Pebisnis! Yuk Kenalan dengan Google Bisnis Disini

orang tersenyum di depan laptop

Bagi pelaku bisnis di era digital ini, pebisnis harus memanfaatkan internet untuk meningkatkan peluang pasar bisnis. Salah satunya, internet membantu dalam menjangkau pelanggan untuk mengenalkan produk dan profil bisnisnya. Kamu bisa memanfaatkan tool google bisnis untuk mencapai hal tersebut.

Pastinya, kamu sudah tidak asing dengan Google. Saat kamu melakukan pencarian di search engine tersebut, Google sering menampilkan informasi tentang suatu perusahaan apabila keyword berkaitan.

Lalu, mengapa perusahaan tersebut bisa tampil di halaman pencarian? Jawabannya karena perusahaan tersebut telah mendaftarkan bisnisnya melalui tool “Google Bisnisku”. Lantas, apa itu google bisnisku? Untuk mengetahui tentang Google Bisnisku, simak ulasan berikut.

Apa itu Google Bisnisku

Google Bisnisku atau Google My Business merupakan tool dari Google yang digunakan khusus untuk pelaku bisnis. Melalui Google Bisnisku, kamu dapat menyampaikan informasi bisnis seperti alamat, kontak, jam buka dan tutup kepada pelanggan melalui search engine sebesar Google.

Bagi yang kantongnya tipis jangan sungkan, Google Bisnisku itu gratis. Kamu dapat membuat profil bisnis dan mendaftarkan ke Google Bisnisku secara gratis.

Dalam memberikan ciri khas profil bisnis, kamu dapat menambahkan informasi seperti logo, gambar, sampul logo agar menarik perhatian pelanggan. Sekilas, gambar dapat memberitahu calon pelanggan gimana suasana perusahaan setiap harinya.

Bagi kamu yang gercep informasi, Google Bisnisku menyediakan fitur pertanyaan dan jawaban bagi calon pelanggan yang ingin bertanya-tanya seputar bisnismu. Menjadi poin plus apabila merespon dengan cepat pertanyaan tersebut.

Tidak hanya pelaku bisnis yang berperan, Bisnismu juga dapat di review oleh pelanggan. Disini akan terlihat pengalaman pelanggan yang disampaikan melalui rating dan ulasan. Penilaian tersebut menunjukkan citra bisnismu kepada pelanggan lain yang mengunjungi profil bisnis di Google Bisnis. Apabila mendapat penilaian yang positif, tentu pelanggan lain akan lebih tertarik dengan bisnismu.

Baca Juga: PayPal Adalah Alat Andalan Para Freelancer! Yuk, Ketahui Lebih Dalam

Manfaat Google Bisnisku

1. Menyebarluaskan bisnis

Saat ini, banyak tool di internet yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi terkait bisnis. Jika kamu mendaftarkan di Google Bisnisku, berarti probabilitas informasi bisnismu akan semakin meningkat.Apalagi Google Bisnisku merupakan tool dari Google, tentu berpengaruh besar dalam penyebarluasan informasi. Ingat, pencarian Google trafficnya sangat padat. Jadi, kemungkinan bisnismu akan muncul di pencarian Google.

2. Memberikan informasi seputar bisnismu

Kadangkala, pelanggan akan mencari informasi di internet sebelum mendatangi tempat tersebut. Dengan informasi bisnis di Google Bisnisku, pelanggan akan lebih banyak tahu akan informasi seperti alamat dan jam buka.

Selain itu, kamu dapat menambahkan lokasi bisnis yang terintegrasi ke Google Maps. Dengan itu, pelanggan akan lebih mudah mencari rute apabila memutuskan datang ke lokasi bisnis.

3. Meningkatkan kepercayaan

Pelanggan kadang ragu untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan di internet. Mereka takut mengambil resiko akibat banyak informasi palsu yang beredar luas di media internet.

Dengan fitur review di Google Bisnisku, pelanggan akan lebih tahu tentang keadaan suatu bisnis. Dengan review positif, mereka akan lebih yakin memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Cara mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku

Untuk mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini langkah-langkah daftar di Google Bisnisku.

  1. Login ke akun Google, kamu juga dapat membuat akun google baru disini. Akun tersebut nantinya digunakan sebagai akun yang tertaut dengan Google Bisnisku.
  2. Melengkapi informasi seperti nama bisnis, kategori, lokasi, informasi kontak. Informasi ini penting karena sebagai informasi dasar yang nantinya muncul pada halaman Google Bisnisku.
  3. Setelah selesai memasukkan informasi yang diminta, kamu dapat mengelola bisnis seperti memasukkan informasi tambahan yang diperlukan.

Nah, itu ulasan singkat tentang Google Bisnisku serta cara mendaftarnya. Bagi pebisnis, perlu untuk mengeksplor bisnisnya agar lebih dikenal banyak orang

Sumber Referensi:

  1. Google Bisnisku