Sertifikasi Microsoft Office Specialist, Penting?

sertifikasi MOS

Melihat persaingan dunia kerja saat ini, tidak hanya dapat dilihat dari tingkat pendidikan yang ditempuh, namun juga perlu melihat di sisi lain seperti kemampuan dan keterampilan. Oleh karena itu, maka harus mengikuti sertifikasi yang dapat meningkatkan keterampilan di suatu bidang, salah satunya dengan sertifikasi MOS.

Menjadi profesional IT yang terdepan memberikan kontribusi dalam sebuah pencapaian kerja. Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) menunjukan bahwa kamu memiliki keahlian kompetensi yaitu di bidang mengoperasikan Microsoft Office.

Ingin mengenal lebih dalam dengan Sertifikasi Microsoft Office Specialist? Yuk pelajari MOS lebih dalam.

Apa itu Microsoft Office Specialist

Dilansir dari Myedusolve, Microsoft Office Specialist (MOS) merupakan sertifikasi yang akan menguji pengetahuan dan keterampilan terhadap program-program Microsoft Office, mulai dari Word, Excel, dan lain-lain. Sertifikasi ini bertujuan untuk memvalidasi bahwa seseorang dengan standar kompetensi mengoperasikan program-program Microsoft Office.

Dikutip dari Microsoft, terdapat beberapa jenis ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS), yaitu Microsoft Office Specialist, Microsoft Office Specialist Expert, dan Microsoft Office Specialist Master. Adapun program yang diujikan adalah sebagai berikut:

1. Microsoft Office Specialist

Kamu akan dinyatakan lulus sertifikasi Microsoft Office Specialist apabila lulus salah satu ujian dibawah ini:

  • Microsoft Office Specialist: Word
  • Microsoft Office Specialist: Excel
  • Microsoft Office Specialist: PowerPoint
  • Microsoft Office Specialist: Access
  • Microsoft Specialist: SharePoint
  • Microsoft Office Specialist: Outlook
  • Microsoft Office Specialist: One Note

2. Microsoft Office Specialist Expert

Untuk lulus Sertifikasi Microsoft Office Specialist Expert, kamu wajib lulus pada ujian program Word atau Excel. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan tingkat lanjut dalam Program Microsoft Office utama.

Baca juga : Tingkatkan Skill Microsoft Office dengan Tips Berikut!

3. Microsoft Office Specialist Master

Jika kamu ingin lulus dalam sertifikasi Microsoft Office Specialist Master, kamu wajib lulus pada ujian program Word dan Excel. Selain itu kamu juga wajib lulus pada salah satu ujian program Microsoft Office lainnya seperti Powerpoint, Access, Outlook atau program Microsoft Office lainnya. Apabila kamu lulus pada sertifikasi ini, menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan yaitu mahir dalam mengoperasikan Program Microsoft Office.

Format Soal & Bahasa yang Digunakan Saat Tes

Sebelum mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist, alangkah lebih bagusnya kamu mengetahui bahasa dan format soal yang terdapat saat ujian nantinya.

Dilansir dari International Test Center (ITC), bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Inggris. Jadi untuk kelancaran pengerjaan tes nanti, diharapkan kamu menguasai Bahasa Inggris secara aktif. Format soal yang mungkin terdapat saat sertifikasi berlangsung bervariasi yaitu:

  • Pilihan ganda
  • Mencocokan
  • Simulasi (pertanyaan berbasis kinerja).

Perlu diketahui, format ujian pada setiap programnya berbeda-beda. Setelah menyelesaikan ujian, nilai dan hasil lulus akan otomatis muncul pada layar. Jumlah nilai yang akan diperoleh yaitu pada rentang 1-1000. Apabila kamu berhasil meraih skor 700/1000 atau diatasnya, maka kamu akan lulus ujian Sertifikasi.

Seberapa Penting Sertifikasi Microsoft Office Specialist?

Sertifikasi menjadi yang penting dimiliki oleh tenaga kerja. Ini berlaku tidak hanya pada profesi formal saja, namun juga penting dimiliki oleh pekerja informal. Namun, seberapa penting keperluan sertifikasi Microsoft Office Specialist tergantung kepada kebutuhan dirimu sendiri. 

Seperti yang telah diketahui, Sertifikasi memberikan pengakuan kepada tenaga kerja terkait kemampuan dan keterampilan di bidang tertentu. Apabila kamu ingin melamar kerja dengan syarat menguasai Microsoft Office, akan lebih baik jika bisa melampirkan sertifikasi untuk meyakinkan kepada organisasi atau perusahaan.

Nah apakah kamu tertarik mengikuti Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS)? Alangkah lebih baik jika kamu mempelajari lebih lanjut mengenai dokumentasi Microsoft Office agar nantinya ketika mengikuti tes dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sumber Referensi:

  1. Dapatkan sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS)
  2. Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja
  3. Microsoft Office Specialist (MOS)