Belajar Finansial

Belajar Finansial Gratis? 7 Rekomendasi Channel Finance!

Orang bilang uang bukanlah segalanya, tetapi segala membutuhkan uang. Jika kamu sudah bekerja, wajib hukumnya untuk mengelola keuangan kamu dengan baik. Banyak yang mengeluhkan sudah bekerja lama, tetapi jangankan aset, uang tabungan pun tidak punya.

Mungkin bisa disebabkan karena pemasukan dan pengeluaran yang tidak seimbang. Oleh karena itu belajar manajemen keuangan (Financial Management). Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pengeluaran dan mengalokasikan untuk modal atau simpanan.

Untuk mempelajari manajemen keuangan tidak harus berkuliah, tidak juga harus mengikuti seminar yang membosankan dan membuat ngantuk. Kemajuan teknologi memudahkan kamu untuk mengakses segala informasi.

Kamu bisa belajar melalui video Youtube, beberapa konten kreator mengemas pembahasan mengenai pengelolaan uang dengan lebih ringkas, jelas, dan menyenangkan.

Berikut Depanlayar.id akan membahasnya, jadi simak sampai akhir untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

1. Raditya Dika

Kanal Youtube pertama datang dari Stand Up Comedian terkenal Indonesia, yaitu Raditya Dika. Meski tidak berfokus pada pembahasan keuangan, Raditya Dika sering membahas mengenai finansial dan sejenisnnya. 

Pembahasan yang sederhana memudahkan kamu yang awam untuk belajar finansial dan pengelolaannya.

Bahkan, beberapa kali Raditya Dika mendatangkan ahli untuk berbagi ilmu dengan penontonnya. Dalam satu video, ia sendiri yang menjelaskan perhitungan keuangan persiapan biaya pendidikan anak hingga dana pensiun.

Video yang disajikan sangat menarik, Raditya Dika selalu berhasil membuat penontonnya tidak merasa bosan. Karena disela-sela penjelasan, ia akan membuat lelucon.

2. Belajar Finansial dari Felicia Putri

Sebagai seorang Investment Storyteller, Felicia Putri Tjiasaka mampu membuat penontonnya paham dengan persoalan keuangan. Dalam kanal Youtubenya Felicia menjelaskan berbagai hal pengelolaan keuangan, mulai dari investasi, ekonomi, dan aset.

Tidak hanya di Youtube Felicia juga membuat konten video TikTok dan Instagram. Dengan durasi pendek ia bisa menjelaskan investasi secara sederhana.

3. Belajar Finansial dari Raymond Chin

Partner bisnis Felicia Putri di perusahaan startup Ternak Uang ini juga seorang konten kreator. Raymond Chin membuat video pendek di Youtube, TikTok dan Instagram.

Sasaran utama penontonnya adalah para milenial dan generasi. Sebab, menurutnya dua generasi itu lebih melek masalah finansial ketimbang generasi sebelumnya.

4. Samuel Christ

Anak muda Indonesia ini dikenal sebagai seorang Youtuber dengan konten berfokus seputar investasi dan bisnis. Pengusaha muda asal Makassar ini di saluran Youtubenya, dengan tujuan mulia membantu subscribernya menjadi miliarder muda seperti dirinya.

Video berdurasi pendek dikemas secara singkat dan padat. Sehingga, kamu akan mudah menangkap poin-poin penting yang ada di dalam video Youtube tersebut.

5. Samuel dan Claudia

Pasangan muda yang mengklaim menjalani hidup frugal living sejak beberapa tahun lalu. Paham Frugal living adalah kesadaran penuh seseorang saat mengeluarkan uang.

Mereka aktif membagikan kisahnya dan berbagi tips menjalani kehidupan dengan cara hemat dan cermat. Keduanya, rela membawa bekal dan minuman ke kantor, menggunakan angkutan umum, membeli barang sesuai kebutuhan, tidak bergonta-ganti smartphone.

Samuel dan Claudia selalu selektif dan tidak mudah terbawa tren atau hobi kekinian. Mereka bahkan memutuskan tinggal di rumah orang tuanya untuk menekan biaya pengeluaran bulanan.

6. Belajar Finansial dari Asah Pola Pikir

Bila kamu pernah menontonnya, pasti akan tahu sosok Pak Win. Kontennya seputar dunia kerja dan rahasia bisnis yang informatif. Orang hafal dengan slogan “Hah Kok Gitu Sih?” karena kontennya selalu FYP di TikTok. Bahkan, di platform mana pun seperti Youtube, akan selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya.

Meskipun, videonya cukup singkat kamu akan dengan mudah memahami inti pesan yang disampaikan. Sebab, pengemasan bentuk sketsa percakapan dua orang terlihat tidak menggurui.

7. Doddy Bicara Investasi

Seorang Dosen Teknik Sipil di Universitas Kristen Petra dan content creator, Doddy berbagi ilmu tentang mengelola keuangan. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Raditya Dika untuk membahas Dana Pensiun. 

Doddy membuat video tentang investasi di Youtube pertama kali pada akhir tahun 2019. Alasannya, karena seorang mahasiswanya memintanya saat mendengar penjelasan yang detail. 

Di dalam penjelasan time value of money, Doddy mencontohkan pengalaman investasinya. Doddy selalu terang-terangan menjelaskan nilai nominal dan perhitungan lainnya. 

Lambat laun satu hingga dua videonya masuk ke dalam algoritma Youtube. Kemudian, banyak sekali orang yang merasa terbantu dengan pengajaran pengelolaan uang dari Doddy. 

Itulah 7 Rekomendasi Channel Youtube belajar Pengelolaan Finansial secara Gratis. Jadi, tidak perlu ragu lagi belajar manajemen keuangan.

Kamu bisa memulainya dengan menonton video konten kreator yang sudah disebutkan di atas. Tunggu apa lagi, belajar yuk!

Baca Juga : 7 Rekomendasi Channel Youtube Musik, Jadi Mood Booster Kamu!