, ,

Mengenal Bisnis Jastip dan 3 Tips Memulainya

belanja
travel.kompas.com

Jastip atau jasa titip merupakan bisnis menjanjikan dan mudah dilakukan. Usaha Jastip ini menyediakan jasa untuk pembelian barang diluar jangkauan konsumen. Profit dari usaha ini yaitu setiap pembelian barang, penjual akan menentukan berapa marginnya. Selain itu, bisnis jastip ini terbilang mudah dilakukan oleh siapapun loh, tertarik mencoba? Yuk simak artikel berikut ini! 

Jastip itu apa dan bagaimana cara kerjanya?

Jastip atau dikenal dengan jasa titip merupakan usaha tanpa modal yang menyediakan jasa untuk membeli barang oleh konsumen dimana penjual itu berada dan barang yang tersedia diluar jangkauan konsumen. Pembeli tidak perlu datang jauh-jauh ke tempat dimana barang yang ia inginkan berada, pembeli hanya tinggal melakukan penitipan pembelian kepada penyedia jastip.

Oke, mari belajar cara kerjanya …. 

Untuk mendapatkan keuntungan dengan usaha jastip tanpa modal ini, kamu harus tau bahwa jastip merupakan bisnis pre-order, dimana kamu akan membelikan suatu barang setelah pembeli melakukan pemesanan dan mengirimkan sejumlah uang. Setelah kamu melakukan promosi terkait usaha jastip itu, kamu juga diminta menentukan seberapa besar margin di tiap barangnya dan berapa besar biaya yang dikenakan untuk jastip. 

Sudah tertarik memulai bisnis jastip? Yuk simak tips memulai bisnis jastip berikut ini!

Menentukan Target Pasar dan Promosi 

remaja

Ketika memulai bisnis, kamu perlu menentukan siapa target pasar kamu dan bagaimana kamu akan melakukan promosi. Target pasar untuk usaha jastip sendiri mulai dari remaja hingga orang dewasa. Berbagai barang yang diminati untuk jastip umumnya berupa barang branded, skincare dan makanan. Promosi sendiri dapat menggunakan social media berupa instagram, facebook dan lain-lain. Untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi, kamu dapat menambahkan hastag di caption promosi kamu. 

Memberikan Pelayanan Lebih 

sale diskon

Untuk mendapatkan banyak pelanggan diantara banyak kompetitor, maka kamu harus memberikan pelayanan lebih di bisnis kamu. Beberapa contoh pelayanan yang dapat kamu terapkan di bisnis jastip kamu antara lain promo buy 1 get 1, undian liburan, dan poin setiap melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. 

Memperhatikan Mobilitas Jastip

belanja

Mobilitas usaha jastip kamu juga perlu diperhatikan karena kamu akan membawa beberapa barang titipan pembeli. Kamu harus mengira-ngira apakah kamu bisa membawa barang tersebut sampai tujuan dengan aman. Jangan membeli barang terlalu banyak apabila membuat kamu kesulitan membawa atau minta tolong orang lain membantu membawakan barang tersebut. 

Nah, itu tadi pengenalan mengenai jastip dan tips memulainya. Dari bacaan diatas, apakah kamu tertarik membuka jasa titip? Komen dibawah untuk tau jawabanmu!

Baca Juga :

4 Rekomendasi Film Bisnis dan Finansial Terbaik