,

10 Cara Mengendalikan Emosi dengan Meditasi

meditasi untuk mengendalikan emosi
www.sehatq.com

Emosi menyebabkan hal-hal tidak baik perlahan datang ke diri kita, salah satunya menurunnya mood kita untuk melakukan aktivitas sehingga aktivitas tersebut tertunda. Solusi yang dapat dilakukan apabila ingin meredakan emosi salah satunya dapat dengan cara meditasi. Meditasi dilakukan agar pikiran kita fokus dan menjadi lebih tenang. Lalu, bagaimana sih cara untuk mengendalikan emosi melalui meditasi ? Yuk simak artikel berikut ini !

Cara melakukan meditasi untuk mengontrol emosi : 

  1. Matikan ponsel kamu. 
  2. Lakukan sebelum tidur, kurang lebih selama 15 menit setiap sebelum pergi tidur. 
  3. Pilih Posisi Nyaman.

Posisikan diri kamu senyaman mungkin dan dilakukan didalam ruangan maupun diluar ruangan. Apabila kamu melakukannya didalam ruangan, kamu dapat menyalakan lilin aroma dan mematikan lampu agar konsentrasi kamu semakin meningkat. Gunakan pula bantalan duduk agar posisi kamu menjadi tegak dan seimbang. 

  1. Kenakan Pakaian Nyaman. Hindari pakaian yang ketat dan membuat tubuh kamu susah untuk digerakkan.
  2. Pasang Alarm. Sebaiknya untuk melakukan meditasi, pasang alarm kamu. Untuk pemula dapat mengatur alarm selama 10-15 menit. Apabila sudah terbiasa, kamu dapat melakukannya hingga 1 jam lamanya. 
  3. Rilekskan Tubuh. 

Membuat tubuh menjadi rileks itu mudah dilakukan. Teman-teman hanya perlu menutup mata, ambil napas melalui hidup dan hembuskan perlahan. Lakukan hal tersebut selama beberapa saat sembari membayangkan semua emosi dan pikiran negatif keluar bersamaan dengan hembusan napas tersebut. 

  1. Putar musik untuk mendapatkan ketenangan. Memutar musik merupakan opsi tambahan dalam melakukan meditasi, karena beberapa orang memiliki selera masing masing.  
  2. Serap Energi Positif. 

Rasakan energi positif masuk kedalam tubuh kamu selagi melakukan penarikan napas. Bayangkan hal- hal menyenangkan yang akan kamu lakukan dan yang telah dilalui. 

  1. Atur Pernapasan.

Konsentrasi dalam bernapas. Sembari bernapas, pikirkan hal-hal baik. Hindari melakukan konsentrasi sambil mendengar suara napas kamu. Berkonsentrasilah sambil menikmati cara bernapas yang paling nyaman untuk dirimu sendiri. 

  1. Terimalah setiap energi positif yang merasuki tubuh kamu. Nikmati dan rasakan setiap aliran darah di indra kamu semakin tenang.  

Nah, itu dia cara melakukan meditasi. Mudah bukan ? 

Meditasi dapat dilakukan dimanapun, kamu hanya perlu duduk dengan tenang dan atur napas selama 15 menit. Maka, dengan meditasi tersebut aliran darah dan detak jantung akan menjadi normal kembali serta mengembalikan energi positif dari tubuh kamu. Siap mencoba melakukan meditasi untuk dirimu sendiri?

Baca juga :

3 Rekomendasi Website Personal Development Terbaik