, ,

6 Tips Mengatasi Kebiasaan Belanja Impulsif

belanja impulsif
cerdasbelanja.grid.id

Melakukan kegiatan berbelanja impulsif atau terlalu berlebihan dapat menimbulkan permasalahan secara finansial dalam jangka pendek maupun kedepannya. Penghasilan yang bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya maupun disimpan dapat habis ketika kita memiliki kebiasaan berbelanja secara impulsif.  Gimana sih ciri-ciri seseorang yang berbelanja impulsif , yuk simak! 

  1. Sulit menolak tawaran orang lain sehingga mudah mengeluarkan uang untuk berbelanja 
  2. Terobsesi berbelanja sesuatu setiap hari
  3. Ketika stress sering berbelanja
  4. Menghabiskan uang melebihi batas finansial yang ada
  5. Membeli banyak barang yang tidak dibutuhkan 
  6. Merasa bersalah setelah membeli banyak hal
  7. Menghabiskan waktu untuk melihat-lihat

Nah, setelah mengetahui beberapa ciri diatas, apakah kamu termasuk pribadi yang berbelanja secara impulsif ? Lalu, bagaimana cara menghentikan sifat berbelanja impulsif tersebut? Yuk simak tips informasi berikut ini!

Tanamkan Pola Pikir yang Baru 

www.instagram.com

Pola pikir yang baru merupakan dasar untuk menghentikan adanya kegiatan berbelanja impulsif. Dari berubahnya pola pikir dari dalam diri kamu sendiri, maka hal tersebut akan mendorong menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif. Berpikir terlalu lama terkait apa yang ingin dibeli dan menganggap memilih barang merupakan hal yang rumit adalah mindset bagus untuk mengatasi sifat berbelanja secara impulsif. 

Targetkan Tabungan 

Targetkan sejumlah uang untuk tabungan masa depan kamu. Menargetkan untuk menabung dapat mengalihkan pikiran berbelanja yang menghabiskan uang, untuk menyimpan uang tersebut agar tabungan menjadi lebih banyak dan sesuai target.

Membuat Spending Plan

Membuat spending plan berfungsi untuk mengetahui besar pengeluaranmu. Selain itu, membuat spending plan dapat juga mengawasi berapa saja uang yang telah digunakan. Utamakan menghabiskan uang untuk beberapa kebutuhan yang utama dan mendesak seperti membayar pajak, cicilan, dan listrik. 

Membuat Daftar Belanja

Buatlah daftar belanja agar belanja kamu terorganisir. Membuat daftar belanja dapat membatasi kamu untuk berbelanja secara impulsif. Jangan membeli barang diluar apa yang telah ditulis didalam daftar belanja kamu. 

Metode Kakeibo 

Metode Kakeibo merupakan metode asal Jepang untuk mengatur keuangan dengan cara mempengaruhi emosi kamu. Emosi dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk membeli sesuatu dan jangan melakukan pembelian ketika kamu sedang emosi. Lakukan metode kakeibo setiap kamu ingin membeli barang dengan cara menanyakan beberapa hal pada dirimu sendiri seperti :

  • Apakah barang ini benar-benar saya butuhkan ?
  • Apakah yang saya rasakan apabila saya telah membeli barang itu?
  • Bisakah saya hidup tanpa barang itu?

Teliti Lemari dan Barang dirumah

Melihat kembali barang-barang didalam lemari maupun di rumah untuk mengetahui dan melakukan re-check apakah kamu membutuhkan barang-barang yang ingin kamu beli tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan berbelanja secara impulsif. Semoga membantu dan bermanfaat ya! Belanja boleh, asalkan jangan boros dan menyia-nyiakan uang ya! 

Baca juga :

6 Langkah Manifestasi untuk Mencintai Diri Sendiri