tantangan membangun self developoment

6 Tantangan Membangun Self Development yang Perlu Kamu Ketahui!

Pengembangan dan peningkatan kemampuan pribadi sangat penting. Sayangnya tidak sedikit tantangan dalam self development dan self improvement yang bisa berasal dari dalam diri sendiri. Agar bisa bisa bertambah maju, maka harus mampu menjawab tantangan tersebut.

Untuk bisa membangun self development harus berasal dari diri sendiri. Meskipun orang lain dan lingkungan cukup berperan, namun fungsinya hanya sebagai pendorong. Sedangkan penggeraknya masing-masing individu tersebut.

Apa saja tantangan dalam membangun self development?

Self development dan self improvement sering menjadi masalah serius sehingga seseorang tidak dapat berprestasi dengan maksimal. Karena itu setiap pribadi harus mampu mengatasinya. Dengan beberapa langkah yang konsisten dan berkelanjutan, seseorang bisa berkembang dan memanfaatkan potensinya.

Sebelum melakukan perubahan, baik pembangunan maupun pengembangan pribadi harus paham apa saja yang menjadi tantangannya. Hal inilah yang harus terpecahkan sehingga seseorang bisa berkembang dan berprestasi. Apa saja tantangan dalam self development?

1. Belum bisa menghilangkan rasa malas

Sikap malas menjadikan seseorang akan stagnan pada kondisi sekarang, bahkan bisa tertinggal dari teman-temannya. Semakin lama kemampuan dan potensinya tidak akan mampu digunakan untuk bersaing karena sudah ketinggalan zaman. 

Salah satu tantangan ketika mengembangkan diri adalah belum mampu menghilangkan atau mengalahkan rasa malas tersebut. Langkah yang bisa dilakukan untuk melawannya adalah dengan membuat mapping dan perencanaan. Dengan demikian akan tercipta motivasi untuk bergerak dan mencapai rencana tersebut.

2. Tidak mau membuka diri

Sikap posesif, tertutup merupakan penghalang seseorang untuk maju. Tantangan untuk pengembangan diri adalah harus mau membuka diri menerima masukan maupun kemungkinan  untuk bisa maju.

Begitu juga membuka diri untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain sangat penting. Dengan mengalahkan rasa tertutup dapat membuka kesempatan masuknya ilmu, pengetahuan dan motivasi dari pihak lain. tujuannya adalah agar lebih bersemangat untuk mengembangkan diri sehingga mempunyai nilai kompetitif.

3. Tidak proaktif

Kurang mau berperan aktif mencari informasi atau bergabung dengan komunitas merupakan tantangan yang harus segera dipecahkan. Jangan sampai sikap apatis menghalangi kemungkinan untuk pengembangan diri sehingga terus menerus tertinggal dan tidak mempunyai daya saing.

4. Ragu pada kemampuan sendiri

Tantangan berikutnya adalah memecahkan rasa ragu pada kemampuan diri sendiri. Jika selalu ragu maka tidak akan mempunyai kekuatan untuk memenangkan kompetisi, baik melawan diri sendiri maupun orang lain. 

Rasa ragu bisa menjadi penghambat karena menjadikan seseorang enggan untuk mencoba hal baru. ini yang menjadikannya tidak berkembang karena selalu berada di zona nyaman. Sedangkan untuk bisa semakin maju harus berani memasuki hal baru dan menyelesaikan semua persoalan

5. Susah menerima kritikan

Untuk bisa lebih maju, seseorang membutuhkan kritikan atau penilaian sportif dari orang lain. Tidak harus bersifat membangun, kritikan yang menjatuhkan pun bisa menjadi pemicu seseorang untuk lebih bisa berkembang jika pandai menyikapi.

6. Susah untuk konsisten

Agar bisa mengembangkan diri, perlu melakukan usaha secara konsisten. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri karena tidak semua orang bisa. Banyak yang baru beberapa kali aksi, sudah berharap adanya perubahan signifikan.

Tentu ini susah terjadi. Karena itu, seseorang yang ingin mengembangkan diri harus melakukan usaha secara terus menerus. Sayangnya, banyak penghalang yang menyebabkan seseorang tidak lagi konsisten. Jika dapat melawan hal tersebut maka untuk menjadi pribadi maju dan siap berprestasi lebih mudah.

Self development dan self improvement merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Dengan kemampuan melakukannya, potensi dan bakat terpendam bisa berkembang sehingga seseorang lebih berprestasi dan mudah mencapai kesuksesan.