pemimpin harus mengajar mereka menjadi pemimpin baru bagi dirinya sendiri.