Manajemen SDM: Bagaimana Fungsi dan Peran bagi Perusahaan?

seorang manajemen sdm

Ada begitu banyak tantangan bagi siapa yang memiliki serta menjalankan perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar, perusahaan skala kecil juga memiliki divisi manajemen SDM. Perusahaan perlu mengelola sumber daya manusia agar kegiatan dapat dikerjakan sebagaimana mestinya.

Yang pasti, suatu usaha tidak dapat berjalan jika hanya terdapat alat dan material saja, perlu elemen manusia dalam menjalankannya. Elemen manusia pastinya mengambil peranan penting terhadap keberhasilan perusahaan jika berada pada acuan target yang tepat.

Kali ini, kita akan membahas manajemen sumber daya manusia mulai dari pengertian hingga fungsi secara umumnya.

Apa itu manajemen SDM?

Pada Dasarnya, manajemen sumber daya manusia adalah praktik mengelola karyawan mulai dari perekrutan hingga mempekerjakan pada sebuah perusahaan. Divisi ini bertanggung jawab mengorganisir hubungan perusahaan dengan karyawannya.

Sebetulnya, ada dua sisi definisi SDM tersebut yaitu secara makro dan mikro. SDM secara makro mencakup pada jumlah orang dalam skala besar. Sedangkan SDM mikro merujuk kepada individu pada sebuah organisasi.

Dalam tugasnya, divisi ini akan membekali karyawan tentang visi dan misi perusahaan, budaya perusahaan, administrasi dan lain-lain. Tentunya, divisi ini mengenal betul bagaimana kebijakan dalam perusahaan dalam memposisikan struktur organisasi yang ideal.

Tidak hanya disitu, manajemen SDM kini tidak hanya berfokus dalam pemenuhan target, namun juga mengembangkan setiap kemampuan agar dapat memberikan sumbangan untuk pencapaian tujuan perusahaan.

Manajemen SDM atau istilah kerennya Human Resource juga perlu menjaga harmonisasi antar karyawan. Jika setiap karyawan dipenuhi oleh SDM yang berkualitas dan mampu menjalin hubungan solidaritas karyawan, tentu hal ini akan berdampak positif dalam kemajuan produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Strategi Penetepan Harga Produk Pada Bisnismu

Fungsi manajemen SDM

Pada dasarnya, terdapat beberapa fungsi manajemen sumber daya manusia terhadap perusahaan yaitu sebagai berikut.

Mengatur pekerja dalam organisasi

Manajemen SDM bertanggung jawab atas pengaturan karyawan pada organisasi perusahaan mulai dari proses rekrutmen hingga pemberhentian. Fungsi ini tentu menjadi langkah penting dalam mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan dapat bekerja maksimal sesuai job desc-nya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, tentunya divisi ini tidak asal-asalan melakukan tugasnya, harus memenuhi kebijakan yang telah ditetapkan.

Penilaian kinerja

Penilaian kinerja penting dilakukan di dalam perusahaan. Apabila dapat dilakukan dengan baik dan berkala, melakukan penilaian kinerja berguna untuk menunjukkan sejauh mana peran karyawan pada perusahaan.

Tentunya, hal ini diukur berdasarkan kemampuan karyawan setiap individu agar mampu menggali informasi yang sedetail mungkin.

Pelatihan dan pengembangan skill

Karyawan merupakan aset yang berharga pada perusahaan. Apabila manajemen SDM dapat memupuk aset tersebut dengan pengetahuan dan keterampilan, tentu saja akan menghidupkan talenta yang berpengaruh positif bagi organisasi.

Pengembangan skill tentunya dapat dilakukan melalui program pelatihan. Dengan adanya program pelatihan diharapkan akan memberi progress pada mindset karyawan. Penilaian kerja nantinya dijadikan alat ukur dalam menyatakan keberhasilan pengembangan skill.

Keselamatan tenaga kerja

Fungsi dan juga prioritas manajemen SDM adalah kesehatan dan keselamatan kerja karyawan. Kesehatan dan keselamatn kerja disini merupakan langkah untuk menciptakan lingkugnan kerja yang aman dan sehat.

Program keselamatan kerja akan memberikan akses perlindungan terhadap tenaga kerja. Untuk menciptakan budaya keselamatan kerja, manajemen SDM harus menerapkan peraturan K3.

Gimana peran manajemen SDM bagi perusahaan?

Keberadaan manajemen SDM tentu memberikan peran penting bagi pengelolaan karyawan dalam perusahaan.

Mengurus administrasi pekerja tidak hanya sekedar kegiatan catat-mencatat saja, namun perlu research kegiatan pekerja apabila terhadap permasalahan hubungan karyawan dengan perusahaan seperti ketidakpuasan tenaga kerja.

Selain itu, perlu evaluasi jangka panjang dalam menciptakan kualitas tenaga kerja agar kian berkembang. Disisi hubungan antar karyawan, manajemen SDM perlu menciptakan suasana harmonis agar meningkatkan kredibilitas dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dari situ, kamu dapat melihat berapa pentingnya keberadaan manajemen SDM pada perusahaan. Karyawan sebagai aset perlu dikelola agar memberikan titik maksimal bagi perusahaan.

Sumber Referensi:

  1. Mengenal Konsep dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. 7 Peran Penting Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan