Ilustrasi Kurva Penjualan Strategi Pemasaran
,

4 Strategi Pemasaran Gerilya, Naikan penjualanmu

Ilustrasi Kurva Penjualan dalam Strategi Pemasaran

Bagi kamu para businessman/businesswomen tentu sudah tidak asing dengan strategi pemasaran. Istilah tersebut merupakan bagian dari perencanaan bisnis yang cukup penting, sebab dalam memilih pasar yang baik untuk sebuah produk dibutuhkan strategi yang tepat.

Hal tersebut bertujuan agar produk yang dikeluarkan dapat diterima dengan baik oleh para customer yang tepat juga.

Apa itu strategi pemasaran?

Humairaa dalam bukunya Apa sih, strategi pemasaran itu menyimpulkan, strategi pemasaran adalah daya cipta dan cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan oleh pimpinan tertinggi perusahaan, sedangkan fokus pemasaran dilakukan oleh manajer perusahaan.

Sederhananya, dalam rangka memenangkan persaingan pasar atas suatu barang/jasa diperlukan strategi pemasaran, agar produk yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh target pelanggan sehingga dapat menjaga kurva penjualan tetap stabil atau bahkan meningkat.

Dalam rencana pemasaran ada yang disebut dengan strategi pemasaran gerilya, nah sebenarnya seperti apa sih strategi pemasaran gerilya itu?

Definisi strategi pemasaran gerilya

Ilustrasi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran gerilya merupakan rencana pemasaran yang memfokuskan pada pelanggan, kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama. 

Menurut Dr. Alexander Thian dalam bukunya Dasar-dasar Perencanaan Bisnis menyatakan, strategi pemasaran gerilya meliputi teknik-teknik yang kreatif, berbiaya rendah, dan non konvensional.

Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan lebih efektif.

Rencana pemasaran gerilya

Ilustrasi Pelanggan

Ada 4 langkah yang harus dilakukan dalam rencana pemasaran gerilya menurut Hery dalam bukunya Perencanaan Bisnis, di antaranya sebagai berikut.

1. Menetapka pasar sasaran

Dalam menetapkan target market, perusahaan harus mempelajari pasar lokalnya, pelanggannya, serta kebiasaan dan preferensi pelanggannya dengan cara riset yang terperinci agar mendapatkan kelompok calon pelanggan yang tepat.

Melalui riset yang mendalam perusahaan dapat mengetahui gaya hidup, tingkat penghasilan, pola pembelian, apa saja yang menjadi kesukaan dan yang tidak disukai pelanggan, serta alasan mereka mau membeli.

Berdasarkan riset tersebut perusahaan dapat menentukan harga produk berdasarkan daya beli pelanggan.

kemudian membuat produk yang menarik sesuai selera dan kebutuhan mereka, serta memberikan layanan yang mereka harapkan sehingga dapat memberikan kepuasan.

2. Riset pasar

Zaman yang semakin berkembang memungkinkan perubahan tren demografis yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis terutama yang berkaitan dengan pelanggan.

Agar dapat memenangkan persaingan bisnis, perusahaan harus memperhatikan trend demografis dan merencanakan strateginya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara riset pasar.

Melalui riset pasar, perusahaan dapat memperoleh informasi mengenai pelanggan.

Sehingga perusahaan bisa mempelajari cara meningkatkan kualitas kepuasan pelanggan yang telah ada serta menemukan alternatif untuk menarik pelanggan baru.

Riset pasar harus selalu dilakukan agar perusahaan dapat terus menyeimbangi trend-trend baru yang sedang meledak di masyarakat.

Hal tersebut aga perusahaan tidak kehilangan pelanggannya yang pindah ke perusahaan kompetitor karena lebih maju dalam inovasi sesuai trend.

3. Menganalisa keunggulan kompetitif dalam Strategi Pemasaran

Dalam persaingan bisnis, keunggulan kompetitor harus menjadi pertimbangan dalam melakukan inovasi. Hal tersebut agar perusahaan dapat mengungguli para kompetitor nantinya.

Menganalisis keunggulan kompetitif adalah hal yang sangat penting, karena setiap kompetitor pasti bersaing melalui keunggulan tersebut agar dapat memenangkan hati masyarakat calon pelanggan.

Setelahnya perusahaan perlu menyusun strategi pemasaran gerilya sesuai dengan keunggulan tersebut.

4. Bauran pemasaran

Menciptakan bauran pemasaran yang memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sangatlah penting.

Dalam strategi pemasaran terdapat empat unsur utama yaitu, product (produk), place (tempat atau metode distribusi), price (harga), dan promotion (promosi).

Masing-masing unsur tersebut memiliki peran dalam menciptakan pemasaran yang baik.

a. Produk (product)

Produk merupakan hal yang ditawarkan pada pelanggan, dalam menciptakan suatu produk perusahaan harus mempertimbangkan nilai kebutuhan dan kepuasan pelanggan. 

b. Tempat (place)

Tempat atau metode distribusi menjadi pertimbangan kedua, menciptakan kemudahan dalam mengakses produk perusahaan merupakan nilai plus yang diinginkan pelanggan.

Seperti contoh zaman dulu ojek hanya ada di pangkalan saja, sehingga ketika seseorang membutuhkan jasanya diperlukan usaha lebih untuk menuju pangkalan.

Namun dengan adanya inovasi ojek yang bisa dipesan secara online, kemudahan dalam mendapatkan layanan jasa tersebut memberikan kemenarikan di mata masyarakat karena dapat membantu kehidupan sehari-hari mereka.

Oleh sebab itu tempat atau metode distribusi juga menjadi penentu apakah produk perusahaan dapat tersampaikan dan diterima dengan baik atau tidak oleh pelanggan.

c. Harga (price)

Price atau harga merupakan faktor penentu apakah pelanggan akan membeli barang/jasa yang ditawarkan perusahaan atau tidak.

Harga juga bergantung pada siapa yang menjadi target pasar dan struktur biaya, jika yang menjadi target kalangan atas maka harga akan mengikuti kualitas namun jika yang menjadi target masyarakat biasa maka biasanya kualitas mengikuti harga.

Artinya penentuan harga, selain melihat besaran biaya produksi agar mendapatkan keuntungan juga perlu menganalisis dari sisi siapa yang akan membelinya.

Namun meskipun begitu survey harga juga sangat penting agar penentuan harga tidak terlalu berbeda jauh dengan harga di pasaran.

d. Promosi (promotion)

Promosi merupakan komponen bauran pemasaran yang terakhir sekaligus yang paling penting.

Alasannya, karena selain tujuan promosi untuk membujuk pelanggan juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan dari manfaat sampai keunggulannya.

Tentunya harus dilakukan dengan cara yang menarik dan jujur sehingga masyarakat dapat memberikan pertimbangan untuk membeli produk tersebut.

Paparan di atas merupakan sedikit penjelasan mengenai strategi pemasaran gerilya, yaitu strategi pemasaran yang memfokuskan pada pelanggan.

Ingat! untuk menjadi seorang pebisnis yang handal diperlukan kemampuan perencanaan bisnis yang baik terutama dalam menentukan strategi pemasaran.