eksistensi-self-development

Cara Melakukan Eksistensi Self Development di Era Kekinian

Self development memang menjadi tanggung jawab masing-masing personal. Hal ini berarti, Anda sendiri seharusnya memiliki kemauan dan tekad untuk mengembangkan kualitas diri. 

Jadi tidak peduli siapapun Anda, berapa usia, dan bagaimanapun keadaan saat ini, personal development harus tetap dilakukan sepanjang hidup. 

Alasannya, Anda harus terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri agar tidak tertinggal dari kemajuan zaman yang terus mengalami perubahan. 

Ini karena semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi, akan banyak terjadi perubahan yang menuntut Anda secara tidak langsung untuk menyesuaikan diri. 

Cara Melakukan Eksistensi Self Development di Era Kekinian

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan diri asalkan Anda bertekad sepenuh hati untuk melakukannya. Berikut ini sudah ada beberapa cara self development, yaitu:

1. Membangun Kesadaran Diri

Langkah paling dasar dalam proses mengembangkan kualitas diri yaitu kesadaran akan diri sendiri. 

Anda harus mengenali diri dengan sebaik mungkin, termasuk mengenali kekurangan dan kelebihan diri. 

Selanjutnya, lihatlah sekeliling Anda dan cari tahu, apakah kekurangan diri saat ini yang ada di dalam diri perlu dilakukan perbaikan. Misalnya saja, dalam dunia kerja di masa modern sekarang menuntut pekerja untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif. 

Nah, apakah Anda harus memiliki self development tentang kemampuan berbahasa inggris? 

Apabila tidak, cobalah ikut terlebih dahulu kursus bahasa Inggris. Untuk kemampuan mendasar, Anda dapat ikut kursus Bahasa Inggris untuk Pemula. 

Sementara itu, jika Anda sudah memiliki pemahaman dasar terkait bahasa Inggris. Maka Anda bisa meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris Tingkat Menengah.

2. Memiliki Arah Hidup yang Jelas

Sesudah Anda sadar betapa pentingnya untuk mengembangkan kualitas diri, berikutnya miliki gambaran terkait arah kehidupan seperti apa yang ingin Anda capai. 

Hidup ini seperti sebuah perjalanan. Meskipun ada tujuan yang ingin dicapai. Dengan mempunyai tujuan yang jelas, Anda pasti menjadi lebih bersemangat menjalani setiap hari yang dilalui. 

Penetapan dari self development menjadi bagian penting agar tidak tertinggal dalam era yang berjalan cepat seperti sekarang. 

Oleh karena itu, dalam menentukan target, tentu dibutuhkan penentuan target yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, serta fokus pada timeline yang ditentukan. 

Hal ini dilakukan agar lebih mudah dan tepat dalam menentukan arah dan tujuan hidup. Jadi milikilah Teknik Menentukan GOAL atau Tujuan Hidup.

3. Meningkat Terus Kemampuan

Tidak ada satupun, manusia di dunia ini yang benar-benar sempurna. Oleh karena itu, setiap orang pasti memiliki kekurangan, termasuk Anda. 

Terkadang, ada saatnya Anda merasa sudah memiliki cukup kemampuan untuk bisa bekerja dengan baik. Ini sebenarnya tidak salah, namun alangkah baiknya, kemampuan yang sudah dimiliki, terus ditingkatkan dan dikembangkan lagi. 

Apabila di tahun sebelumnya karir Anda sudah mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, maka pada tahun ini sudah waktunya kembali membuat perencanaan karir lanjutan.

Contohnya saja, dari jabatan supervisor maka sekarang Anda perlu memikirkan langkah untuk menjadi seorang manajer. Cari tahulah apa saja yang harus Anda siapkan, langkah apa saja yang perlu diambil, dan lain sebagainya. 

Sesudah Anda memiliki niat dan tekad untuk membangun self development, maka sudah saatnya Anda perlu bergegas menyusun langkah dan segera memulainya. 

Saat ini sudah banyak webinar, seminar, kursus online gratis maupun berbayar yang bisa Anda ikuti untuk mengembangkan kemampuan diri. Jadi Anda hanya perlu mengumpulkan niat sebanyak-banyaknya untuk meraih cita-cita.