,

4 Kegiatan Produktif Untuk Fresh Graduate

produktif
www.rukita.co

Setiap fresh graduate setelah lulus pasti memiliki masa untuk mencari pekerjaan bukan?. Sebagian fresh graduate ada yang telah mendapatkan pekerjaan, dan sebagian lainnya masih mencari. Sembari mencari-cari pekerjaan, waktu luang sebaiknya diisikan dengan kegiatan-kegiatan produktif. 

Nah, apa saja sih kegiatan produktif yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luang sebagai fresh graduate? Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Berkunjung ke Job Fair atau Seminar

seminar
www.exsopro.co.id

Kegiatan produktif yang pertama yaitu berkunjung ke job fair dan seminar. Sembari menunggu pengumuman pekerjaan, kamu bisa loh datang ke job fair, kemudian menyebarkan CV dan portofolio kamu ke perusahaan-perusahaan di job fair. Mungkin saja kan ada perusahaan yang tertarik dengan CV kamu?. Kamu juga bisa menghadiri beberapa seminar untuk menambah ilmu loh. 

2. Memulai Bisnis Online

online shop
www.adira.co.id

Bisnis online merupakan kegiatan produktif selanjutnya yang cocok untuk fresh graduate yang ingin mengisi waktu luangnya sambil mendapatkan tambahan penghasilan. Dengan berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara online, maka perkembangan bisnis kamu akan semakin meningkat. 

3. Produktif Mengikuti Kursus Online

kursus online
xdana.com

Mengikuti kursus online sembari menunggu pekerjaan datang adalah alternatif yang bagus karena dari kursus tersebut kamu bisa lebih mempersiapkan diri, mendapatkan sertifikat, dan meningkatkan skill. 

4. Produktif Mengikuti Internship atau Part-time 

magang
www.qiscus.com

Sembari menunggu panggilan pekerjaan, sebaiknya kamu memanfaatkan waktumu untuk mencoba mengikuti magang, part-time, atau freelance. Benefit dari kegiatan-kegiatan tersebut kamu bisa mendapatkan networking,  track record dan skill yang siap untuk diterapkan di dunia kerja.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi kegiatan produktif yang wajib diketahui fresh graduate. Yuk tulis dikolom komentar untuk artikel-artikel selanjutnya!

Baca juga :

5 Lifetime Invesment untuk Mahasiswa