mencintai diri sendiri akan membuat hidupmu lebih bahagia

9 Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Berarti

Mencintai diri sendiri akan membuatmu lebih bahagia
 

Siapa yang lebih peduli dengan diri? Siapa yang lebih mengerti diri? Kalau bukan diri sendiri, siapa lagi? Karena hanya kita yang bisa merasakan segala sesuatu yang dialami, dan kita sendiri yang mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus lebih peduli dan mengerti diri dengan cara mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri berarti kita bisa menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa jujur pada diri sendiri tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dan menjadi diri sendiri dengan nyaman.

Mencintai diri sendiri sangatlah penting karena bisa membuat setiap individu menjalani kehidupan lebih sehat, lebih bahagia dan lebih semangat. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya mencintai diri sendiri agar hidup lebih berarti, yuk disimak baik-baik!

Alasan mengapa mencintai diri sendiri itu penting

Mencintai diri sendiri dapat memberi dampak positif di kehidupan sehari-hari, seperti :

1. Terhindar dari stress (less stress)

Dengan mencintai diri sendiri kamu akan mudah menerima diri apa adanya, lebih menikmati hidup, dan tidak mudah tertekan dan stres.

Sehingga, kondisi tersebut dapat membuatmu bisa lebih produktif ketika bekerja maupun berkarya.

2. Memiliki pandangan yang positif

Mencintai diri sendiri akan membuatmu menjadi pribadi yang optimis dan selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Seperti ketika menerima kritikan dari orang lain, kamu tidak akan mudah kecewa tetapi menjadikan masukan tersebut sebagai instrospeksi untuk melakukan perbaikan diri.

3. Tidak ada orang yang sempurna

Orang yang perfeksionis mempunyai standar tinggi untuk mengejar kesempurnaan, bahkan tidak jarang mereka terlalu memaksakan diri menjadi sempurna hanya untuk menyenangkan orang lain. Akibatnya, hal ini memberi tekanan pada diri sendiri dan menyebabkan gangguan kesehatan fisik maupun mental.

Jadi, daripada kamu membuang waktu dan energi untuk membuat orang lain senang, lebih baik kamu belajar mencintai dirimu sendiri dan membuat dirimu bahagia.

4. Lebih semangat untuk merawat diri

Mencintai diri sendiri membuat dirimu menghargai tubuhmu sehingga kamu akan menjadi lebih semangat untuk merawat diri. Berusaha melakukan yang terbaik untuk selalu menjaga dan membuat kenyamanan yang dibutuhkan dalam diri.

5. Lebih percaya diri

Mencintai diri sendiri dapat menumbuhkan rasa percaya dirimu, sebab kamu merasa baik kepada diri sendiri dan bisa menerima semua ketidaksempurnaan yang dimiliki. Hal ini yang semakin menguatkan rasa percaya diri untuk menghadapi kesulitan dalam hidup.

6. Lebih bahagia

Mencintai diri sendiri akan membuatmu lebih bahagia karena memiliki kedamaian mental, dapat menghargai orang lain, dan dapat bersosialisasi dengan baik. Sehingga dengan mencintai diri sendiri akan membantumu memiliki hubungan yang sehat dengan keluarga dan orang terdekat.

7. Dapat meningkatkan kualitas diri

Sejak kamu berusaha mencintai diri sendiri, kamu akan melakukan hal-hal yang memberi dampak baik pada dirimu. Seperti kebiasaan positif yang membuat tubuh lebih sehat, perubahan sikap dan cara berpikir menuju kedewasaan.

8. Mendapat kepuasan hidup

Ketika kamu berhasil mencintai diri sendiri, kamu akan fokus pada apa yang menjadi tujuan hidup dan mimpimu. Ketika sedikit demi sedikit impianmu terwujud, hal tersebut memberikan rasa puas pada diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan.

9. Dapat mengenal diri sendiri dengan baik

Mencintai diri sendiri kamu dapat mengetahui dan memahami apa siapa dirimu, dan apa yang menjadi maumu. Dengan begitu, kamu dapat menyadari setiap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, serta berusaha untuk memperbaiki dan mengoptimalkannya.

Nah, itulah alasan pentingnya belajar mencintai diri sendiri agar hidup lebih berarti di setiap aspek kehidupan. Apakah kamu sudah mencintai diri sendiri? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang! Semangat ya!

Sumber Referensi :

  1. 5 Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Sehat
  2. Berbeda dengan Egois, Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri
  3. 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang Lain.