, ,

5 Tips Hidup Sederhana (Frugal Living)

finance, frugal living
finansial.bisnis.com

Frugal Living adalah kehidupan sederhana ketika seseorang memiliki pengelolaan finansial yang baik dibarengi pertimbangan, strategy dan analisis untuk mencapai tujuan tertentu. Hidup sederhana secara frugal living berbeda dengan jenis pengeluaran pelit, frugal living menekankan kesadaran untuk membeli sesuatu dengan melihat kualitas, nilai, dan kepentingan.  

Frugal living penting untuk diaplikasikan di dunia nyata karena bisa lebih hemat dan menabung, tidak memproduksi sampah yang mengotori lingkungan, menjaga kesehatan serta membuat kepuasan semakin besar dan berarti. Berikut adalah tips hidup sederhana / frugal living. Yuk simak!

1. Membeli Barang Second

second hand
https://www.labana.id

Dengan membeli barang bekas/second, kamu akan mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga miring. Tapi pastikan kamu memilih barang bekas yang berkualitas dan seleramu ya.  Dengan begitu, kamu dapat menghemat uang untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan, kamu juga dapat menjaga lingkungan karena mengurangi sampah barang. 

2. Hemat Biaya Makan

memasak
www.ruparupa.com

Seseorang akan menghabiskan sebagian besar pengeluaran sehari-hari yaitu untuk makanan. Untuk menciptakan frugal living, kamu bisa membuat list makanan apa saja yang akan dimakan sehari-hari sehingga nggak perlu untuk beli makanan diluar. Selain itu, teman-teman juga bisa nih menekan biaya pergi ke cafe dengan memanfaatkan promo yang ada. 

3. Gemar Menabung

menabung
kumparan.com

Menabung merupakan aktivitas menyenangkan bagi para frugal karena hal tersebut dapat bermanfaat untuk menekan biaya pengeluaran uang untuk membeli barang-barang kurang diperlukan dan juga dapat dialokasikan untuk tabungan masa depan.  

4. Memanfaatkan Diskon

sale diskon
wajoterkini.com

Diskon akan membantu kamu untuk hidup sederhana dan hemat. Diskon disini digunakan untuk membeli keperluan pokok dan tidak disarankan untuk digunakan dalam berbelanja impulsif ya!

5. Membeli Barang Berkualitas

branded
kumparan.com

Membeli barang berkualitas merupakan kegiatan yang mencerminkan frugal living dengan membeli barang yang berfokus dengan nilai dan kualitas, bukan sekedar harganya. Seseorang yang mempertimbangkan kualitas juga akan mendapatkan barang yang lebih awet.

Yuk, baca juga :

7 Langkah Memulai Podcast Berpeluang Bisnis