5 Contoh UMKM Yang Dapat Dijadikan Inspirasi Usaha

penjual buah

Tertarik bikin usaha dengan modal kecil, tapi bingung mulainya dari mana? Banyak yang mengajukan pertanyaan seperti itu setelah melihat usaha-usaha baru yang melonjak di pasaran. Banyak contoh UMKM menjadi pilihan usaha yang menjawab pertanyaan tersebut.

Masih banyak orang yang tidak mengenal UMKM, padahal dampaknya sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Faktanya, Pada tahun 2018 silam, 99% pelaku usaha di Indonesia bergerak di bidang UMKM. Tentu itu jumlah yang sangat tinggi dan sangat berpengaruh.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu UMKM jangan khawatir, disini kami akan mengulas detail sebagai berikut.

Apa itu UMKM?

UMKM (Usaha mikro, kecil, menengah) merupakan suatu usaha dalam lingkup kecil yang pengelolaan dilakukan oleh individu atau perorangan. UMKM menjadi pilihan masyarakat karena beberapa hal seperti ide, modal, lokasi dan lain-lain.

Membangun bisnis tidak semudah yang dipikirkan, perlu praktek agar dapat merasakan gimana suasana nyata saat melakukannya. Kamu perlu memikirkan pemasaran, permodalan, manajemen dan lain-lain.

Pada krisis moneter pada tahun 1998, UMKM betul-betul menjadi penyelamat ekonomi negara. Namun berbeda pada pandemi Covid-19, UMKM terkena dampaknya yang berakibat banyaknya pekerja yang dirumahkan. Namun pada saat itu juga, banyak munculnya usaha baru sebagai pengganti pekerjaan sebelumnya.

Di era digitalisasi ini, tidak lupa pelaku UMKM banyak yang memanfaatkan e-commerce, media sosial, jasa ekspedisi untuk membantu kegiatan usaha. Banyak usaha yang go-online karena melihat peluang pasar yang luas. Dari sini, penggunaan teknologi tentu menunjang kebutuhan UMKM dalam meningkatkan penjualan.

Lalu, apa saja contoh UMKM yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin membangun usaha? Mari kita bahas di bawah ini.

Baca juga: Pebisnis! Yuk Kenalan dengan Google Bisnis Disini

Contoh UMKM

1. UMKM kuliner

Makanan menjadi hal yang menonjol di Indonesia. Sepanjang daratan nusantara ini memiliki kuliner unik yang mungkin saja belum banyak orang ketahui.

Kamu bisa memanfaatkan ide tersebut dengan membangun usaha makan mengeksplor masakan daerah. Agar semakin menarik, buatlah inovasi baru dengan mengubah citra rasa tanpa menghilangkan rasa aslinya.

Apalagi, masyarakat Indonesia sangat menyukai kuliner daerah. Siapa tahu kuliner yang kamu buat booming di pasaran kuliner, tentu akan meningkatkan penjualan dan melonjakkan usahamu.

2. UMKM kreatif

UMKM yang satu ini banyak bermunculan karena banyaknya inovasi baru yang bisa dijadikan usaha. Usaha ini memasarkan kerajinan tangan dengan nilai yang terletak pada sisi keunikan dan artistiknya.

Usaha ini dapat menjangkau pasar internasional apabila menarik perhatian lewat keunikan yang ditawarkan. Disini, peran teknologi tentu membantu dalam memasarkan produk lewat internet yang dengan mudah menjangkau pasar internasional.

3. UMKM reseller atau dropshipper

Buat kamu yang memiliki modal kecil, usaha ini cocok dijalankan karena lebih memanfaatkan teknik marketing. UMKM reseller atau dropshipper merupakan usaha untuk menjual produk milik perusahaan orang lain dengan mencari keuntungan saat menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Saat ini, prospek usaha ini sangat bagus karena bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Disini kamu bisa memanfaatkan teknik marketing sekreatif mungkin dan dapat direncanakan dalam membuat postingan di media sosial seperti video, deskripsi menarik dan lain-lain.

4. UMKM fashion

Saat ini, fashion menjadi kebutuhan yang sangat diminati apalagi di kalangan anak muda. Trend fashion seperti pakaian berubah-ubah setiap waktunya. Dalam hal ini, kamu bisa menjadi perancang busana atau produk fashion lainnya.

5. UMKM event organizer

Kini, ketika ada suatu event dari kalangan pemerintah atau pribadi, sering memanfaatkan jasa event organizer untuk mempermudah kegiatan. Terlebih dulu, handle kegiatan yang berskala kecil seperti acara ulang tahun, anniversary dan sebagainya.

Disini, kamu harus aktif dan juga kreatif. Apabila tidak bisa membeli properti, kamu bisa menyewa properti terlebih dahulu. Selain itu, menonjolkan hal unik dan menarik seperti hiasan atau dekorasi menjadi nilai tambah untuk perkembangan usaha.

Bagaimana? Apakah ada usaha UMKM diatas yang menjadi inspirasi usahamu? Siapa tahu kamu membuka lapangan pekerjaan bagi orang sekitarmu.

Sumber Referensi:

  1. Perjuangan Membangkitkan UMKM Lokal Dikala Pandemi
  2. Si Kecil Pemulih Ekonomi Nasional, Ini 5 Fakta Penting UMKM