5 Trend Gaya Belajar Ala Igeneration

Hello! Kalian sebagai iGeneration gimana nih gaya belajar yang kalian suka? Metode belajar ini sangat penting loh, untuk kenyamanan gaya belajar kamu, kamu bisa menerapkan gaya belajar ini untuk mencapai tujuan secara efektif.  Nih, aku kasih saran gaya belajar yang akhir-akhir ini lagi disukai oleh iGeneration, Yuk simak apa saja sih?

1. iGeneration memanfaatkan Teknologi dalam Belajar

iGeneration hari ini tumbuh dengan adanya teknologi, mereka berkembang dan belajar juga dari teknologi. Teknologi sangat bermanfaat untuk melakukan kegiatan terutama dalam belajar. memanfaat kan hal ini untuk mereka belajar, memanfaat kan teknologi yang semakin canggih membuat iGeneration tidak perlu untuk keluar rumah untuk belajar. Cukup hanya membuka gadget atau laptop dirumah atau dikamar. 

Teknologi sangat membantu iGeneration untuk memudahkan belajar serta meningkatkan kemampuan belajar. serta bisa mengeksplorasi cara belajar mereka dengan menggunakan metode-metode yang ada di internet.

Sebagai contoh: iGeneration ingin belajar dengan visual mereka bisa menonton youtube atau belajar dengan menggunakan metode audio mereka bisa mendengarkan podcast melalui berbagai platform yang sudah menyediakannya.

2. Experiential Learning

experiental learning

Experiential Learning yaitu metode pembelajaran dengan fokus pada pengalaman iGeneration sendiri yang pernah dialami. Dengan terlibatnya iGeneration secara langsung dalam proses belajar, iGeneration bisa mengkonstruksikan pengalaman yang mereka alami menjadi pengetahuan yang bisa iGeneration pelajari. 

Metode yang paling efektif untuk iGeneration lakukan. Dalam metode ini memungkinkan iGeneration untuk belajar dengan memenuhi segala aspek dari proses pembelajaran mulai dari kognitif, emosi dan afektif. Terpenuhinya seluruh aspek menjadi hal paling penting dalam proses belajar. 

3. Learning By Doing

Mungkin iGeneration pernah mendengar learning by doing, metode belajar ini bukan hanya secara teori, namun dengan melakukan prakteknya. Konsep ini sangat cocok untuk iGeneration untuk melakukan secara aktif, metode ini efektif untuk diterapkan karena iGeneration menjadi berani bereksperimen dengan menggunakan teori dan melakukan validasi dari setiap hipotesis.

Hal ini bisa membantu iGeneration untuk berimprovisasi dan bisa lebih berkembang. Sebagai contoh : hari ini belajar tentang cara memasak, setelah melihat tutorial serta tips-tipsnya iGeneration langsung ingin praktik dong agar tutorial dan tips yang sudah dilihat tidak lupa dan terus diingat.

4. Belajar secara multitasking

Metode ini sering dilakukan iGeneration, menjadi trend belajar. Apa sih multitasking itu? Multitasking yaitu mengerjakan sesuatu secara bersamaan. Namun jangan salah, menggunakan metode ini harus tepat karena multitasking yang salah akan merugikan. Metode ini baik jika dilakukan dengan benar.

Sebagai contoh: mendengarkan podcast sambil melukis, mendengarkan lagu sambil mengerjakan tugas dll.

5. Butuh Tujuan yang Jelas 

iGeneration hari ini melakukan sesuatu harus memiliki tujuan yang jelas menurut mereka, karena dengan adanya tujuan mereka akan belajar dengan giat untuk mencapai tujuannya, tujuan ini bermanfaat untuk menjadi motivasi terus belajar dengan giat dan fokus untuk sampai pada tujuan yang mereka inginkan.

Sebagai contoh: Ingin menjadi seorang penulis novel maka iGeneration akan mencari tahu tentang menulis dan mereka akan belajar dengan bersungguh-sungguh dengan giat.

Nah, gimana nih pembahasan tentang metode belajar? Ternyata ada berbagai macam metode yang mungkin kamu sendiri sudah lakukan sekarang. Jangan lupa pakai metode belajar kamu sesuai dengan diri kamu agar belajar kamu menjadi efektif dan bermanfaat.