Pekerjaan Menguasai Fungsi Microsoft Excel, Apa Saja?

berjabat tangan

Saat ini, banyak pekerjaan lepas yang memerlukan keterampilan fungsi Microsoft Excel. Microsoft Excel memang software secara umum digunakan untuk mengolah data. Mungkin kamu juga mengetahui saudaranya yang lain, seperti Microsoft Word dan Power Point.

Jika kamu berencana untuk berkarir menjadi seorang ahli di Excel, ada berbagai profesi yang dapat kamu tekuni. Tugas seorang yang bekerja dengan Microsoft Excel biasanya menangani dan bertanggung jawab atas informasi penting catatan perusahaan.

Beberapa pekerjaan mungkin mengharuskan untuk memiliki gelar seperti gelar sarjana atau diploma untuk melamar pekerjaan. Namun, tidak sedikit juga merekrut pekerja yang memiliki pemahaman tingkat dasar seperti memahami dasar fungsi Microsoft Excel, validasi data, dan penyajian tabel pivot di dalam Excel. Lalu, pekerjaan apa saja yang memerlukan kualifikasi excel? Simak dibawah ini.

Pekerjaan dengan kualifikasi Microsoft Excel

Administrasi Perkantoran

Bila berkaitan dengan administratif, maka akan dituntut memiliki penguasaan terhadap Microsoft Excel. Tidak hanya itu, software Microsoft Office lainnya seperti Word juga diperlukan.

Secara umum, pekerjaan ini berhubungan dengan pengelolaan data administratif perkantoran. Job description yang dilakukan tidak lepas dari penggunaan Microsoft Office seperti data entry, melakukan aktivitas pembukuan dan lain-lain. Apabila kamu tertarik menjadi admin perkantoran, mau tidak mau harus memahami fungsi Microsoft Office.

2. Sekretaris

Hampir sama seperti Administrasi Perkantoran, dalam perekrutan profesi sekretaris dituntut menguasai Microsoft Office. Walaupun sebagai asisten kantor, Excel tidak boleh lepas dari profesi ini.

Seorang sekretaris ditugaskan dalam membuat agenda rapat dan juga mengurus kegiatan administratif. Mereka biasanya juga bertanggung jawab atas rencana program dan kegiatan.

Baca Juga: 10 Rumus Microsoft Excel yang Sering Digunakan Admin Kantor

Manajer project/proyek

Manajer project bertugas merencanakan, menganggarkan, menentukan sumber daya untuk pelaksanaan proyek. Penggunaan Excel pada pekerjaan ini diperlukan untuk kegiatan perencanaan proyek yang akan diselenggarakan.

Microsoft Excel digunakan untuk mengatur tenggat waktu, pemilahan sumber daya serta penentuan tugas. Menjadi manajer proyek juga membutuhkan keterampilan dalam mengelola proyek dan berjalan baik hingga rampung.

Akuntan

Akuntan merupakan seorang yang ahli dalam bidang akuntansi yang bertugas dalam kegiatan menyusun anggaran, memeriksa laporan keuangan dan lain-lain. Melalui perkembangan teknologi digital, akuntansi sudah beralih menggunakan program-program dalam melakukan aktifitas pekerjaan. Salah satunya yaitu menggunakan Microsoft Excel.

Meskipun perusahaan menggunakan aplikasi khusus untuk mengelola keuangan, nyatanya kualifikasi menguasai Microsoft excel dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Microsoft excel menjadi pilihan yang terbuka apabila pengolahan data tidak dapat selesai menggunakan software akuntansi.

Analis Keuangan

Analis keuangan bertugas membantu kegiatan bisnis untuk mendapatkan keuntungan atas kegiatan yang dikerjakan. Selain itu, analis keuangan harus mampu menganalisa faktor dan kondisi ekonomi serta membuat prediksi keuangan dan ekonomi dalam jangka pendek dan panjang.

Pekerjaan ini juga termasuk menyusun data keuangan dan informasi, jadi sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara membuat laporan keuangan. Biasanya, Penggunaan aplikasi Excel menjadi pilihan dalam membuat laporan keuangan.

TU (Tata Usaha)

TU atau tata usaha merupakan bagian unit pelaksana yang penting dalam organisasi maupun perusahaan. Tata usaha memiliki tugas dalam penyusunan administratif pada bagian ketatausahaan.

Software Microsoft Excel sangat membantu tiap-tiap pekerjaan tata usaha mulai dari mengurus administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan lain-lain.

Banyak pekerjaan yang memerlukan persyaratan keterampilan Microsoft Excel. Dari informasi diatas, kamu dapat meningkatkan kesadaran betapa pentingnya melek teknologi, khususnya dalam dunia kerja. Akan sangat berguna jika kamu menyiapkan keterampilan tersebut dari sekarang.

Sumber Referensi:

  1. Peran dan Manfaat Microsoft Excel Dalam Dunia Kerja
  2. 15 Jobs that Require Excel Spreadsheet Skills