Ilustrasi komunikasi bisnis
,

Cek! Komunikasi Bisnis ini Bikin Usahamu Lancar

Ilustrasi komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis merupakan salah satu elemen penting dalam dunia bisnis. Hal ini karena pada dasarnya sebuah bisnis tidak akan dapat berjalan tanpa adanya komunikasi yang baik.

Hubungan antar pegawai, pegawai dengan atasan, kerja sama dengan client, penyampaian informasi kepada pelanggan, semuanya dapat tersampaikan dengan baik melalui komunikasi bisnis yang tepat.

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

Dr. Alexander Thian dalam bukunya Komunikasi Bisnis mengemukakan, komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.

Macam-macam komunikasi bisnis

Ilustrasi orang sedang interaksi bisnis

Intraksi dalam dunia bisnis dibedakan menjadi dua yaitu verbal dan non-verbal. Di bawah ini dijelaskan mengenai dua macam komunikasi tersebut berdasarkan pendapat Dr. Alexander Thian dalam bukunya Komunikasi Bisnis.

1. Komunikasi Bisnis verbal

Merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain, baik secara tertulis maupun lisan.  Berikut contoh komunikasi verbal.

a. Membuat dan mengirim surat

Surat merupakan cara menyampaikan pesan melalui tulisan dan lazim digunakan oleh perusahaan. Meskipun teknologi sudah berkembang, surat tetap menjadi alat wajib yang digunakan perusahaan untuk berbagai keperluan.

b. Memberikan informasi kepada pelanggan

Ketika produk-produk baru perusahaan launching, banyak pelanggan menjadi lebih penasaran. Memberikan informasi mengenai produk-produk baru perusahaan tersebut kepada pelanggan merupakan salah satu bentuk komunikasi.

c. Diskusi dalam suatu kerja tim

Melaksanakan diskusi dalam sebuah tim kerja, merupakan bentuk komunikasi verbal antar pegawai.

d. Melakukan wawancara kerja dengan para pelamar

Ketika seorang HRD bertemu dengan pelamar kerja dalam sebuah wawancara, saat itu terjadi sebuah komunikasi verbal antara pihak perusahaan dan calon pegawai.

e. Mengadakan pengarahan atau briefing untuk staf karyawan

Komunikasi verbal selanjutnya terjadi ketika pengarahan untuk staf karyawan perusahaan.

f.  Melakukan negosiasi bisnis

Negosiasi terkait bisnis biasanya dilakukan dengan client/investor untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.

g. Melakukan konferensi jarak jauh melalui teknologi komputer

Konferensi jarak jauh menjadi populer ketika peraturan work from home mulai diberlakukan, namun cara tersebut tetap efektif meskipun tidak se-efisien bertemu langsung.

2. Komunikasi Bisnis nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan gerakan-gerakan tubuh dan bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Contoh komunikasi nonverbal

a. Menggertakan gigi

Gerakan tersebut dilakukan untuk menunjukan bahwa seseorang sedang marah.

b. Gambar pria/wanita yang dipasang di pintu masuk toilet

Simbol tersebut disimpan di pintu toilet ditujukan untuk membedakan kamar mandi sesuai dengan jenis kelaminnya.

c. Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain

Bahasa tubuh tersebut digunakan untuk mencerminkan rasa senang, simpati, dan penghormatan kepada orang lain.

d. Membuang muka

Gerakan membuang muka dilakukan untuk menunjukan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain.

e. Berbicara dengan mengambil jarak agak menjauh

Interaksi tersebut dilakukan seseorang ketika ia ingin menunjukan bahwa lawan bicaranya belum begitu dikenal dengan baik.

f.  Tangan mengepal

Gerakan tersebut merupakan sugesti untuk menunjukan rasa percaya diri.

g. Mengirimkan bunga kepada teman yang meraih sukses

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka ucapan selamat atas kesuksesan yang diraih oleh teman.

Hambatan

Ilustrasi gagal interaksi bisnis

Dalam melaksanakan sebuah interaksi usaha, terkadang ada saja hambatan yang mengganggu. Berikut hambatan komunikasi dalam berbisnis menurut Sarkonah dalam buku Mahir Melaksanakan Komunikasi Bisnis.

1. Komunikasi

Hambatan ini terjadi dalam kegiatan komunikasi seperti pengiriman pesan yang belum jelas tujuan dikirimnya pesan tersebut. Kemudian dalam penyandian simbol yang bermakna ambigu, hambatan dalam penggunaan media dan lainnya.

2. Fisik

Hambatan ini berkaitan dengan gangguan alat komunikasi sebagai media serta orang/ manusia sebagai pelaku.

3. Teknis

Hambatan ini terjadi ketika kinerja alat, media, dan simbol komunikasi mengalami gangguan sehingga memberikan dampak ketidaklancaran terhadap pengiriman/penerimaan pesan.

4. Semantik

Hambatan ini berkaitan dengan bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan makna lain dari yang ditujukan, sehingga kemungkinan kesalahpahaman dalam komunikasi terjadi sangat besar.

5. Psikologis

Perbedaan nilai-nilai serta harapan yang tidak sama antara pengirim dan penerima pesan dapat menjadi hambatan secara psikologis dan sosial.

6. Manusiawi

Hambatan ini terjadi ketika masalah pribadi antara komunikator dan komunikan tidak dapat disimpan dan justru terbawa ke dalam suasana kerja.

Itulah sekilas mengenai komunikasi bisnis, bagi kamu yang sedang menjalankan atau hendak menjalankan sebuah bisnis jangan lupa untuk selalu memperhatikan bagaimana Interaksi dalam dunia bisnis itu dilakukan, juga selalu waspada terhadap hambatannya.

Ingat! Menjadi profesional itu sangatlah penting dalam dunia bisnis.