Jurus Jitu Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Siap-siap di wawancara kerja nanti kamu bakal ketemu pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”. Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan di tiap interview kerja.

Walau terkesan sederhana, kurang tepat kalau kamu anggap remeh pertanyaan ini. Tidak sedikit pelamar kerja, karena kurang siap, jawabannya jadi bertele-tele, ngalor-ngidul tanpa arah, nge-lantur kemana-mana.

Padahal, pertanyaan ini sebenarnya bisa jadi ajang buat kamu promosi diri, kesempatan buat kamu nunjukin kemampuan kamu, pengalaman, hingga prestasi yang pernah kamu raih. Artikel ini bantu kamu susun jawaban yang tepat, yang ringkas tapi tetap informatif, jawaban yang terarah, atas pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”.

Bagaimana cara menjawab pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda”?

Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda"
Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Harusnya tak sulit menjawab pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”. Kuncinya, hindari menceritakan semua hal tentang diri kamu. Fokus hanya pada keterampilan kamu, pengalaman, dan prestasi yang pernah kamu capai selama ini yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Berikut di bawah ini dijelaskan kira-kira apa saja yang perlu kamu sampaikan, serta bagaimana struktur penyampaiannya secara rapi berurutan. Pelajari dengan seksama, kalau perlu kamu catat, supaya kamu siap sewaktu wawancara kerja nanti ditanya “Ceritakan Tentang Diri Anda”

1. Perkenalan Identitas Diri Secara Singkat

Di awal kesempatan kamu diminta untuk bicara, sempatkan mengucapkan terima kasih karena kamu telah diundang dalam sesi wawancara. Kemudian, sebagai orang yang baru bertemu, perkenalkan identitas diri kamu, tapi secara singkat, cukup nama, nama panggilan, dan usia kamu.

2. Jelaskan Kegiatan Apa Saja yang Sedang Kamu Kerjakan Saat-Saat Ini

Berikutnya, ceritakan tentang kegiatan apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Kalau saat ini kamu sedang bekerja, sebutkan perusahaan tempat di mana kamu bekerja sekarang, bidang pekerjaan kamu, dan apa yang kamu kerjakan sehari-hari.

Jika kamu baru lulus kuliah atau sekolah, kamu bisa sebutkan perguruan tinggi atau sekolah, jurusan yang kamu ambil, juga secara singkat apa yang kamu pelajari selama kuliah.

Sementara bagi kamu yang belum punya pekerjaan, ceritakan kegiatanmu selama ini dalam meningkatkan keterampilan kamu untuk bisa mengisi posisi pekerjaan yang lagi kamu lamar ini.

3. Jelaskan Pengalaman Kamu Selama Ini yang Berkaitan dengan Posisi Lowongan Pekerjaan yang Kamu Lamar

Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda"
Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Pengalaman kerja kamu selama ini bisa jadi nilai lebih kamu di mata perusahaan. Ceritakan deskripsi pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab semasa pengalaman kerja kamu, terutama yang paling berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Jika memungkinkan, kamu bisa tambahkan perjalanan karier kamu mulai dari awal merintis sampai posisi saat ini.

Kalau kamu baru lulus kuliah, pengalaman organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang pernah kamu ikuti juga serupa layaknya pengalaman kerja. Di sana, di dalam organisasi, kamu juga terbiasa bekerja bersama tim, bekerja dengan target yang harus dicapai, dipaksa kreatif, dilatih memimpin, atau juga berkomunikasi dengan banyak orang.

4. Sampaikan Keterampilan dan Prestasi yang Pernah Kamu Capai

Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda"
Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Yang terakhir, yang tidak kalah penting, rincikan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki, baik yang kamu dapat dari kursus maupun sekolah formal, atau juga dari pengalaman bekerja.

Tak perlu semua keterampilan mesti kamu sebutkan, cukup yang paling cocok dengan kebutuhan pekerjaan yang kamu lamar saja. Tunjukkan bahwa keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki bisa jadi kontribusi positif buat kemajuan perusahaan.

Juga tak ada salahnya kalau kamu tonjolkan pencapaian yang pernah berhasil kamu raih. Sebagai contoh, kamu sukses mencapai KPI di perusahaan tempat kamu pernah bekerja, atau kamu selalu berhasil mencapai target penjualan, atau juga performa marketing kamu selalu positif.

Kalau kamu baru lulus kuliah, pencapaian kamu dalam berorganisasi bisa dalam bentuk menang kompetisi, atau berhasil terlaksananya sebuah acara, dan kamu punya andil di dalamnya.

Wawancara Kerja Merupakan Kesempatan Besar Bagi Kamu

Wawancara Kerja Merupakan Kesempatan Besar Bagi Kamu
Wawancara Kerja Merupakan Kesempatan Besar Bagi Kamu

Kalau kamu sudah sampai di tahap wawancara kerja, artinya sebenarnya kamu merupakan salah satu kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berdasarkan CV yang kamu kirim, kamu punya kriteria untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Jangan sia-siakan kesempatan ini. Persiapkan betul-betul, supaya setelah wawancara kerja, perusahaan justru makin yakin sama kamu. Tak perlu kamu hafal. Catat saja poin-poin pentingnya dan pahami, sehingga kalau ketemu pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”, kamu bisa jawab senatural mungkin.

Semoga artikel ini bisa bantu kamu, ya. Boleh sangat kalau kamu mau bagikan artikel ini ke kerabat yang mungkin punya pergumulan yang sama. Spesial buat kamu, sukses untuk wawancara kerjanya nanti ^^

Baca Juga: Bagian “Tentang Saya” di CV, Lengkap Disertai dengan Contoh